Comscore Tracker

7 Tips Cegah Mabuk Saat Mudik Melalui Jalur Darat, Gak Bikin Cranky

#MudikAsikIDNTimes Biar sampai tujuan dengan nyaman dan aman

Mudik ke kampung halaman menjadi salah satu momen yang paling ditunggu saat Lebaran. Tapi perjalanan mudik akan terasa menyiksa saat gejala mabuk menyerang, apalagi kalau menempuh jalur darat dalam waktu berjam-jam.

Nah, biar perjalananmu makin nyaman tanpa mengalami mabuk, coba lakukan tujuh tips di bawah ini!

1. Istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan

7 Tips Cegah Mabuk Saat Mudik Melalui Jalur Darat, Gak Bikin CrankyUnsplash.com/bruce mars

Banyak orang yang sengaja begadang supaya bisa tidur lebih lama di perjalanan. Maunya sih bangun-bangun tujuan sudah dekat, tapi hal ini bisa berujung sebaliknya. Saat kurang tidur, tubuh kita bakal jadi lebih lemas dan rentan sakit.

Belum lagi, tidur di dalam kendaraan tentunya tidak terlalu berkualitas jika dibandingkan tidur di atas kasur. Bisa-bisa badan malah terasa makin capek, pusing, hingga gejala mual.

2. Isi perut secukupnya, tidak terlalu kenyang

7 Tips Cegah Mabuk Saat Mudik Melalui Jalur Darat, Gak Bikin CrankyPixabay.com/rawpixel

Selain tidur, kamu juga harus cukup makan saat memulai perjalanan. Idealnya, isi perut terlebih dahulu sekitar 30 menit sampai satu jam sebelum berangkat agar perut tidak kosong.

Tapi, jangan sampai makan berlebihan sampai kekenyangan juga ya. Hal ini justru membuatmu mual, karena makanan butuh waktu lebih lama untuk dicerna, sedangkan isi perut terus berguncang sepanjang perjalanan.

3. Kurangi makanan pemicu mabuk

7 Tips Cegah Mabuk Saat Mudik Melalui Jalur Darat, Gak Bikin CrankyUnsplash.com/Hari Nandakumar

Sejumlah makanan sebaiknya dihindari supaya tidak memicu mabuk perjalanan. Makanan tinggi lemak seperti gorengan akan lebih sulit dicerna, makanan terlalu pedas bisa memicu naiknya asam lambung dan sensasi terbakar dalam perut, hingga makanan berbau tajam seperti durian bisa menstimulasi kita untuk merasa cepat mual.

4. Hindari main gadget terlalu lama

7 Tips Cegah Mabuk Saat Mudik Melalui Jalur Darat, Gak Bikin CrankyUnsplash.com/Oleg Magni

Mabuk kendaraan atau motion sickness bisa terjadi karena sistem keseimbangan di telinga bagian dalam kita terganggu. Salah satunya karena gerakan dan guncangan selama perjalanan yang membuat penglihatan kita sulit fokus.

Hal ini bisa makin parah kalau kamu terus bermain gadget dalam waktu yang lama. Rasa pusing, mual, dan ingin muntah pun tidak terhindarkan.

Baca Juga: 10 Barang yang Harus Ada di Tas Selama Perjalanan Mudik, Makin Seru!

5. Bawa persediaan permen

7 Tips Cegah Mabuk Saat Mudik Melalui Jalur Darat, Gak Bikin CrankyPixabay.com/simisi1

Saat mulai merasa mual, kamu bisa mengecap permen untuk menekan produksi asam lambung. Pilihan permen yang bisa kamu bawa beragam, seperti permen mint, buah-buahan, atau permen jahe. Hindari permen yang terlalu manis seperti cokelat.

6. Letakkan kepala dalam posisi stabil

7 Tips Cegah Mabuk Saat Mudik Melalui Jalur Darat, Gak Bikin CrankyUnsplash.com/Leandro Maldini

Pastikan posisi duduk dan tidurmu nyaman saat berada di dalam kendaraan, terutama bagian kepala. Kalau kamu tidur menyamping terlalu lama, bagian leher dan tengkuk bisa kaku. Usahakan kepala tetap stabil untuk mengurangi guncangan yang memicu rasa mual.

7. Minum obat pereda mabuk

7 Tips Cegah Mabuk Saat Mudik Melalui Jalur Darat, Gak Bikin CrankyPexels/Rawpixel

Selain karena guncangan, mual bisa terjadi karena bawaan apalagi kalau kamu mengidap vertigo. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa minum obat anti mabuk 30 menit sebelum berangkat. 

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah asupan cairan supaya tubuh tak dehidrasi. Saat rasa mual tak tertahankan, lebih baik dimuntahkan daripada ditahan dan membuatmu makin merasa tidak nyaman. Setelahnya, kamu bisa makan makanan ringan dan minum banyak air putih. 

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You