Comscore Tracker

Liburan Padat Pengunjung? 5 Tips Ini Ampuh Cegah Overtourism

Yuk terapkan!

Saat otak mulai terasa jenuh memang, traveling-lah salah satu solusinya. Namun alih-alih otak kita kembali segar seringkali malah sebaliknya jika kondisi tempat wisata yang terlalu padat dan bising. Kondisi ini disebut dengan overtourism dan perlu kita minimalisir sebelum berangkat pergi ke tempat wisata.

Berikut 5 tips cegah overtourism yang bisa kamu lakukan, yuk simak!

1. Pilih tempat wisata yang baru dan belum terkenal

Liburan Padat Pengunjung? 5 Tips Ini Ampuh Cegah OvertourismPexels/Simon Matzinger

Sebelum memutuskan berlibur, cobalah pilih tempat wisata yang memang masih baru dan belum terkenal. Hal ini untuk mencegah padatnya pengunjung yang datang ke lokasi dan membuatmu jadi tak menikmati liburan. Lebih baik kan pilih tempat wisata yang masih baru atau belum terkenal namun menawarkan destinasi wisata yang bagus dan menyenangkan.

2. Tak terbawa trend semata

Liburan Padat Pengunjung? 5 Tips Ini Ampuh Cegah OvertourismPexels/Rawpixel

Biasanya para turis memang lebih suka mengunjungi tempat wisata yang sudah terkenal dan sedang trend. Padahal hal ini justru membuat penyebaran turis menjadi tidak merata dan terlokalisasi di satu titik saja.

Alih-alih mampu mereduksi stres, tempat wisata yang terlalu ramai justru membuatmu tak puas dan bisa saja malah menambah stres. Oleh sebab itu lebih baik tak usah ikuti trend yang ada saat memutuskan berlibur ke tempat wisata. Cukup pilih tempat wisata yang menurutmu mampu menyegarkan otak dan langsung cabut ke sana!

Baca Juga: 9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!

3. Hormati penduduk lokal

Liburan Padat Pengunjung? 5 Tips Ini Ampuh Cegah OvertourismPexels/Artem Beliaikin

Salah satu dampak overtourism adalah terganggunya penduduk lokal yang dekat dengan tempat wisata. Ketidaknyamanan ini bisa disebabkan karena traveler kurang menghormati penduduk lokal hingga mengganggu ketertiban tempat wisata. Oleh sebab itu tetaplah menghormati dan menghargai penduduk lokal. Jangan membuat kegaduhan yang mengganggu karena mereka pun pantas kamu hargai.

4. Jaga lingkungan

Liburan Padat Pengunjung? 5 Tips Ini Ampuh Cegah OvertourismPexels/Mateusz

Fenomena overtourism tidak hanya berdampak pada penduduk lokal karena nyatanya lingkungan pun terkena dampaknya. Lingkungan yang kotor karena para turis membuang sampah sembarangan pastinya bisa merusak lingkungan yang selama ini dirawat oleh penduduk lokal.

Dimana pun berada pastikan jangan pernah merusak tempat wisata dengan cara mengotorinya dengan sampah. Tetaplah jaga kebersihan lingkungan agar tempat wisata tetap asri dan bebas polusi.

5. Patuhi aturan traveler

Liburan Padat Pengunjung? 5 Tips Ini Ampuh Cegah OvertourismPexels/Stockpic

Meski gak ada aturan tertulis, kamu tetap harus mematuhi aturan bagi para traveler. Aturan tersebut biasanya berbeda-beda tiap tempat, meski begitu dimana pun kamu berada kamu harus tetap mentaatinya.

Jangan hanya ingin berwisata namun aturannya tidak kamu terapkan. Jadilah turis yang bertanggung jawab dan tetap beretika dimanapun kamu berada entah itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Yuk terapkan tips di atas agar tempat wisata yang kamu kunjungi tidak overtourism!

Baca Juga: 6 Travel Blogger Ini Bakal Membantu Kalau Bingung Kemana Untuk Liburan

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You