Comscore Tracker

5 Rekomendasi Toko Oleh-oleh di Semarang, Kunjungi Sebelum Pulang!

Semuanya ada di sini, lengkap banget!

Waktu berlibur sudah habis. Sebelum pulang ke kota asal, kita pasti menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Oleh-oleh ini bisa berupa makanan, minuman, aksesori, baju, tas, dan lain sebagainya untuk dihadiahkan ke keluarga, sanak saudara, dan teman.

Kalau kamu sedang mencari oleh-oleh di Semarang, kamu wajib berkunjung ke toko-toko ini! Jangan lupa beli, ya!

1. Bandeng Juwana Elrina

5 Rekomendasi Toko Oleh-oleh di Semarang, Kunjungi Sebelum Pulang!instagram.com/telur_asin_okejaya

Semarang terkenal dengan bandeng presto alias bandeng berduri lunak. Bandeng Juwana Elrina menjual aneka bandeng yang lengkap dan bisa dijadikan oleh-oleh. Lokasinya berada di Jl. Pandanaran No. 67-51 Semarang, hanya 1,3 kilometer dari Kawasan Simpang Lima. Tempat ini buka mulai jam 06.30-23.00 setiap harinya.

Ada beberapa jenis bandeng yang tersedia, mulai dari bandeng duri lunak, otak-otak bandeng, bandeng pepes duri lunak, bandeng asap duri lunak, bandeng dalam sangkar, bandeng asap duri keras, sate bandeng boneless, sampai bandeng teriyaki. Selain itu, ada juga aneka kue, bolu, bakpia, lumpia, tahu bakso, hingga snack lainnya. Lengkap banget!

2. Pusat Oleh-oleh Djoe

5 Rekomendasi Toko Oleh-oleh di Semarang, Kunjungi Sebelum Pulang!instagram.com/oleh2djoe

Hanya beberapa puluh meter dari Bandeng Juwana Elrina, ada Pusat Oleh-oleh Djoe. Lokasinya berada di Jl. Pandanaran No. 51 Semarang dan buka setiap hari pada pukul 06.00-22.00.

Di sini, kamu bisa membeli kue mochi, tahu bakso, lumpia, madu mongso dan aneka kue tradisional lain. Ada makanan yang dikemas dengan metode vacuum sehingga bisa awet lebih lama.

Di sini juga ada lumpia yang sudah matang, baik lumpia goreng atau basah. Isinya ada rebung, ayam, telur dan udang. Sama seperti Bandeng Juwana Elrina, Pusat Oleh-oleh Djoe juga memiliki lahan parkir yang minim. Namun, jangan khawatir karena ada tukang parkir yang siap membantumu setiap saat!

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Murah dan Paling Dicari

3. Wingko Babad Cap Kereta Api

5 Rekomendasi Toko Oleh-oleh di Semarang, Kunjungi Sebelum Pulang!instagram.com/wingkobabadkeretaapi

Bergeser ke kawasan Kota Lama Semarang, kamu bisa berkunjung ke Wingko Babad Cap Kereta Api. Lokasinya berada di Jl. Cendrawasih No. 14 Semarang dan buka setiap hari pada pukul 07.00-18.30. Jaraknya hanya 1,8 kilometer dari Stasiun Tawang dan bersebelahan dengan Filosofi Kopi Semarang.

Sesuai namanya, toko ini menjual wingko babat yang lezat dengan berbagai macam rasa, mulai dari orisinal, cokelat, durian, nangka, pisang dan lainnya. Selain itu, di sini juga menjual getuk, bakpia pathuk khas Yogyakarta dan kue tradisional lain.

Berbeda dengan dua toko sebelumnya, di sini menjual cendera mata nonmakanan, seperti kartu pos, magnet, dan gantungan kunci. 

4. Kampoeng Semarang

5 Rekomendasi Toko Oleh-oleh di Semarang, Kunjungi Sebelum Pulang!instagram.com/kampoengsemarang

Hanya berjarak 2,3 kilometer dari Stasiun Tawang, ada Kampoeng Semarang. Tempatnya ada di Jl. Kaligawe Raya KM 1 No. 96 Semarang dan buka setiap hari pada pukul 08.00-20.00.

Dibanding yang lain, Kampoeng Semarang merupakan tempat oleh-oleh yang paling luas dan lengkap. Di sini, tidak hanya menjual oleh-oleh berupa makanan, tetapi ada juga kemeja batik, gantungan kunci, kaus, tas, sandal, aksesori, dan lain sebagainya.

Untuk makanan, di sini ada bandeng presto, lumpia, rengginang, tahu bakso, wingko babat, sampai cokelat dengan kemasan yang unik dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman. Di lokasi yang sama, ada restoran sehingga pengunjung bisa memesan makanan untuk meredakan rasa lapar seusai berbelanja oleh-oleh.

5. Kue Moaci Gemini Kentangan

5 Rekomendasi Toko Oleh-oleh di Semarang, Kunjungi Sebelum Pulang!instagram.com/yulindanunggalaa

Kamu penggemar kue moci? Jangan lupa untuk mampir ke Kue Moaci Gemini Kentangan yang ada di Jl. Kentangan Barat No. 101.

Toko oleh-oleh ini hanya berjarak 2,6 kilometer dari Stasiun Tawang serta sangat dekat dengan kuliner legendaris di Semarang, seperti Leker Paimo, Asem-asem Koh Liem, dan Nasi Ayam Bu Pini. Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00-20.00.

Meski ukuran toko mungil, jangan underestimate, ya! Di sini, ada moci dengan berbagai macam isian, mulai dari kacang tanah, kacang merah, orisinal wijen, dan lain sebagainya. Untuk harga, moci orisinal wijen dijual dengan harga Rp45 ribu untuk isi 25. Moci ini bisa tahan hingga seminggu.

Nah, itulah lima rekomendasi toko oleh-oleh di Semarang yang wajib kamu kunjungi sebelum pulang ke kota asal. Jangan lupa mampir, ya!

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Makassar yang Paling Populer dan Murah Meriah

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You