Comscore Tracker

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeri

Tanyakan pada diri dan hatimu yang paling dalam

Sebagian orang merasa tidak puas dengan negara yang ditinggalinya saat ini. Mereka terus berpikir bagaimana jika berpindah ke luar negeri. Nah, apakah itu termasuk kamu?

Jika iya, ada beberapa pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk tinggal di negara lain dalam jangka waktu panjang, baik untuk sekolah maupun bekerja. Coba tanyakanlah beberapa hal berikut kepada diri sendiri. Tujuannya untuk memastikan kalau ini adalah pilihan yang tepat untukmu.

1. Kenapa kamu ingin meninggalkan tempatmu saat ini?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeripexels.com/Kaique Rocha

Apa saja yang membuatmu tidak ingin tinggal di tempatmu yang sekarang? Pastikan kamu memilih untuk pergi bukan karena ingin lari dari tempat ini, tapi karena kamu ingin mendapatkan hal-hal yang lebih baik di luar sana. 

2. Bisakah kamu hidup mandiri?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeripexels.com/Alexander Daoud

Selama ini kamu sudah terbiasa hidup mandiri, belum? Pastikan kamu bisa mandiri tanpa bergantung kepada orang lain, terutama untuk hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari.

Kemandirian sangatlah penting, apalagi di tempat yang baru, kemungkinan kita tidak punya orang lain yang bisa diandalkan. Kita harus bisa mengandalkan diri sendiri. Kamu harus jadi orang yang berani dan tidak mudah menyerah.

3. Pengalaman apa yang ingin kamu temukan di sana?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeripixabay.com/StockSnap

Kamu harus memiliki tujuan yang jelas, apa yang ingin kamu capai atau dapatkan selama di negara tujuan. Jika tidak, maka perjalanan itu akan sia-sia.

Pastikan punya alasan tepat untuk pergi, bukan untuk mencari cinta atau membuat teman-temanmu iri. Milikilah alasan yang benar supaya kesempatan ini menjadi penuh makna.

4. Bagaimana kamu membiayai perjalanan ini?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negerienergepic.com

Apakah orangtuamu akan membiayaimu? Atau kamu akan mencari cara sendiri?

Bagaimana pun itu, kamu harus pandai mengatur keuanganmu sendiri. Percayalah, kamu akan benar-benar menghargai artinya uang setelah merasakan hidup sendiri di negeri orang lain.

5. Apa kamu punya rencana B, C, dan seterusnya?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeripixabay.com/Didgeman

Semua orang ingin rencananya berjalan mulus, minim hambatan. Namun, sayangnya hidup tak selalu begitu. 

Pastikan kamu telah memikirkan recana cadangan lainnya, berjaga-jaga seandainya rencana awalmu tidak sesuai harapan. Berharaplah yang terbaik, tapi bersiaplah untuk yang terburuk.

6. Punya kenalan atau teman di sana?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeripixabaya/Didgeman

Jika kamu pergi ke sebuah tempat yang benar-benar asing dan tidak kenal siapa-siapa, hal ini menjadi tantangan sangat besar. Meski dengan berjalannya waktu, kamu pasti bisa menemukan teman baru.

Proses adaptasimu akan jadi jauh lebih mudah jika kamu memiliki kenalan sebelumnya. Kamu pun akan merasa jauh lebih aman, misalnya saat terjadi hal-hal yang mendadak dan menyulitkan.

Baca Juga: 10 Makanan Singapura yang Harus Kamu Coba Minimal Sekali Seumur Hidup

7. Apa dan siapa saja yang akan kamu tinggalkan?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeriinstagram.com/eriskarein

Pergi ke sebuah tempat yang baru memang seru, tapi jangan sampai kamu lupa siapa yang akan kamu tinggalkan nanti. Tetaplah saling berkomunikasi dan menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang kamu tinggalkan. 

Sering-seringlah memberi kabar kepada keluarga, sahabat, dan orang-orang yang kamu sayangi. Buat kamu yang mungkin harus LDR, jangan putus asa. Kalian akan lebih menghargai waktu dan setiap pertemuan.

8. Sudah belajar bahasa setempat?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeripexels.com/Buro Millenial

Berkomunikasi dengan baik adalah salah satu kunci hidup jadi lebih mudah. Pastikan kamu sudah belajar atau mengerti bahasa-bahasa dasar negara tujuan. 

Hal itu akan sangat berguna untuk membantu beradaptasi dengan lingkungan baru, baik untuk berteman atau mendapatkan keperluan sehari-hari. Tidak mengerti bahasa lokal akan menyulitkan hari-harimu, apalagi ketika sedang tersesat.

9. Berapa lama kamu ingin pergi?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeripexels.com/kat wilcox

Pastikan kamu memiliki target yang jelas. Untuk kamu yang sekolah, tentukan kamu akan lulus dalam berapa tahun.

Buat kamu yang bekerja, pastikan berapa lama kamu akan mencari pengalaman di sana. Dengan memiliki target, kamu akan jadi lebih termotivasi untuk belajar atau bekerja lebih optimal.

10. Apa kamu bisa beradaptasi dengan budaya di sana?

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Pindah ke Luar Negeripixabay.com/Hainguyen1982

Apakah kamu akan cocok dengan makanan di sana? Apa kamu menyukai budaya dan gaya hidup mereka? Perubahan budaya dapat membuat pendatang baru menjadi kaget atau takut.

Mungkin kamu pun harus sedikit berubah agar bisa beradaptasi dengan lingkungan barumu. Mungkin hal ini akan menjadi sulit di awalnya, tapi percayalah perubahan tersebut akan membuatmu jadi "kaya", baik dalam wawasan maupun kehidupan.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib kamu tanyakan kepada dirimu sendiri sebelum memutuskan untuk pindah dan tinggal di negara lain. Jangan sampai memutuskannya dengan emosional dan terburu-buru, karena akan berujung tak baik nantinya. Semoga bisa membantumu menemukan solusi ya!

Baca Juga: 7 Starter Kit yang Wajib Dibawa Saat Liburan di Masa New Normal

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya