Comscore Tracker

7 Trik Rahasia Berburu Hotel dengan Harga Murah, Gak Bikin Bokek!

Bujetnya bisa buat liburan sehari lagi, nih!

Selain transportasi, akomodasi tempat menginap, seperti hotel jadi salah satu hal yang cukup menguras bujet liburan. Karena itu, berburu kamar hotel dengan harga miring akan sangat membantu, supaya pengeluaran selama liburan tak membengkak.

IDN Times telah merangkum tujuh tipsnya di bawah ini untuk kamu!

1. Berlibur saat low season

7 Trik Rahasia Berburu Hotel dengan Harga Murah, Gak Bikin Bokek!Unsplash.com/danielcgold

Kalau kamu bisa ambil cuti di hari biasa, manfaatkan saja. Karena harga kamar hotel saat weekdays  lebih murah dibanding weekend. Apalagi kalau memasuki waktu libur panjang, hari libur nasional, dan akhir tahun. 

Wah, jangan berharap muluk-muluk, deh. Selain hotel, tiket sejumlah moda transportasi, seperti pesawat dan kereta, juga lebih terjangkau saat low season.

2. Bandingkan harga antarsitus booking maupun travel agent

7 Trik Rahasia Berburu Hotel dengan Harga Murah, Gak Bikin Bokek!Unsplash.com/rawpixel

Tiap situs pemesanan akomodasi maupun agen perjalanan punya kebijakan yang berbeda-beda, mulai dari publish rate hotel hingga penerapan administration fee. Jadi bandingkan dengan seksama satu situs dengan lainnya. Kalau beruntung, kamu bisa dapat kamar hotel promo di situs tertentu dengan harga miring.

Hindari beli on the spot atau langsung melalui hotel. Karena biasanya publish rate mereka lebih tinggi dari online travel agent. Apalagi kalau persediaan kamar mulai habis, harganya juga bisa melambung.

3. Berburu harga paling murah lewat situs pencari diskon

7 Trik Rahasia Berburu Hotel dengan Harga Murah, Gak Bikin Bokek!Unsplash.com/johnschno

Ini cara yang lebih praktis untuk membandingkan harga hotel dari banyak website dalam sekali jalan. Salah satu contohnya seperti situs directrooms.com, yang langsung otomatis mengumpulkan informasi harga dari berbagai online travel agent dan mengurutkan harga termurahnya bisa dipesan di mana. 

Kalau masih bingung, coba masukkan kata kunci "deal websites Indonesia” di situs pencarian Google, lalu bandingkan lagi situs diskonnya.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] 10 Hotel Nyaman di Bali dengan Bujet Backpacker

4. Pilih hotel yang baru beroperasi

7 Trik Rahasia Berburu Hotel dengan Harga Murah, Gak Bikin Bokek!news.euspert.com

Coba cari apa ada hotel yang baru beroperasi di sekitar destinasimu. Saat masih dalam masa promosi, hotel biasanya memberikan potongan harga yang lumayan menguntungkan. Kalau pun bukan berupa potongan harga untuk kamar, pelayanan dan fasilitas lain bisa kamu nikmati di sana, misalnya promo makanannya.

5. Manfaatkan promo dari pembayaran menggunakan kartu kredit

7 Trik Rahasia Berburu Hotel dengan Harga Murah, Gak Bikin Bokek!Unsplash.com/rawpixel

Bank penyedia layanan kartu kredit gak ketinggalan menjadikan kegiatan traveling sebagai sarana promosi. Promo tersebut berlaku dalam banyak bentuk. Ada yang berupa potongan harga selama melakukan pembayaran dengan kartu kredit, sistem point reward dari transaksimu terdahulu yang bisa diakumulasikan menjadi diskon kamar hotel, dan sebagainya. 

6. Pilih kamar tanpa free cancelation

7 Trik Rahasia Berburu Hotel dengan Harga Murah, Gak Bikin Bokek!travelandleisure.com

Kamu pasti sering menemukan kamar hotel dengan pilihan bebas biaya pembatalan kamar atau sebaliknya. Itu bukan sekadar opsi, tapi berpengaruh juga pada harga kamarmu, lho! 

Kamar tanpa fasilitas free cancelation alias yang harus langsung bayar setelah pemesanan, biasanya lebih murah daripada kamar dengan free cancelation. Kalau jeli, harga yang kamu dapat bisa mencapai 20 persen lebih murah.

7. Pilih hotel dengan lokasi strategis

7 Trik Rahasia Berburu Hotel dengan Harga Murah, Gak Bikin Bokek!Unsplash.com/guilhermestecanella

Menyesuaikan lokasi hotel dengan itinerary dan tujuan wisatamu juga penting. Hotel yang cukup jauh dari lokasi wisata biasanya memang punya harga lebih murah daripada yang terletak di sekitar lokasi wisata. 

Tapi perhatikan lagi, apakah ada biaya transportasi yang perlu kamu keluarkan untuk ke sana dan berapa jumlahnya. Kalau ternyata harus bayar transportasi umum yang harganya lebih mahal dari selisih harga hotel, kayaknya hotel pilihanmu perlu diatur ulang.

Semoga tujuh tips di atas bisa membantu ya! Kalau punya tips atau pengalaman lain, jangan lupa bagi di kolom komentar.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] 10 Hotel Murah di Bandung dengan Harga Rp100 Ribuan

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci

Just For You