Comscore Tracker

5 Tips Traveling di Bulan Ramadan, Puasa Lancar Liburan Nyaman

#RamadanMasaKini Seru banget deh!

Di bulan puasa ini, apakah traveling tetap bisa dilakukan? Jangan khawatir, kamu tetap bisa kok traveling walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. 

Namun tentu saja traveling saat bulan puasa memerlukan persiapan lebih, karena tubuhmu menjadi mudah lelah. Hal ini termasuk wajar, karena ketika berpuasa kamu harus menahan rasa lapar dan haus.

Hal ini membuat traveling saat sedang berpuasa, menjadi tidak mudah untuk dilakukan. Nah supaya liburanmu di bulan Ramadan tetap menyenangkan, inilah beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

1. Jangan pernah melewatkan sahur

5 Tips Traveling di Bulan Ramadan, Puasa Lancar Liburan Nyamanpexels.com/mentatdgt

Saat traveling di bulan puasa ini, hal paling penting yang perlu kamu ingat adalah tidak melewatkan sahur. Mungkin kalau di rumah kamu masih sanggup berpuasa tanpa sahur, tapi ketika sedang traveling jangan lakukan hal ini. Tanpa sahur tubuhmu akan terasa lemas, dan pastinya bisa mengganggu kegiatan traveling kamu. Karena ketika tubuh terasa lemas, kamu tidak akan memiliki cukup energi untuk melakukan kegiatan apapun.

2. Perhatikan makanan yang kamu santap

5 Tips Traveling di Bulan Ramadan, Puasa Lancar Liburan Nyamanunsplash.com/Haryo Setyadi

Ketika sedang traveling, hampir semua orang pasti tertarik untuk mencicipi aneka kuliner lokal di daerah wisata yang mereka kunjungi. Namun di bulan puasa ini, kamu harus lebih waspada dalam menyantap aneka makanan yang ada di daerah tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja sakit perut, dan sakit maag.

Saat sahur dan berbuka cobalah untuk menyantap makanan yang bergizi supaya tubuhmu tetap fit, serta memiliki cukup kalori untuk menunjang aktivitasmu seharian. Hindari terlalu banyak menyantap makanan pedas, ataupun asam. Kalau perlu minumlah vitamin untuk menambah daya tahan tubuhmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Percaya Diri Itu Penting Saat Traveling Sendirian

3. Buatlah jadwal perjalanan

5 Tips Traveling di Bulan Ramadan, Puasa Lancar Liburan Nyamanpexels.com/rawpixels.com

Sebelum berangkat traveling, buatlah jadwal perjalanan terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa menghemat energimu, dan tidak membuang waktu mengunjungi tempat-tempat yang tidak perlu kamu kunjungi.

Dengan begitu kamu bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk kembali ke tempat menginap pada sore harinya dan tidak melewatkan jam berbuka puasa. Kalau kebetulan kamu traveling ke luar negeri, jangan lupa sesuaikan jadwal perjalanananmu dengan jam sahur dan berbuka puasa di sana.

4. Hindari membawa barang terlalu banyak

5 Tips Traveling di Bulan Ramadan, Puasa Lancar Liburan Nyamanunsplash.com/Ifrah Akhter

Kalau kamu termasuk orang yang suka membawa cukup banyak saat traveling, di bulan puasa ini kamu harus mengubah kebiasaanmu itu. Selain merepotkan, membawa banyak barang bawaan saat traveling di bulan puasa akan membuatmu mudah capek. Sebaliknya dengan membawa sedikit barang, kamu akan merasa lebih nyaman karena tidak harus membawa beban berat. Karena itulah, pastikan untuk membawa barang yang benar-benar diperlukan saja ya.

5. Bawa bekal untuk buka puasa

5 Tips Traveling di Bulan Ramadan, Puasa Lancar Liburan Nyamanpixabay.com/ppkpichch

Ketika mengunjungi suatu tempat atau daerah, mungkin saja kamu akan sulit menemukan penjual makanan di sana. Atau mungkin saja saat waktu berbuka puasa tiba, kamu masih di jalan. Untuk mengantisipasi hal ini, sempatkan untuk selalu membawa bekal makanan dan minuman sebelum kamu meninggalkan tempat menginap.

Nah ternyata gak susah kan traveling di bulan Ramadan? Walaupun sedang berpuasa, kamu tetap bisa kok menikmati perjalanan ke berbagai destinasi wisata favoritmu dengan nyaman. Seru banget deh!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You