TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pengalaman Paling Berharga saat Liburan ke Korea Utara, Mau Coba?

Kadang, tak seburuk yang kamu pikirkan

wikipedia.org

Sejak menyeruaknya berbagai isu perihal kondisi Korea Utara yang begitu tertutup dengan dunia luar, para pelancong mulai diserang rasa penasaran. Bagaimana kondisi Korea Utara yang sebenarnya dan seperti apa rasanya liburan ke negara yang memiliki aturan sangat ketat tersebut?

Bermodal penasaran tidaklah cukup untuk berlibur ke sana mengingat taruhannya dapat berupa nyawa. Ketertarikan warga internasional untuk berkunjung ke Kor-Ut sebenarnya mendapat tanggapan yang baik dari pemerintahan Kim Jong-un.

Meski begitu, tetap ada aturan mengikat yang membuat wisatawan tidak sebebas yang mereka inginkan. Misalnya saja foto yang dibatasi dan barang bawaaan harus melalui audit bertahap petugas imigrasi.

Menguji adrenalin, hanya orang yang berani menghadapi tantangan yang mampu bertamasya ria ke Kor-Ut. Gak melulu seburuk yang kamu bayangkan, ini 7 pengalaman berharga yang hanya dapat kamu peroleh ketika berlibur ke sana.

1. Mengetahui seberapa narsis dirimu

wikipedia.org

Memasuki Kor-Ut, kamu akan mengalami pemeriksaan ketat perihal barang elektronik termasuk kamera. Pemeriksaan imigrasi mencakup pemeriksaan kamera, telepon, dan laptop. Kamu hanya diperbolehkan memotret hal tertentu saja dan gak boleh sembarangan selfie.

Nah, dari sini, kamu dapat mengenali dirimu lebih mendalam. Apakah tujuan liburanmu sebenarnya?

Hanya untuk memamerkan foto atau mengenal negara tujuanmu lebih dekat?  Ditambah lagi di Pyongyang gak ada akses internet, maka jiwa narsismu akan semakin tertekan tanpa akses media sosial.

2. Menjadi lebih percaya diri dalam mengambil keputusan

classettouriste.be

Kor-Ut akan mengajarmu lebih mandiri. Banyaknya aturan yang gak boleh kamu langgar selama pelesir ke negeri Kim Jong-Un akan memaksamu memilah keputusan terbaik dan tepat.

Kamu akan belajar bagaimana memimpin dirimu sendiri dengan baik. Jadi kamu bisa balik gak tinggal nama doang.

Baca juga: Bikin Sedih, 13 Foto Terlarang di Korea Utara Ini Bocor ke Internet

3. Kamu akan menjadi orang yang disiplin

travellingjezebel.com

Wisatawan yang berlibur ke Korea Utara diwajibkan untuk mengikuti tur. Ini tentu agar pemerintah Kor-Ut dapat lebih meminimalisir hal yang tidak diinginkan dari turis internasional.

Ikut tur dan travel sendiri pastinya beda banget. Kalau ikut tur, semuanya serba diatur. Jadi kamu akan belajar disiplin menyesuaikan waktu dengan jadwal yang telah ditentukan. 

Jika kamu membandel, pihak tur bisa meninggalkanmu. Kamu akan berurusan dengan pihak berwajib jika lalu lalang di Kor-Ut tanpa naungan tur.

4. Belajar mawas diri

mirror.co.uk

Kondisi Kor-Ut memang sangat stabil. Namun, jangan pernah membayangkan orang-orangnya akan menerimamu dengan ramah layaknya di Indonesia.

Masyarakat Kor-Ut sudah terbiasa hidup dengan mawas diri dan tidak mudah percaya sama orang. Jadi wajar jika tidak semua orang yang kamu sapa akan menyapamu kembali.

Sikap mawas diri dari masyarakat ada positifnya juga kok buat kamu. Di Kor-Ut, kamu salah buang sampah aja bisa jadi masalah. Jadi dijamin kalau sudah berada di sana, kamu akan menjadi orang yang lebih berhati-hati dan gak ceroboh.

5. Nilai toleransi dan saling menghargai

pinterest.com

Tantangan yang pasti akan selalu dihadapi oleh seorang traveler adalah budaya baru negara tujuannya. Mungkin ada beberapa aturan di Kor-Ut yang menurutmu berlebihan.

Tapi kamu harus ingat bahwa, toh masyarakatnya tetap hidup baik dengan aturan yang diterapkan.  Menghabiskan waktu 3-5 hari di Kor-Ut dijamin bakal membuatmu lebih menghargai toleransi dan perbedaan budaya yang cukup jauh dengan Indonesia.

6. Lebih berpikir terbuka

cbsnews.com

Meski Kor-Ut dikenal sebagai negara yang mengisolasi diri dari dunia luar, bukan berarti mereka tertinggal. Di Kor-Ut juga terdapat bangunan modern yang menjulang ke langit. Sistem pendidikannya pun terbilang bagus. Dengan menginjakkan kaki langsung ke negara satu partai ini, kamu akan memiliki pikiran terbuka.

Kor-Ut tidak semenakutkan yang kamu pikirkan. Kamu akan melihat budaya mereka yang tetap terjaga serta disiplin yang tinggi terhadap aturan pemerintah.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya