Comscore Tracker

6 Tips Ajak Orangtua Liburan, Yuk Bikin Mama Papa Senang!

Kalau gak sekarang, kapan lagi?

Liburan bareng pasangan atau sahabat pasti sudah biasa kamu lakukan. Tapi, kalau liburan ajak orangtua, sempat terencana gak sih dalam hidupmu?

Jangan salah, di masa tuanya, mama papamu tentu pengin sekali-kali pergi berlibur. Makanya, sebagai anak, kamu jangan sampai lalai untuk sesekali mengajaknya jalan-jalan.

Nah, sebelum bikin kado liburan buat orangtua, ada baiknya simak beberapa tips berikut nih, guys. Baca baik-baik ya biar acara liburan kamu bareng mereka makin seru.

1. Sesuaikan destinasi dengan kesukaan orangtua

6 Tips Ajak Orangtua Liburan, Yuk Bikin Mama Papa Senang!unsplash.com/Harry Kessell

Destinasi wisata terdiri dari beragam jenis. Jadi, kamu harus paham dulu nih jenis destinasi seperti apa yang orangtua kamu sukai. Apakah wisata alam pantai, pegunungan, museum, urban landscape, atau justru kulineran.

Dari situ, kamu bisa menentukan tujuan liburan kalian akan ke mana. Pilih yang terbaik dari semua opsi yang ada. Gak perlu jauh-jauh. Kalau memang ada yang dekat, kenapa gak?

2. Hindari bikin itinerary yang terlalu padat dalam sehari

6 Tips Ajak Orangtua Liburan, Yuk Bikin Mama Papa Senang!unsplash.com/Hello I'm Nik

Setelah lokasi tujuan ditentukan, saatnya kamu bikin itinerary. Hal yang perlu diingat saat bikin itinerary untuk liburan bareng orangtua adalah hindari membuat jadwal jalan-jalan yang terlalu padat dalam sehari.

Kalau solo traveling mungkin oke ya memadatkan jadwal biar semua tempat wisata bisa disambangi. Tapi, kalau bawa orangtua yang fisiknya terbatas, gak mungkin dong kamu memaksakan mereka loncat sana-sini demi bisa memaksimalkan waktu seharian? Jangan egois ya, guys!

3. Pilih transportasi yang nyaman

6 Tips Ajak Orangtua Liburan, Yuk Bikin Mama Papa Senang!unsplash.com/Hanson Lu

Namanya juga orangtua, bisa jadi bakal lebih cepat lelah dibanding kamu yang masih muda. So, untuk mencapai destinasi liburan, kamu bisa pilih jenis transportasi yang bisa memberi kenyamanan untuk orang tua kalian.

Misalnya saja, kamu berencana mengajak mama papa liburan di Singapura selama tiga hari dua malam. Hari pertama, kamu bisa ajak mereka untuk mengenal public transportation di Singapura.

Nah, di hari kedua dan ketiga, baru deh kamu sewa mobil untuk berkeliling ke destinasi wisata lainnya agar mereka lebih nyaman dan gak gampang capek.

Baca Juga: 5 Destinasi Liburan Favorit Artis Selama 2019, Mana Saja?

4. Cari tempat kuliner yang cocok dengan lidah orangtua

6 Tips Ajak Orangtua Liburan, Yuk Bikin Mama Papa Senang!unsplash.com/Job Savelsberg

Gak semua orang tua suka menjajal kuliner yang aneh-aneh. Di lidah kamu, cita rasa kuliner tertentu mungkin bakal cocok. Tapi, menu tersebut belum tentu cocok dengan selera orangtua.

Jadi, untuk liburan bareng orangtua kali ini, sebaiknya kamu mengalah dulu. Carilah lokasi kuliner yang kira-kira sesuai dengan seleran mama papa kamu. Gak masalah kalau memang di liburan kali ini kamu gak sempat untuk wisata kuliner yang khas dari destinasi yang kamu kunjungi. Next, kamu masih bisa kok berkunjung lagi.

5. Penginapan gak perlu mewah, yang penting bersih dan nyaman

6 Tips Ajak Orangtua Liburan, Yuk Bikin Mama Papa Senang!pexels.com/Pixabay

Kalau memang tujuannya bukan buat staycation, sebaiknya kamu gak perlu memaksakan reservasi penginapan yang mahal atau di hotel mewah. Saat ini banyak banget akomodasi menginap yang terjangkau tapi sudah menawarkan fasilitas yang lengkap, bersih, nyaman, dan letaknya strategis.

Jika perlu, sewa saja satu vila yang juga menyediakan dapur. Selain rate-nya yang terkadang lebih terjangkau, di vila kamu bisa sesekali masak buat bikin sarapan atau makan malam untuk menghemat biaya logistik.

6. Kumpulkan dokumentasi sebanyak-banyaknya

6 Tips Ajak Orangtua Liburan, Yuk Bikin Mama Papa Senang!instagram.com/bigidea_by_dewinurshanti

Liburan bareng orangtua mungkin saja bakal jadi momen yang langka karena kesibukan masing-masing. So, di kesempatan berlibur bareng mereka kali ini, jangan sampai melewatkan satu momen pun tanpa mendokumentasikannya lewat foto maupun video.

Gak perlu mikirin apakah hasilnya bakal sekece foto dan video para travel blogger atau gak. Sebab yang paling utama kamu bisa punya banyak koleksi foto dan video bareng mama papa kamu. Seru gak, sih?

Nah, itulah beberapa tips penting yang wajib kamu perhatikan kalau mau ajak orangtuamu liburan. Yuk, sempatkan waktu sejenak untuk quality time bareng mereka lewat liburan bersama. Kalau gak sekarang, kapan lagi?

Baca Juga: 8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkan

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya