Comscore Tracker

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat 

Traveling ke Jepang gak harus mahal, lho gengs~

Jepang merupakan salah satu negara impian para wisatawan dari berbagai negara. Keindahan alam, serta kekayaan kuliner dan budayanya jadi alasan utama.

Sistem yang sudah modern dan maju membuat biaya hidup di Jepang sangat tinggi. Gak heran kalau akhirnya Tokyo didapuk sebagai The Most Expensive City oleh Majalah Forbes.

Meski demikian, bukan berarti kita gak bisa liburan ke Jepang dengan hemat. Kamu bisa menerapkan beberapa tips liburan backpacker ke Jepang di bawah ini.

1. Camping di taman kota

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat flickr.com

Liburan ke Jepang ala backpacker bisa jadi solusinya. Kamu bisa mencari penginapan murah meriah di sana, tentunya dengan fasilitas yang mumpuni dan bikin nyaman. 

Yang namanya traveling ala backpacker, pasti ingin mencari tempat tidur yang terjangkau. Di Jepang, kamu diizinkan mendirikan tenda camping seperti di taman kota. Bahkan, kamu juga boleh tidur di bangku-bangku yang ada di trotoar jalan.

Meski berada di ruang terbuka, kamu gak perlu khawatir karena tempat-tempat seperti itu juga terjamin keamananannya. Dan yang terpenting adalah gratis!

2. Tidur di warnet

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat pinterest.com

Menginap di warnet? Bagaimana caranya?

Di Jepang ada warnet yang menyediakan tempat menginap untuk para backpacker, lho! Terdapat ruangan untuk yang menyewa "night pack." Selain bisa menggunakan komputernya, kamu juga bisa bermalam di warnet. 

3. Menyewa backpacker hostel

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat pinterest.com

Jika kamu ingin tidur di tempat yang sangat nyaman dan aman, kamu bisa menyewa hostel atau guest house untuk backpacker.  Umumnya, harga hostel di Jepang berkisar Rp300 ribu per malam. Meski murah, fasilitasnya cukup lengkap. 

4. Gunakan Japan Rail Pass

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat jrailpass.com

Selain tempat tidur, hal penting yang harus kamu perhatikan adalah biaya transportasi. Kamu bisa jalan-jalan dengan Japan Rail Pass.

Kamu harus membeli kartu ini di travel agent Jepang. Kartu ini berfungsi sebagai kartu untuk naik kereta, spesial rapid, dan lainnya. 

5. Mencicipi street food

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat theculturetrip.com

Sebagai backpacker yang mengutamakan bujet hemat, kamu tetap bisa makan enak dengan membeli street food khas Jepang. Kamu bisa mencicipi makanan yang familiar di lidah orang indonesia, seperti takoyaki dan okonomiyaki dengan harga terjangkau. 

6. Menikmati onigiri

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat japan-experience.com

Sekilas onigiri mirip lemper khas Indonesia. Nah, kalau kamu traveling ke Jepang, jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini. Onigiri merupakan nasi kepal yang dibalut rumput laut dan isian seperti daging, ayam, atau ikan.

Biasanya onigiri dijual dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa menemukan makanan ini yang dijual bebas di berbagai minimarket di sana. 

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Gak Boleh Dilakukan di Jepang, Dianggap Tak Beretika

7. Kunjungi tempat yang tidak terlalu populer

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat greenandturquoise.com

Kalau kamu traveling ke Jepang, sebaiknya hindari kota-kota yang ramai, seperti Tokyo dan Kyoto. Karena kedua kota tersebut cenderung lebih mahal, karena jumlah wisatawan yang tinggi. Jika kamu ingin berhemat, pergilah ke kota atau tempat yang tidak terlalu populer, seperti Nara atau Nagano. 

8. Kunjungi pertunjukan gratis

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat livejapan.com

Daripada datang ke tempat wisata yang mahal, lebih baik mengunjungi pertunjukan atau tempat gratis yang ada di Jepang. Kamu bisa datang ke museum, kebun, atau kuil yang tidak memerlukan biaya masuk. 

9. Beli makan di 7-Eleven

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat coolingpost.com

Supaya pengeluaranmu gak boros selama di Jepang, sebaiknya kamu berbelanja makanan atau kebutuhan di 7-Eleven. Minimarket ini bisa kamu temukan dengan mudah di Jepang. Banyak makanan lezat dengan harga yang terjangkau, lho.

10. Bawa botol air minum

10 Tips Liburan Backpaker ke Jepang, Tetap Seru dan Lebih Hemat wanderlust.co.uk

Sebelum berangkat ke Jepang, pastikan kamu membawa botol air minum. Lebih baik kalau kamu punya botol air minum yang dilipat supaya lebih praktis. Biasanya hostel di Jepang menyediakan air isi ulang gratis yang bisa membantu kamu menghemat.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk backpacker-an ke Jepang. Semoga liburanmu ke Jepang lebih menyenangkan!

Baca Juga: 10 Fakta Unik Aoshima, Pulau Kucing di Jepang yang Gemesin Banget!

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya