Comscore Tracker

Doa Naik Pesawat Terbang dan Terhindar dari Rasa Cemas

Biar perjalanan lancar, aman, dan nyaman

Pesawat terbang menjadi transportasi yang memudahkan kita bepergian ke mana pun, termasuk ke luar negeri. Dibandingkan kereta api, pesawat memiliki waktu tempuh yang relatif cepat. 

Supaya perjalanan lancar dan dijauhkan dari rasa gelihah atau takut selama di atas pesawat, ada beberapa doa yang bisa kita baca. Berikut doa naik pesawat terbang yang bisa kamu amalkan.

1. Diawali dengan doa naik kendaraan sebelum membaca doa naik pesawat

Doa Naik Pesawat Terbang dan Terhindar dari Rasa CemasUnsplash/James Coleman

Sebelum kamu membaca doa naik pesawat, ada doa umum yang harus dilafalkan saat naik kendaraan. Simak doa beserta artinya di bawah ini: 

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wainnaa ilaa rabbina lamunaqlibuun

Artinya: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

2. Doa yang harus dibaca sebelum naik pesawat

Doa Naik Pesawat Terbang dan Terhindar dari Rasa CemasPexels/Tim Gouw

Zaman dahulu, sebelum adanya pesawat, gak ada doa yang secara khusus buat naik pesawat. Akhirnya, doanya disamakan dengan kapal laut. Rasulullah SAW bersabda bahwa orang yang mengucapkan doa tersebut akan selamat dari tenggelam atau pun jatuh (HR Ibnu Sinni).

Inilah doa naik pesawat:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur-rahiim. Wa maa qadarullaaha haqqa qadrih.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S.Hud [11] ayat 41). “Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya.” (Q.S. Al-An’am [6] ayat 91).

Baca Juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Beserta Terjemahannya

3. Panjatkan doa meminta keselamatan selama bepergian

Doa Naik Pesawat Terbang dan Terhindar dari Rasa CemasPexels/Shamia Casiano

Doa safar untuk meminta keselamatan selama traveling:

اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَـٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَـٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَـٰذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ

Allaahu akbar (3x), (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun), allaahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzal birro wat-taqwaa, wa minal 'amali maa tardhoo, allaahumma hawwin 'alainaa safaronaa haadzaa wathwi 'annaa bu'dah, allaahumma antash-shoohibu fis-safari wal kholiifatu fil ahli, allaahumma innii a'uudzu bika min wa'tsaa-is-safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya: "Allah Maha Besar (3x). (Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, kami mohon perbuatan yang meridakan-Mu. Ya Allah, permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga(ku). Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang jelek dalam harta dan keluarga."

4. Doa untuk menghilangkan cemas berlebih

Doa Naik Pesawat Terbang dan Terhindar dari Rasa CemasUnsplash/Suhyeon Choi

Seringkali muncul rasa cemas dan khawatir berlebih saat naik pesawat. Berada di ketinggian seakan tanpa arah menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi kalau kamu takut ketinggian.

Salah satu cara mengatasinya dengan membaca doa untuk menghilangkan cemas berikut ini:

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: " Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita atau pun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

Nah, itulah doa doa naik pesawat saat traveling naik pesawat atau kapal laut. Semoga perjalananmu selalu lancar hingga tujuan ya.

Baca Juga: Doa Naik Kereta Api dan Menempuh Perjalanan Jauh, Beserta Artinya

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya