Comscore Tracker

5 Tips Memilih Destinasi Liburan Supaya Solo Travelingmu Tetap Aman

Buat kamu nih yang mau solo traveling

Seperti yang kamu tahu, solo traveling memang agak berisiko. Terutama buat kamu yang ingin melakukannya untuk pertama kali. Maka dari itu, kamu benar-benar harus merancang perjalanan dengan sangat baik untuk menghindari hal-hal yang tidak mengenakkan selama di perjalanan nanti. Agar semakin terbantu, coba terapkan 5 tips memilih destinasi liburan bagi solo traveling berikut ini yuk!

1. Pilih tempat yang ramai dikunjungi

5 Tips Memilih Destinasi Liburan Supaya Solo Travelingmu Tetap Amanunsplash.com/Christopher Burns

Alasannya tentu biar perjalananmu tetap aman dari awal sampai akhir. Di tempat yang ramai pula, kamu bisa banyak-banyak bertanya sama orang sekitar setiap kali kamu kesasar. Coba bayangkan kalau destinasi traveling yang dikunjungi sepi, risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sangatlah besar. Apalagi kamu traveling sendirian di negeri orang lain.

2. Cuaca yang bersahabat

5 Tips Memilih Destinasi Liburan Supaya Solo Travelingmu Tetap Amanunsplash.com/Ethan Robertson

Siapa yang mau traveling saat musim dingin? Kayaknya hanya orang-orang yang ingin main ski saja. Soalnya cuaca dingin bikin kamu jadi gak semangat keluar dan menjelajah. Selain itu, kamu yang belum terbiasa dengan cuaca dingin juga bisa jatuh sakit. Jatuhnya jadi makin ribet apalagi kamu traveling sendirian.

Untuk itu, pilihlah musim yang paling pas kalau mau solo traveling. Misalnya saat musim semi atau musim panas. Cek bagaimana kondisi cuaca di negara yang ingin dikunjungi, biar kamu tahu mempersiapkan diri.

Baca Juga: 5 Hal yang Cuma Bisa Dimengerti oleh Solo Traveler, Apa Aja Nih?

3. Jangan terlalu mahal!

5 Tips Memilih Destinasi Liburan Supaya Solo Travelingmu Tetap Amanunsplash.com/Toa Heftiba

Budget untuk kamu yang ingin jadi solo traveler memang sedikit lebih mahal dibandingkan untuk para backpacker. Wajar saja karena semua biaya kamu tanggung sendirian. Untuk itu, adakan riset mengenai biaya hidup di negara atau kota yang ingin dikunjungi supaya kamu bisa menyiapkan budget yang pas untuk traveling nanti.

4. Letak penginapan yang strategis

5 Tips Memilih Destinasi Liburan Supaya Solo Travelingmu Tetap Amanunsplash.com/Nicate Lee

Bagi kamu yang ingin solo traveling, jangan lupa pay attention untuk penginapan ya! Agar aktivitas menjelajah lebih mudah, sebaiknya pilih lokasi penginapan yang strategis. Artinya dekat dengan destinasi wisata favorit, kuliner lokal, dan tempat belanja.

Gak perlu takut, harga penginapan di lokasi yang strategis gak selamanya mahal kok. Kamu bisa menginap di hostel yang biayanya jauh lebih murah daripada hotel.

5. Transportasi yang memadai

5 Tips Memilih Destinasi Liburan Supaya Solo Travelingmu Tetap Amanunsplash.com/Anthony Ginsbrook

Kebanyakan solo traveler paling suka kalau jalan kaki. Tapi, tergantung tempat yang ingin dikunjungi juga ya! Untuk tempat yang jaraknya jauh dari penginapan, kamu pasti butuh yang namanya transportasi untuk mempermudah dan mempercepat perjalanan.

Pastikan negara atau kota yang kamu kunjungi sudah menawarkan transportasi yang memadai. Memadai dalam arti lengkap dan tersedia dalam beberapa alternatif. Gak hanya bus, taxi, atau kereta saja, tapi juga sepeda, scooter, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang sudah gak sabar ingin traveling sendirian, segera rancang perjalananmu dari sekarang. Perhatikan tips-tips di atas biar perjalananmu tetap seru dan aman.  

Baca Juga: Ingin Solo Traveling? 5 Aplikasi Ini Siap Jadi Asisten Liburanmu

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya