Comscore Tracker

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!

Biar efektif dan efisien!

Tanah abang merupakan sebuah tempat perbelanjaan grosir yang bisa dikatakan terbesar di Indonesia. Ketenaran Tanah Abang juga telah dikenal warga luar negeri, terutama seperti Malaysia.

Barang-barang di sini terkenal sangat murah ketika dibeli dalam jumlah besar alias grosir. Tak heran jika banyak pemilik toko yang menjadikannya sebagai tempat kulakan atau pembelian stok barang di Tanah Abang.

Tak bisa dipungkiri, tata letak Tanah Abang masih sangat semrawut. Bagi kamu yang hendak menjelajah area Tanah Abang, sebagaiknya pelajari 9 teknik ini terlebih dahulu supaya cranky selama jalan-jalan ke sana!

1. Ketahui transportasi nyaman dan lancar yang bisa digunakan

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!Kompas.com

Mau bawa mobil pribadi ke Tanah Abang? Hmm...mending pikir-pikir lagi, deh! Jalanan di Tanah Abang sangat penuh dan biasanya macet. Bahkan, macetnya itu benar-benar gak jalan! Sebaiknya kamu naik transportasi publik, seperti KRL atau angkot.

2. Pilih waktu yang pas untuk berbelanja, misalnya di awal bulan dan pagi hari

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!kabarbisnis.com

Tanah Abang cenderung ramai dikunjungi para pedagang eceran. Tetapi, setidaknya keramaian tersebut sedikit berkurang pada saat awal bulan. Sebab, para pedagang sibuk menjaga tokonya sendiri yang ramai pembeli.

Saat tengah atau akhir bulan, para pembeli mulai berkurang. Para pemiliki toko baru mencari atau membeli stok barang baru lagi. Kamu juga bisa memilih pagi hari, saat pengunjung masih sedikit.

3. Pelajari denah dari Tanah Abang

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!sindonews.com

Tanah Abang sangat besar dan terbagi-bagi dalam beberapa bagian. Ada baiknya kamu mencari denah terlebih dahulu di internet dan ketahui bagian-bagiannya. Sehingga kamu bisa langsung menuju tempat yang ingin dikunjungi, tanpa tersesat.

4. Buat daftar belanjaan

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!thejakartapost.com

Barang di Tanah Abang ini harganya cenderung sangat terjangkau. Supaya tidak kalap dan membabi buta, kamu bisa membuat daftar belanjaan terlebih dahulu. Kamu juga harus disiplin dengan tidak berbelanja di luar daftar tersebut.

5. Bawa koper atau tas besar yang mudah dibawa

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!blibli.com

Kalau kamu pedagang eceran yang ingin membeli barang secara grosir, ada baiknya untuk membawa sebuah koper mini. Kamu pasti membeli banyak barang di Tanah Abang, agar tidak susah membawa, kamu bisa meletakkan dalam koper. Tentu lebih aman pula.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bikin Orang-orang Ini Cepat Kaya, Bisa Ditiru Nih!

6. Letakkan tas uang di depan atau di dekapanmu

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!tokopedia.com

untuk meletakkan tas di belakang atau di luar perhatianmu. Jika menggunakan tas ransel, maka letakkan di depan. Ini untuk berjaga-jaga agar tak ada hal buruk menimpa.

7. Bawa cadangan uang tunai secukupnya

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!Pinterest.com

Kalau kamu membuat daftar belanjaan, kamu bisa mengira-ngira berapa pengeluaranmu nanti. Siapkan sesuai kebutuhan dan sediakan pula tambahan dana 10 persen dari jumlah total kebutuhanmu. Hal ini untuk berjaga-jaga ketika ada kenaikan harga.

8. Gunakan pakaian yang nyaman

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!arah.com

Tanah Abang tak pernah sepi. Suasananya selalu ramai dan penuh sesak. Kemungkinan besar kamu akan berpeluh keringat. Jadi simpan saja pakaian branded atau bagusmu, ganti dengan kaos yang menyerap keringat dan celana nyaman.

9. Cari tahu harga pasaran dengan baik, tanpa membuat penjual tersinggung

10 Teknik Menjelajah Tanah Abang, Belanja Jadi Aman dan Nyaman!gambarbajukorea.co.id

Di Tanah Abang, kamu juga harus pintar tawar menawar. Jangan sampai menawar terlalu rendah atau justru tidak menawar sekali. Caranya mudah, kamu bisa mencari tahu perkiraan harga melalui internet, atau bertanya-tanya dulu terhadap beberapa toko.

Luasnya pasar Tanah Abang rasanya tidak cukup kalau dikunjungi dalam satu hari, apalagi kalau kamu berniat mencari ide bisnis di sini. Jangan khawatir, kamu bisa menanyakan ke satpam tentang barang-barang yang kamu cari. Mereka dengan senang hati membantu mengarahkan kamu, lho!

Baca juga: 6 Bisnis Ini Cocok Banget buat Para KPopers, Untung Banyak Deh!

Line IDN Times

Topic:

Just For You