Comscore Tracker

5 Etika Swafoto saat Kunjungi Tempat Wisata, Pelancong Wajib Tahu! 

Ingat, sebagai wisatawan kita adalah tamu di tiap destinasi

Melakukan selfie atau swafoto saat ini memang hal yang lumrah dilakukan. Apalagi saat sedang mengunjungi suatu destinasi wisata, rasanya kurang pas jika wisatawan tidak berswafoto ria. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak melakukan swafoto, khususnya kala berada di destinasi wisata.

Layaknya seorang tamu, kamu juga harus memahami etika dan peraturan di setiap tempat yang kamu kunjungi. Yuk, langsung saja simak kelima etika swafoto saat berwisata berikut ini!

1. Perhatikan izin

5 Etika Swafoto saat Kunjungi Tempat Wisata, Pelancong Wajib Tahu! ilustrasi tanda tidak boleh berfoto (freepik.com/freepik)

Hal pertama dan utama yang harus kamu perhatikan sebelum mengambil foto potret diri sendiri yaitu memperhatikan perizinan yang berlaku. Soalnya, gak semua tempat memperbolehkan pengunjung untuk mengambil foto.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memantau sekitar, apakah tempat tersebut boleh dijadikan latar untuk berswafoto atau tidak. Caranya, kamu bisa mencari peringatan larangan maupun dengan bertanya pada penduduk lokal di sekitar destinasi tersebut.

2. Tidak berlebihan 

5 Etika Swafoto saat Kunjungi Tempat Wisata, Pelancong Wajib Tahu! ilustrasi seorang perempuan sedang selfie (freepik.com/lookstudio)

Etika selanjutnya yang wajib kamu tahu adalah jangan berlebihan ketika mengambil swafoto di suatu destinasi wisata. Ambil saja foto secukupnya ketika berada di suatu kawasan wisata.

Pasalnya, gak semua orang mementingkan foto ketika tengah berlibur. Dengan demikian, kamu justru bisa mengganggu kenyamanan wisatawan lain karena swafoto yang terlalu banyak di setiap spot yang disediakan di tempat wisata tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Traveling bersama Drone, Pahami biar Gak Rugi

3. Hindari tempat ramai 

5 Etika Swafoto saat Kunjungi Tempat Wisata, Pelancong Wajib Tahu! ilustrasi swafoto bersama banyak orang (freepik.com/gpointstudio)

Etika selanjutnya yang harus kamu perhatikan sebelum berswafoto yaitu menghindari tempat yang ramai pengunjung. Bukan hanya akan mengganggu wisatawan lain, di tempat yang terlalu ramai juga rawan terjadi pencopetan, lho!

Oleh karena itu, ada baiknya kamu lebih waspada dan jangan sampai hilang fokus dan gak memperhatikan barang-barang bawaanmu karena keasyikan berfoto. Kalau memang ingin swafoto, lebih baik cari tempat yang lebih sepi dan tidak mengganggu pengunjung lain, ya!

4. Utamakan keselamatan 

5 Etika Swafoto saat Kunjungi Tempat Wisata, Pelancong Wajib Tahu! ilustrasi utamakan keselamatan (freepik.com/freepik)

Sebelum berswafoto kamu juga harus lebih mengutamakan keselamatan. Cukup banyak contoh kasus pelancong yang mengalami kecelakaan di area destinasi wisata karena saking asyiknya mencari-cari spot sekaligus hasil foto terbaik.

Lebih baik kenali dulu posisi pijakan kamu sebelum berswafoto. Jangan sampai kamu justru foto di tepi tebing ataupun di area-area yang dapat membahayakan diri kamu sendiri, lho!

5. Tidak menghalangi orang lain 

5 Etika Swafoto saat Kunjungi Tempat Wisata, Pelancong Wajib Tahu! ilustrasi antrean orang (freepik.com/albertyurolaits)

Etika terakhir sebelum kamu melakukan swafoto yaitu tidak menghalangi orang lain. Tentunya, ketika berada di suatu destinasi, banyak pengunjung lain yang juga ingin berfoto maupun menikmati pemandangan yang ada.

Karena itu, kamu harus perhatikan kondisi sekitar sebelum asyik berswafoto. Jangan sampai kamu justru memblokir akses orang lain untuk berfoto ataupun menutup akses jalan bagi pengunjung lainnya.

Etika berwisata penting untuk selalu dijaga guna menciptakan kenyamanan serta ketenangan saat menikmati waktu berlibur. Jadi, jangan lupa untuk selalu perhatikan sederet etika di atas saat kamu mau swafoto di destinasi wisata, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Retret Paling Recommended di Dunia, Traveling Sambil Healing

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya