TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Momen Berharga Liburanmu jadi Kurang Relaks

Hindari hal-hal berikut ini biar liburanmu menyenangkan

ilustrasi orang berlibur (pexels.com/Belart84)

Liburan adalah momen berharga yang selalu dinantikan oleh sebagian besar orang. Banyak orang selalu menyempatkan untuk berlibur jika memiliki kesempatan. Oleh karena momen liburan adalah sesuatu yang berharga maka jangan sampai ada hal-hal yang akan merusak momen tersebut.

Untuk sebagian besar orang tujuan liburan adalah menyegarkan dan menenangkan pikiran namun tidak jarang sebagian orang merasa tidak relaks dan tidak santai atau bahkan malah tidak menikmatinya. Berikut beberapa alasannya.

1. Fokus pada gadget

ilustrasi fokus pada gadget (pexels.com/pixabay)

Pada saat liburan kamu malah banyak menghabiskan waktu dengan gadget-mu seperti bermain game atau hal lain di gadget-mu bukan malah menikmati destinasi tempat kamu berlibur, ini membuatmu tidak bisa fokus pada hal-hal di sekitarmu.

Waktu liburanmu yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk mengeksplor tempat-tempat dan aneka kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana. Ada baiknya kamu mengurangi waktumu dengan gadget. Jika kamu memiliki kecanduan bermain gadget kamu bisa mengatasinya dengan melatih untuk mengurangi waktu bermain gadget di beberapa hari sebelum kamu liburan. Latihlah dirimu membatasi penggunaan gadget di waktu luangmu.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bikin Liburan Kurang Memuaskan, Kerap Jadi Pembenaran!

2. Terlalu banyak menghabiskan waktu bermedia sosial

ilustrasi orang muram (pexels.com/alex-green)

Sudah hal biasa kita lakukan yaitu mengunggah foto atau video ke media sosial saat kita liburan namun jika kamu fokus pada media sosial dan malah menghabiskan banyak waktu bermedia sosial hal ini tentu tidak terlalu baik untuk relaksasi liburanmu.

Jadikan momen liburan adalah momen di mana kamu benar-benar menyegarkan kembali pikiran. Salah satu efek negatif seseorang terlalu banyak bermedia sosial adalah kamu malah menerima hal-hal negatif atau kamu malah teralihkan dengan membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain di media sosial. Jika kamu ingin mengunggah momen liburan ke media sosial bisa dilakukan selepas kamu berlibur.

3. Lupa membawa barang penting

ilustrasi orang lupa membawa barang (pexels.com/Ono Kosuki)

Untuk mendapat momen liburan yang menyenangkan memang perlu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat liburan. Jika kamu malah lupa membawa barang penting dan yang yang dibutuhkan tentu akan mengganggu kenyamanan berlibur.

Sehingga ada baiknya melakukan packing barang-barang esensial yang akan dibawa minimal sehari sebelum pergi berlibur.

4. Membawa pekerjaan saat berlibur

ilustrasi orang membawa pekerjaan saat liburan (pexels.com/Yankrukov)

Apa jadinya jika berlibur namun malah bekerja di saat liburan? Tentu hal ini tidak nyaman dan kamu malah membuang waktu berhargamu yang seharusnya bisa dipakai untuk bersantai malah menjadi momen untuk tetap serius menyelesaikan pekerjaan.

Jika kamu memang berencana berlibur untuk menyegarkan kembali pikiran serta memperbaiki mood, maka ada baiknya jika kamu memang benar-benar lepas dari membawa pekerjaan saat berlibur.

Baca Juga: 10 Penyesalan yang Muncul Saat Kamu Terlalu Fokus Sama Itinerary

Verified Writer

Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya