Comscore Tracker

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkan

Tempat wisata jadi sepi, umrah pun ditolak

Penyebaran virus corona di beberapa negara berdampak besar pada beberapa sektor, mulai dari ekonomi hingga pariwisata. Bahkan, virus ini dikabarkan akan terus berkembang hingga April mendatang. 

Alhasil, banyak wisatawan yang membatalkan niatnya untuk liburan ke luar negeri. Terdapat beberapa dampak negatif di sektor pariwisata akibat virus yang mematikan ini. Berikut ulasannya!

1. Tempat wisata jadi sepi

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkanquietrev.com

Hal pertama yang sudah pasti terjadi di dunia pariwisata adalah banyak tempat wisata jadi sepi pengunjung. Padahal, Februari hingga April adalah masa yang cukup "kritis," karena banyak orang yang melakukan pemesanan tiket. 

Umumnya, wisatawan saat ini memesan tiket untuk liburan musim panas nanti. Namun karena wabah virus corona, banyak turis yang membatalkan rencana liburannya.

Termasuk turis Tiongkok yang dilarang pemerintahnya untuk bepergian ke luar negeri. Padahal kunjungan turis Tiongkok ke Indonesia adalah yang terbanyak ketiga setelah Malaysia dan Singapura. 

2. Harga tiket pesawat dan hotel turun

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkanmedium.com

Dampak virus corona juga berpengaruh pada harga tiket hotel dan pesawat. Pemerintah Indonesia memberikan stimulus bagi sektor pariwisata dengan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk para turis lokal dan asing.

Beberapa hal yang dilakukan pemerintah antara lain memberikan diskon untuk landing fee atau memberikan harga bahan bakar yang lebih murah. 

3. Memangkas hari kerja perusahaan pariwisata

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkanpinterest.com.au/graphicscape99

Sejumlah perusahaan pariwisata di Indonesia melakukan efisiensi dengan mengurangi jumlah hari kerja. Langkah ini dilakukan seiring dengan pariwisata yang menurun akibat virus corona.

Alhasil banyak perjalanan yang harus ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Dengan banyaknya penundaan tersebut, maka secara otomatis mempengaruhi bisnis pariwisata untuk melakukan efisiensi. 

4. Penutupan penerbangan ke Wuhan

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkanaviationweek.com

Sejak 5 Februari lalu, pemerintah Indonesia resmi menutup penerbangan dari dan ke Tiongkok. Selain itu, bagi yang sudah berada di Tiongkok selama 14 hari, tidak diizinkan masuk ke Indonesia, meski hanya melakukan transit.

Kalau pun harus kembali ke Indonesia, harus melalui evakuasi dan karantina khusus yang disediakan pemerintah. Pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat Indonesia supaya tidak melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk sementara waktu.

5. Pembatalan berbagai festival

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkanaviationweek.com

Virus corona menyebabkan beberapa festival besar di Tiongkok, Korea, hingga di Indonesia batal digelar. Tidak sedikit artis Korea Selatan yang membatalkan kehadirannya untuk konser di Asia. Hal ini membuat para pengunjung merasa kecewa, karena gagal menyaksikan festival yang mereka nantikan. 

Baca Juga: Singapore Airlines Batalkan Penerbangan ke Indonesia karena Corona

6. Kapal pesiar berhenti beroperasi

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkanvacationstravel.com

Kapal pesiar Dream Cruises yang berlayar dari Singapura terpaksa menghentikan operasinya selama 23 Februari hingga 27 Maret 2020. Kapal pesiar terbesar dan terluas di Asia ini terpaksa menghentikan perjalanannya akibat virus corona.

Penghentian operasi ini dilakukan karena banyak negara yang mengeluarkan travel warning. Sehingga, pihak kapal akan memberikan pilihan untuk pengembalian dana atau mengubah jadwalnya.

7. Maskapai batasi penerbangan

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkanasiaone.com

Akibat virus corona yang semakin "menggila," banyak aktivitas penerbangan di dunia dibatasi, termasuk Indonesia. Indonesia sendiri memiliki lima penerbangan domestik ke Tiongkok seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Batik Air, dan Sriwijaya Air.

Beberapa maskapai tersebut terpaksa menghentikan penerbangan ke Tiongkok. Tak hanya Indonesia, bahkan Singapura menghentikan sementara penerbangannya ke Tiongkok, seperti Singapore Airlines dan SilkAir.

8. Arab Saudi menutup pintu umrah untuk sementara waktu

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkanpinterest.com/NoushinZora

Pemerintah Arab Saudi menghentikan gelombang jemaah umrah dari luar negaranya, termasuk Indonesia.  Hal ini menyebabkan ribuan jemaah harus menunda umrahnya. Arab Saudi juga menangguhkan sementara visa para turis. Belum diketahui sampai kapan penangguhan umrah dan visa ini akan diberlakukan. 

9. Korean Music Awards 2020 dibatalkan

9 Dampak Virus Corona di Dunia Pariwisata, Banyak Hal yang Dibatalkankpopmap.com

Acara yang dinantikan para fans KPop ini terpaksa harus dibatalkan. Sebab, Korea Selatan telah menetapkan Siaga Satu untuk terkait virus corona. Penyelenggara pun mengumumkan pemenang melalui web Korean Music Awards 2020 pada 27 Februari. 

Pihak penyelenggara meminta pengertian kepada para fans, karena keputusan ini diambil demi kesehatan dan keselamatan semua orang. 

Semoga wabah virus corona segera surut dan bisa kembali membuat warga dunia merasa aman. Stay safe and stay healthy, ya guys!

Baca Juga: 10 Tips Menangkal Penyakit Selama Traveling, biar Gak Gampang Tepar

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya