Comscore Tracker

5 Rekomendasi Wisata buat Wartawan, Traveling Nambah Wawasan

Hobi yang juga bisa jadi profesi emang menyenangkan

Ada perbedaan mencolok antara orang biasa dan wartawan saat berlibur. Kalau biasanya kita harus membayar alias keluar uang untuk berlibur, wartawan justru bisa dibayar untuk berlibur. Apalagi kalau dia memang seorang wartawan travel, jalan ke tempat-tempat indah tanpa merogoh kocek bukan hal yang sulit dilakukan.

Tapi, destinasi yang dikunjungi gak sembarangan juga, lho, karena mereka punya tanggung jawab untuk memberikan informasi dan edukasi terkait wisata tersebut. Contohnya seperti 5 tempat di bawah ini yang ideal banget sebagai sarana liputan sekaligus wisata. Selain indah, ada nilai historis yang bisa kamu temukan juga di sana.

1. Pulau Manimbora

5 Rekomendasi Wisata buat Wartawan, Traveling Nambah WawasanInstagram.com/hvtrip

Pulau yang ada di Berau, Kalimantan Timur ini berada di kawasan menuju Pulau Derawan, jadi gak heran kalau pemandangannya super eksotis. Hamparan pasir putih, air laut berwarna turquoise, dan terumbu karang akan menemani perjalananmu.

Kamu gak disarankan untuk bermalam di sini, karena pulau kecil ini tak berpenghuni. Tapi sesekali warga lokal akan melakukan ritual sesajen di Pulau Manimbora. Jadi jangan kaget kalau kamu masih bisa menemukan sisa-sisa tengkorak di pulau ini.

2. Pantai Wartawan

5 Rekomendasi Wisata buat Wartawan, Traveling Nambah WawasanInstagram.com/indraarchi

Namanya cukup unik ya? Nama ini diberikan bukan karena dikhususkan buat wartawan, tapi dulunya pantai ini dikelola oleh warga lokal yang mayoritas berprofesi sebagai wartawan. Pantai satu ini terletak di Way Muli, gak jauh dari Simpang Gayam jalur Bakauheni, kota Bandar Lampung. 

Selain namanya, karakteristik Pantai Wartawan juga unik. Di sini kamu bisa menemukan pemandangan lepas ke arah Gunung Krakatau. Selain itu, terdapat sumber air panas di sisi pantai yang bercampur dengan air laut. Warga sekitar sih percaya kalau sumber air panas ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, rematik, sampai gangguan tulang.

3. Kepulauan Raja Ampat

5 Rekomendasi Wisata buat Wartawan, Traveling Nambah WawasanInstagram.com/nadinelist

Surga di Indonesia Timur ini punya keindahan yang diakui oleh seluruh kalangan, bahkan traveller mancanegara pun dibuat terkagum-kagum. Pesona gugusan pulau di Raja Ampat gak cuma ada di pemandangan bawah lautnya saja, tapi ada juga nilai historisnya. Kamu bisa belajar soal budaya Papua yang salah satunya ada di kawasan Arborek.

Dijamin kamu gak akan pernah bosan menjelajahi setiap sudut Raja Ampat, karena ada banyak jenis wisata yang bisa ditemui. Mulai dari pantai dan lautnya, hutan, danau, dan lain sebagainya.

4. Kepulauan Togean

5 Rekomendasi Wisata buat Wartawan, Traveling Nambah Wawasanroomsuggestion.com

Taman Nasional Kepulauan Togean berlokasi di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. Sama seperti Raja Ampat, Kepulauan Togean dielu-elukan berkat kehidupan biota bawah lautnya yang luar biasa indah.

Tapi, snorkeling dan diving bukan cuma kegiatan yang seru buat dilakukan. Kamu bisa ikut island hopping tour alias berpindah dari satu pulau ke pulau lain yang berdekatan. Setelahnya, coba main ke Kampung Suku Bajo di Kabalutan, yakni suku yang tinggal di atas laut. Atau kamu bisa berenang bersama ubur-ubur jinak di Danau Mariona. Danau dengan stingless jellyfish cuma ada 4 di dunia, dan 3 di antaranya di Indonesia, lho!

5. Desa Penglipuran

5 Rekomendasi Wisata buat Wartawan, Traveling Nambah WawasanInstagram.com/desa_adat_penglipuran

Pulau Dewata gak cuma soal eksotisme pantainya saja. Bali pun terkenal dengan adat Hindu yang kental dan begitu dijunjung tinggi. Kamu bisa mengenal budaya mereka dengan salah satunya melakukan perjalanan ke Desa Penglipuran, salah satu desa adat dari Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Masyarakat di sana hingga kini masih melestatikan budaya tradisional Bali dalam kehidupan sehari-hari. Gak hanya itu, kamu bakal dibikin kagum dengan keindahan arsitektur bangunan yang masih mengikuti konsep Tri Hita Karana. Yaiyu filosofi tentang adanya keseimbangan hubungan antara manusia, Tuhan, dan lingkungan.

Itu tadi lima destinasi di mana kamu bisa puas berlibur sembari belajar. Mana yang paling pengin kamu tuju terlebih dahulu nih?

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Edwin Fajerial

Just For You