Comscore Tracker

Dear Orangtua Baru, Ini 6 Persiapan Saat Liburan dengan Balita

Liburan dengan anak-anak itu ada seninya sendiri, lho!

Siapa bilang jika punya balita jadi menghambat keseruan untuk liburan? Ah, padahal liburan dengan balita bisa dilakukan dengan aman asalkan kamu dan pasangan kompak dan mempersiapkan segala kebutuhannya dengan tepat.

Namun wajar jika sebagai orangtua baru kamu masih bingung harus mempersiapkan apa saja. Oleh karena itu yuk baca ulasan di bawah ini agar liburan bersama balita terasa menyenangkan.

1. Siapkan camilan kesukan anak

Dear Orangtua Baru, Ini 6 Persiapan Saat Liburan dengan Balitaunsplash/Patricia Prudente

Coba perhatikan, anak-anak biasanya akan rewel jika merasa lapar, 'kan? Mereka yang belum lancar bicara akan sulit mengungkapkan apa yang menjadi keinginan dengan cara menangis.

Nah, saat seperti ini kamu dan pasangan perlu menyediakan camilan yang menjadi kesukaannya seperti biskuit, kentang goreng, atau jelly.

Dan jangan lupa dengan minumannya! Gunakan botol atau tumbler yang bisa disedot akan lebih memudahkan anak-anak saat minum di perjalanan..

2. Bawa ekstra pakaian dan diapers

Dear Orangtua Baru, Ini 6 Persiapan Saat Liburan dengan Balitaunsplash/Al Soot

Balita tidak seperti orang dewasa yang sudah bisa mengontrol tindakan dan berhati-hati. Mereka bisa menumpahkan apa saja di bajunya dan bisa buang air di mana saja. Untuk itu, sangat penting menghitung pakaian dan diapers yang dibawa selama liburan. Lebih baik tentu membawa cadangan mengingat segala kemungkinan bisa terjadi pada anak-anak.

3. Jangan sampai tertinggal barang-barang kesukaan si kecil

Dear Orangtua Baru, Ini 6 Persiapan Saat Liburan dengan Balitaunsplash/Cláudio Luiz Castro

Si kecil pasti punya beberapa barang yang jika ketinggalan bisa membuatnya jadi super cranky. Entah itu boneka teddy yang didapat dari sang kakek, guling kesayangan yang sudah dimiliki sejak bayi, atau mainan tentara yang jadi kesukaan, setidaknya jangan sampai lupa dibawa.

Barang-barang ini selain kesayangannya juga bisa jadi alat ampuh untuk membuatnya nyaman di tempat baru.

Baca Juga: 5 Tips Asyik Liburan Online, Bisa Jalan-jalan Meski dari Rumah

4. Siapkan permainan yang misterius

Dear Orangtua Baru, Ini 6 Persiapan Saat Liburan dengan Balitaunsplash/freestocks.org

Anak-anak selalu punya keingin tahuan yang besar. Mereka senang bertanya dan penasaran dengan berbagai macam hal. Bermain-main dengan keingin tahuan mereka bisa dicoba saat ia mulai rewel atau bosan selama perjalanan.

Nah, yang perlu kamu lakukan adalah membeli beberapa mainan baru dan membungkusnya menjadi kado. Sederhana saja, tidak perlu mainan mahal, tapi itulah yang pasti dia sukai.

Kesenangan menerima hadiah ditambah lagi dengan rasa penasaran mengenai isinya pasti tidak akan gagal mengembalikan mood-nya. Yuk, dicoba!

5. Berikan gambaran dan tonjolkan hal-hal menyenangkan dari tempat wisata yang akan dikunjungi

Dear Orangtua Baru, Ini 6 Persiapan Saat Liburan dengan Balitaunsplash/Alexander Dummer

Supaya anak-anak memiliki bayangan, tidak kaget, dan bisa mengutarakan setuju atau tidak mengenai tempat-tempat yang akan didatangi, sebaiknya berikan gambaran terlebih dahulu mengenai tempat dan alasan kamu dan pasangan memilih tempat tersebut. Ceritakan apa yang sekiranya akan membuat anak jadi excited dan tidak sabar untuk melakukan trip bersama keluarga.

6. Jika perjalanan akan memakan waktu lama, setidaknya lakukan istirahat per 6 jam

Dear Orangtua Baru, Ini 6 Persiapan Saat Liburan dengan Balitaunsplash/Andrea Ang

Apakah kamu dan pasangan akan mengajak si kecil melakukan perjalanan jangka panjang dengan mobil? Tetap pastikan bahwa dia nyaman dan tidak kelelahan. Sering-sering tanyakan apakah dia ingin buang air, lapar, atau bosan. Selain itu, lakukan istirahat setidaknya per 6 jam sekali dan ajak anak untuk makan makanan hangat, membiarkan mereka berlari-larian, dan pergi ke toilet.

Jangan sampai alasan punya balita jadi membuat kamu dan pasangan menunda liburan. Kehadiran anak seharusnya tidak menjadi penghalang apapun untuk kalian, tapi menjadi tambahan semangat sekaligus teman baru berpetualangan.

Baca Juga: 7 Hal Wajib yang Perlu Kalian Lakukan Selagi Liburan di Timur Tengah

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya