Comscore Tracker

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!

Liburan kamu bakal lebih seru!

Traveling ke kota lain atau ke negara lain selalu jadi pengalaman yang menyenangkan. Selain liburan, pergi traveling juga membuat kamu memiliki kesempatan untuk belajar mandiri sekaligus mengenal kebudayaan, teman-teman, dan pengalaman baru yang tidak akan kamu dapatkan di kotamu. 

Walaupun menyenangkan, yang namanya traveling tetap membutuhkan persiapan matang bahkan sampai ke urusan sepele sekalipun. Dan berikut ini sembilan barang yang harus kamu bawa saat traveling. 

1. Dokumen perjalanan

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!unsplash.com/A GIRLBAND

Tiket, paspor, visa, dan beberapa dokumen perjalanan menjadi barang-barang pertama yang wajib kamu bawa selama traveling. Tanpa barang-barang ini jangankan naik pesawat, kamu bahkan enggak akan bisa melewati bagian imigrasi bandara. Agar lebih praktis, tempatkan dokumen perjalanan dalam satu tempat khusus dalam koper.

Selain paspor dan visa asli, ada baiknya kamu juga memfotokopi paspor dan visa atau menyimpan scan visa dan paspor di draf email yang bisa diakses kapan saja. Meski kedengarannya aneh, tapi salinan ini sangat bermanfaat terutama jika kamu mengalami musibah yang membuat paspor dan visa kamu hilang. 

2. Pakaian ganti

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!unsplash.com/Shanna Camilleri

Yang namanya traveling enggak mungkin cuma satu hari. Kebanyakan orang biasanya menghabiskan waktu minimal satu minggu untuk traveling, semakin jauh negara tujuannya maka akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk traveling.

Supaya kamu enggak repot beli baju baru atau terpaksa enggak ganti baju, pastikan kamu sudah membawa pakaian ganti untuk beberapa hari. Mulai dari celana, t-shirt, jaket, kaos kaki, sampai underware, semuanya harus ada di koper. 

3. Obat-obatan

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!unsplash.com/Sharon McCutcheon

Punya kondisi tubuh yang sehat jadi syarat yang wajib kamu penuhi saat akan traveling ke luar negeri. Dan walaupun saat pergi tubuh kamu sedang dalam kondisi sehat, kamu tetap wajib membawa obat-obatan dalam kopermu terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu atau alergi terhadap sesuatu.

Dengan membawa obat, kamu tidak perlu lagi repot mencari obat yang cocok. Apalagi di negara asing, tidak semua orang mengerti bahasa Inggris dan membuat kamu semakin kesulitan mencari obat yang kamu butuhkan.

4. Perlengkapan mandi

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!unsplash.com/ALEX KOOL

Umumnya pihak hotel akan menyediakan perlengkapan mandi disetiap kamar. Tapi tidak ada salahnya untuk membawa perlengkapan mandi sendiri. Kamu tidak harus membawa semua, karena hotel akan menyediakannya.

Kamu cukup membawa sikat gigi, pasta gigi, pencuci muka dan beberapa peralatan mandi lain yang sifatnya pribadi. Enggak lucu kan kalau di hari pertama traveling kamu sibuk mencari minimarket hanya untuk membeli sikat gigi?

Baca Juga: 5 Tips Berlibur dengan Barang Bawaan Sedikit, Anti Repot!

5. Charger dan power bank

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!unsplash.com/Thomas Kolnowski

Alat komunikasi seperti smartphone menjadi barang wajib yang harus kamu bawa terutama saat sedang liburan. Bukan hanya smartphone, saat liburan kamu juga wajib membawa charger dan power bank untuk memastikan agar baterai smartphone tetap penuh.

Smartphone sangat penting fungsinya selama perjalanan. Bukan hanya bisa mengabadikan moment selama liburan, dengan adanya smartphone yang terkoneksi penuh kamu bisa memesan makanan, mencari informasi seputar rute, dan lokasi tujuan, sampai meminta bantuan jika kamu sedang dalam masalah.

6. Dompet

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!unsplash.com/Simon Rae

Selain dokumen perjalanan, dompet juga jadi barang wajib yang tidak boleh dilupakan. Selain jadi tempat untuk menyimpan semua kartu identitas, dompet juga jadi tempat kamu menyimpan uangmu.

Melupakan dompet selama traveling sama saja dengan menyiksa diri sendiri karena tanpa dompet kamu tidak akan bisa melakukan apa pun termasuk membeli makanan. Jadi jangan lupa bawa dompet dan terpenting pastikan kamu punya budget yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kamu selama liburan. 

7. Perlengkapan tidur

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!bukalapak.com

Setiap orang punya kebiasaan yang berbeda-beda. Banyak orang yang baru bisa tidur jika sudah menyalakan lilin aromatherapy. Ada juga orang yang baru bisa tidur setelah menggunakan penutup mata. Apa pun kebiasaan kamu sebelum tidur, pastikan kamu membawa semua barang yang bisa membuat kamu tidur nyenyak.

Karena meski kamu menginap di hotel, pihak hotel biasanya hanya menyediakan piyama dan tempat untuk tidur seperti kasur, batal, guling dan selimut. Dengan membawa semua kebutuhanmu, kamu bisa tidur nyenyak tanpa terganggu, dan itu sangat penting untuk membuat kamu selalu sehat selama traveling. 

8. Media hiburan

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!unsplash.com/Maarten van den Heuvel

Jika kamu berfikir semua pesawat akan menyediakan hiburan seperti film di setiap kursi, kamu salah. Tidak semua pesawat menyediakan media hiburan kecuali kamu memesan penerbangan kelas satu. Keadaan yang sama juga akan kamu temukan ketika naik transportasi seperti kereta dan bus.

Agar tidak bosan, bawa salah satu barang yang bisa menghibur kamu selama perjalanan. Kamu bisa membawa ipad dan menggunakannya untuk membaca buku, bermain games, bahkan menonton film untuk menghabiskan waktu.

9. Camilan dan air mineral

9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!unsplash.com/Svetlana Sidorenko

Smartphone dan iPad saja ternyata tidak cukup untuk menghilangkan rasa bosan kamu selama perjalanan, kamu juga butuh camilan dan air mineral. Apalagi selama berada di bus, dan kereta kamu enggak akan menemukan penjual makanan dan minuman. Jadi daripada selama perjalanan perut keroncongan, lebih baik kamu membawa camilan dan air mineral di dalam tas.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You