Comscore Tracker

5 Cara Menghemat Uang Selama Traveling, Biar Tabunganmu Gak Habis

Stop pemborosan, ya!

Biasanya traveling dijadikan sebagai kesempatan untuk bersenang-senang setelah merasa jenuh dengan berbagai pekerjaan. Sehingga banyak orang akan membeli semua barang yang dia inginkan, memborong oleh-oleh untuk keluarga di rumah, dan mengunjungi berbagai tempat wisata yang diinginkan.

Hal tersebut tentu tidak baik untuk dilakukan. Kamu boleh saja membeli barang selama traveling namun harus tahu batasan. Jangan sampai uang tabunganmu habis karena pemborosan saat traveling.

Nah agar hal seperti itu tak terjadi padamu, maka kamu perlu menghemat uang saat melakukan traveling. Bagaimana caranya? Berikut tips mudah menghemat uang selama traveling.

1. Jangan langsung membeli oleh-oleh

5 Cara Menghemat Uang Selama Traveling, Biar Tabunganmu Gak Habispexels.com/bruce mars

Tak ada salahnya jika kamu ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga maupun teman. Namun pastikan kamu membeli oleh-oleh dengan tidak tergesa-gesa. Sehingga kamu bisa membandingkan harga di beberapa toko. Barangkali ada harga yang lebih murah di toko lain. Nah, jika ada kualitas barang yang dan dengan harga yang lebih murah, mengapa harus membeli yang mahal?

2. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman saat di perjalanan

5 Cara Menghemat Uang Selama Traveling, Biar Tabunganmu Gak Habispexels.com/Tirachard Kumtanom

Biasanya makanan dan minuman di tempat wisata harganya sangat mahal. Untuk menghemat uang selama traveling, bisa dengan cara membawa bekal makanan dan minuman. Dengan begitu, kamu tak akan membeli makanan maupun minuman selama traveling. Sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran saat kamu sedang berlibur.

Baca Juga: Lebih Hemat, 10 Benda Ini Sebaiknya Tidak Dibeli di Bandara 

3. Pintar dalam memilih waktu liburan

5 Cara Menghemat Uang Selama Traveling, Biar Tabunganmu Gak Habispexels.com/Asad Photo Maldives

Waktu traveling ternyata sangat berpengaruh terhadap pengeluaranmu. Sebab jika kamu melakukan traveling pada saat musim liburan, tentu pengeluaranmu semakin banyak lantaran semua harga akan naik. Mulai dari harga tiket, harga sewa penginapan, hingga harga makanan dan minuman yang ada di tempat wisata. Jadi pastikan kamu memilih waktu yang tepat, yaitu bukan pada saat musim liburan.

4. Membuat skala prioritas dengan baik mengenai tempat wisata maupun barang yang akan dibeli

5 Cara Menghemat Uang Selama Traveling, Biar Tabunganmu Gak Habisunsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Untuk menghindari pemborosan selama traveling, maka kamu perlu membuat skala prioritas. Hal tersebut kamu lakukan agar apa yang kamu inginkan bisa terkendali. Jika tak ada skala prioritas tentu kamu akan membeli semua barang yang kamu inginkan dan mengunjungi semua tempat wisata. Hal tersebut tentu bisa menyebabkan pengeluaranmu sangat banyak. Jadi pastikan kamu berhemat ya.

5. Jika akan menginap beberapa hari, maka sebaiknya kamu menyewa penginapan yang sederhana saja

5 Cara Menghemat Uang Selama Traveling, Biar Tabunganmu Gak Habispexels.com/Pixabay

Saat kamu melakukan traveling yang cukup panjang pasti kamu akan membutuhkan tempat penginapan. Memilih tempat penginapan juga tak boleh sembarangan. Perhatikan mengenai harga, kualitas, dan kenyamanan. Tak perlu penginapan yang mewah, sederhana asal nyaman juga tak masalah. Jadi jangan boros uang hanya untuk memenuhi keinginan saja.

Itulah lima cara mudah menghemat uang selamatraveling. Godaan saat traveling memang sangat berat. Pasti kamu ingin membeli barang-barang baru atau membeli banyak oleh-oleh. Namun pastikan kamu membatasi hal tersebut agar tabunganmu tak habis. Semoga membantu!

Baca Juga: Ini 7 Destinasi Traveling Hemat Budget, Pas Buat Piknik Bareng Sahabat

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You