Comscore Tracker

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!

Duh, jangan sampai liburan kacau deh

Selain menyenangkan, traveling itu juga bisa menguras tenaga kita, lho. Bagaimana tidak, aktivitas jalan-jalan, membawa barang bawaan yang cukup banyak apalagi dengan kamera dan aneka kegiatan lainnya, membutuhkan tenaga lebih besar dibandingkan rutinitas sehari-hari. Namun, kamu tetap harus menjaga kesehatan selama traveling agar jalan-jalan puas, sekaligus menjadi pengalaman menyenangkan. Karena itu, jangan pernah lakukan 10 hal ini dalam perjalanan.

1. Dehidrasi selama di dalam pesawat terbang

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!rd.com

Udara di dalam pesawat umumnya kering. Jika kamu melakukan perjalanan pesawat dengan durasi lebih dari empat jam, ada baiknya rutin minum air mineral biasa untuk menjaga suhu tubuh. Kurangnya asupan air atau dehidrasi bisa membuatmu jatuh sakit.

2. Terlalu banyak minum kopi

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!travelandleisure.com

Umumnya, traveller minum kopi agar bisa terjaga lebih lama dan waktu tidur menjadi lebih singkat. Namun, kopi ternyata mengandung asam cukup tinggi, dan akan memberatkan kinerja lambung dan hatimu jika dikonsumsi terlalu banyak.

3. Langsung minum air dengan menggunakan gelas hotel tanpa membilas terlebih dahulu

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!theshutterwhale.com

Kamu tidak pernah tahu bagaimana tamu yang sebelumnya menginap di kamar hotel menggunakan gelas tersebut. Bisa juga gelas itu sudah lama tak dipakai dan terpapar debu. Sehingga ketika ingin menggunakan perabotan makannya, pastikan membilasnya dulu sampai bersih.

4. Diet ketat saat traveling

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!besthealthmag.ca

Serius kamu mau diet saat traveling? Ini adalah saatnya di mana kamu mengeksplorasi negara atau kota yang tak pernah kamu kunjungi sebelumnya. Lagipula, diet ketat membuatmu jadi tak bertenaga, padahal kamu butuh tenaga ekstra.

5. Tidak minum vitamin saat badan sedang tidak fit

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!health.usnews.com

Salah satu hal yang bisa menopang energimu saat traveling adalah konsumsi vitamin. Vitamin C dalam bentuk tablet banyak ditemukan di apotik dan sangat membantu menjaga kesehatanmu. Kalau terasa tidak enak badan, segera minum obat dan istirahat lebih lama ya.

6. Terlalu banyak minum air tap

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!riverkeeper.org

Meski air tap itu memang bisa diminum, tapi tak ada yang bisa menjamin kebersihannya. Lebih baik untuk mencegah antibodimu turun, minumlah air dalam kemasan.

7. Lupa mengenakan sunblock saat ke pantai

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!confusedsandals.com

Kamu tak pernah tahu seberapa menyengatnya sinar matahari di suatu tempat. Sinar matahari berlebihan dan kamu menerimanya tanpa pengaman apapun bisa membuat pusing, mual, bahkan kulit pun bisa terbakar. Cara paling mudah untuk melindungi diri adalah dengan menggunakan sunblock.

8. Lupa membawa obat-obatan reguler dari rumah

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!rd.com

Meski itu hanya obat flu umum, lebih baik sediakan yang biasanya kamu gunakan. Pasalnya, jika kamu pergi ke luar negeri, kamu tak pernah tahu apakah cocok dengan obat-obatan setempat. Jika kamu juga sedang dalam perawatan dengan obat, jangan lupa tuntaskan dengan baik, supaya sakitmu tidak kambuh.

9. Terus menerus makan sembarangan

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!travelfreak.net

Sesekali mencoba makanan-makanan yang tidak kita kenal, misalnya seperti gorengan serangga di negara Tiongkok ataupun aneka makanan khas pinggir jalan lainnya, tentu saja boleh. Namun, jangan hanya mengkonsumsi street food saja, ya. Kamu juga memerlukan asupan yang baik.

10. Keasyikan traveling hingga kurang tidur

Catat, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuatmu Sakit Saat Traveling!onlyadayaway.com

Saat traveling, hal yang paling sering dilakukan para traveller adalah mengurangi jam tidur, bahkan jarang tidur. Padahal hal ini sangat tidak baik dan tidak boleh diterapkan. Kamu harus tetap memiliki waktu tidur cukup, yakni minimal enam jam agar kondisi badan selalu bugar dan bersemangat saat travelling.

Asalkan kamu tetap berpola hidup sehat, bisa menjaga diri sekaligus paham dengan kondisi tubuhmu, maka kamu bisa selalu menjaga kesehatan. Yuk, jadikan kegiatan traveling-mu selalu menyenangkan dan berkesan!

Line IDN Times

Topic:

  • Dewi Suci

Just For You