Comscore Tracker

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkan

Saat liburan jangan sampai sakit ya

Liburan adalah hal yang menyenangkan untuk setiap orang. Berlibur merupakan salah satu cara untuk rehat sejenak dari rutinitas dan pekerjaan. Pikiran akan kembali jernih sehingga bisa meningkatkan semangat.

Namun jangan sampai sakit saat liburan. Rugi banget kan kalau lagi liburan malah sakit. Jadi gak bisa menikmati liburan. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan diri dan menjaga diri agar tidak sakit saat liburan. Berikut tips anti sakit saat liburan yang bisa kamu coba.

1. Persiapkan diri sebelum berangkat

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkanm.hindustantimes.com

Sebelum berangkat berlibur kamu tetap harus istirahat yang cukup. Tidur 6-8 jam agar kamu tidak lemas dan tidak berenergi di tempat liburan. Kamu juga harus makan makanan bergizi dan cukup minum agar tubuhmu tetap fit dan segar.

Kamu juga bisa melakukan vaksinasi untuk beberapa penyakit yang mudah menular saat traveling seperti hepatitis A dan tipes. Jika kamu bepergian ke daerah endemik penyakit tertentu misalnya penyakit malaria, maka sebaiknya kamu konsultasi dulu ke dokter sebelum berangkat agar diberikan obat untuk pencegahan.

2. Rajin mencuci tangan

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkannephrocare.es

Selama berlibur jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Dengan mencuci tangan kamu bisa mencegah terjadinya infeksi yang menular dari tanganmu yang kotor.

Selalu cuci tanganmu sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet, dan saat tanganmu terkena kotoran. Jika kamu tidak menemukan kamu bisa menyiasati dengan menggunakan cairan pembersih tangan. Namun tetap usahakan untuk mencuci tangan memakai air mengalir dan sabun.

3. Jangan makan sembarangan

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkandulichytehanquoc.com

Salah satu hal menyenangkan saat berlibur adalah mencicipi kuliner setempat. Namun kamu tetap harus selektif memilih makanan. Pilihlah makanan yang bersih dan higienis.

Makanan yang terkontaminasi bakteri atau virus bisa menyebabkan diare, tipus, hepatitis A, dan keracunan makanan. Jadi jangan makan sembarangan ya.

Baca Juga: 5 Tips Liburan Ala Anak Kos, Cocok Buat si Kantong Tipis!

4. Cukup minum

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkanfood.ndtv.com

Aktivitas saat berlibur tentu akan menguras energimu. Agar tidak dehidrasi kamu harus membawa air minum untuk mencukupi kebutuhan cairan. Apalagi jika kamu berlibur ke daerah tropis yang panas, kebutuhan minum akan meningkat.

5. Memakai masker

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkannytimes.com

Memakai masker bisa menjadi alternatif agar tidak mudah tertular penyakit. Banyak bakteri dan virus yang mudah menular melalui pernapasan. Begitu juga jika kamu bepergian ke tempat yang banyak debu, lebih baik kamu memakai masker. Jika ingin mengambil foto tinggal lepas sebentar.

6. Istirahat yang cukup

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkanflowmagazine.com

Pergi berlibur bukan berarti kamu tidak butuh istirahat. Justru aktivitas liburan yang membuat lebih banyak berjalan dan bergerak membuatmu butuh istirahat lebih.

Mungkin terasa sayang jika waktu liburan malah dipakai untuk tidur. Tapi hal itu lebih baik daripada waktu liburan terbuang karena kamu lemas dan sakit akibat kurang tidur. Jadi tetap cukupi kebutuhan tidur dan istirahat saat liburan ya.

7. Membawa obat-obatan dasar dan P3K

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkanphysical-sports.co.uk

Walaupun sudah mempersiapkan segalanya dengan matang, kecelakaan kecil atau sakit ringan mungkin bisa menyerang. Tak ada salahnya membawa obat-obatan dasar seperti pereda demam dan pereda nyeri serta kotak P3K untuk berjaga-jaga. Apalagi jika ternyata tempat liburanmu jauh dari apotik.

8. Pakai tabir surya

8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkanpexels.com/@moose-photos-170195

Jangan lupa memakai tabir surya sebelum terpapar sinar matahari. Jika tidak, kamu bisa mengalami sunburn. Apalagi jika kamu pergi ke daerah yang panas misalnya ke pantai. Kamu juga bisa memakai pelindung tambahan seperti topi dan payung.

Jadi, mau liburan ke mana ya? Jangan lupa terapkan tips di atas ya.

Baca Juga: 6 Tips Traveling Hemat Bujet, Liburan Seru Gak Selalu Mahal Kok!

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya