Comscore Tracker

Tips Mengunjungi Pulau Labengki dan Sombori, Surga Dunia di Sulawesi

Disebut-sebut sebagai miniaturnya Raja Ampat

Sulawesi dikenal memiliki pulau-pulau kecil yang eksotis dan memesona. Di antaranya seperti Pulau Labengki dan Sombori. Pulau Labengki berada di Sulawesi Tenggara, sementara Pulau Sombori berlokasi di Sulawesi Tengah.

Keduanya terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil dan dikenal sebagai "surganya" menyelam, snorkeling, atau memancing. Labengki dan Sombori bahkan disebut sebagai Raja Ampatnya Sulawesi, karena panorama alam yang gak kalah indah.

Nah, buat kamu yang ingin mengunjungi kedua pulau ini, berikut tips-tips yang harus kamu ketahui!

1. Cara menuju ke sana

Tips Mengunjungi Pulau Labengki dan Sombori, Surga Dunia di Sulawesitwitter.com/harivalzayuka

Pulau Labengki berada di Sulawesi Tenggara, sementara Pulau Sombori berlokasi di Sulawesi Tengah. Dari Jakarta, kamu bisa memilih penerbangan menuju Kendari.

Dari Bandara Haluoleo di Kota Kendari, perjalanan dilanjutkan ke Desa Toli-toli sekitar dua jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menyeberang ke Labengki menggunakan speedboat.

Sangat disarankan berangkat saat pagi hari, karena semakin sore ombak lebih kerap muncul. Perjalanan laut bisa memakan waktu 2-4 jam tergantung kondisi cuaca.

Sedangkan untuk Pulau Sombori, bisa dijangkau menggunakan pesawat dari Bandara Mutiara Palu ke Bandara Maleo, Morowali. Selanjutnya, perjalanan dari bandara bisa dilanjutkan menggunakan kendaraan bermotor menuju ke Bungku, Ibu Kota Kabupaten Morowali, selama 30 menit.

Dari situlah kamu bisa menyeberang menggunakan speedboat selama sekitar dua jam ke Pulau Sombori. Kalau mau lebih ringkas, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Sombori ketika sudah puas bermain-main di Pulau Labengki. Biasanya ada kapal untuk menuju ke Pulau Sombori dari Labengki.

2. Penginapan yang tersedia

Tips Mengunjungi Pulau Labengki dan Sombori, Surga Dunia di Sulawesiinstagram.com/hwktravel

Ada beberapa penginapan yang tersedia di Labengki dan Sombori. Salah satunya Homestay Labengki Beach Hut Resort.

Penginapan sederhana ini menyediakan beberapa fasilitas standar, seperti kipas angin, kasur, kamar mandi, dan makan tiga kali sehari. Harganya sekitar Rp500 ribu per orang.

Alternatif lainnya, kamu bisa menginap di rumah penduduk yang memang terkenal sangat ramah wisatawan. Satu rumah biasanya memiliki rata-rata delapan kamar tidur dan lima kamar mandi. Sehingga, jika pergi bersama rombongan, bisa beristirahat dalam satu rumah.

Tarif menginap di rumah penduduk biasanya sangat murah. Kamu cukup membayar biaya makan sekitar Rp30 ribu per orang.

Baca Juga: 10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyaman

3. Tips lainnya

Tips Mengunjungi Pulau Labengki dan Sombori, Surga Dunia di Sulawesiinstagram.com/kakabantrip

Untuk memudahkan perjalananmu ke Labengki dan Sombori, kamu bisa menggunakan jasa paket wisata yang banyak tersedia secara online. Ada beberapa situs trip murah untuk ke dua pulau tersebut. Beberapa di antaranya adalah Hepitripfamily, Wisatasombori, Fun-adventure, Hwktravel, dan Sukawisata.

Sebagai contoh, Hepitripfamily biasanya mematok tarif sekitar Rp1,3 juta per orang. Dengan tarif segitu, kamu sudah bisa menikmati fasilitas akomodasi selama trip berupa penginapan 3 hari 2 malam, alat snorkeling dan pelampung, tiket masuk ke tempat wisata, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Yang perlu diingat jika kamu ingin mengunjungi Labengki dan Sombori, pastikan selalu membawa baterai gadget cadangan dan powerbank ya.

Pasalnya, listrik di Labengki dan Sombori masih sangat terbatas. Biasanya hanya tersedia selama 12 jam saja, mulai dari setelah matahari terbenam hingga pagi hari.

Nah, itulah beberapa tips mengunjungi Pulau Labengki dan Sombori di Sulawesi. Jadi kapan mau ke sana?

Baca Juga: 10 Tips Terbaik Saat Traveling ke Inggris, Dijamin Liburan Makin Seru

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya