Comscore Tracker

Wisata Murah Meriah Waduk Jatiluhur, Ikuti 6 Tips Ini!

Gak sampai seratus ribu kok biayanya

Informasi sekilas tentang bendungan atau waduk Jatiluhur adalah sebenarnya waduk ini bernama waduk Ir. H. Juanda yang punya luas sekitar 8,3 ha. Jadi gak heran kalo bendungan ini diklaim sebagai bendungan atau waduk terbesar di Indonesia. Pengerjaannya pun memakan waktu kurang lebih 10 tahun sejak 1957 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto tahun 1967.

Selain sebagai pembangkit listrik tenaga air, waduk yang terletak 9 km dari pusat kabupaten Purwakarta ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir di wilayah Karawang, budidaya perikanan, penyedia air untuk sarana irigasi, dan untuk sarana olahraga air dan pariwisata.

Apakah kamu berminat untuk liburan ke sini? Berikut adalah rute dan tips liburan ke Waduk Jatiluhur.

1. Gunakan KA Tanjung Priok - Purwakarta

Wisata Murah Meriah Waduk Jatiluhur, Ikuti 6 Tips Ini!Regina Amalia/IDNTimes

Untuk sampai ke sini dari Jakarta, kamu bisa naik kereta. Pilihlah KA Walahar Ekspres Tanjung Priok - Purwakarta yang merupakan KA lokal. Untuk harga tiketnya Rp6.000 saja.

2. Pilihlah tempat duduk yang nyaman

Wisata Murah Meriah Waduk Jatiluhur, Ikuti 6 Tips Ini!Unsplash/Charlotte

Karena ini merupakan kereta api lokal, jadi kamu harus pandai-pandai memilih tempat duduk. Kereta ini akan banyak melakukan pemberhentian di berbagai stasiun. Bahkan jika di jam-jam pulang kantor, kereta akan penuh dan ada yang berdiri atau tidak mendapatkan tempat duduk. Jadi, pilihlah tempat duduk yang nyaman ya.

3. Kemudian, naiklah angkot tujuan Ciganea

Wisata Murah Meriah Waduk Jatiluhur, Ikuti 6 Tips Ini!Instagram.com/komieoverseas

Dari stasiun Purwakarta kamu harus naik angkot 04 tujuan Ciganea. Setelah naik, jangan lupa untuk berhenti di pertigaan sebelum pertigaan Ciganea. Ongkos angkot ini dikenakan Rp4.000.

Baca Juga: Ini 3 Fakta Unik tentang Simping, Penganan Khas Purwakarta 

4. Lanjutkan perjalanan dengan angkot Jatiluhur

Wisata Murah Meriah Waduk Jatiluhur, Ikuti 6 Tips Ini!Regina Amalia/IDNTimes

Sesampai di pertigaan sebelum terminal, kamu harus menyambung angkot no. 11 menuju Waduk Jatiluhur. Di perjalanan ini kamu akan menemukan banyaknya tikungan dan tanjakan, namun tidak usah khawatir karena angkot-angkot ini sudah terbiasa melintasi jalur tersebut.

Memasuki kawasan Waduk Jatiluhur kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali jika datang bersama angkot. Kamu bisa turun tepat di lokasi Waduk. Tarif angkot Rp5.000 - Rp7.000 per orang. Jika berkenan, berilah tip kepada sopir angkot.

5. Pilihlah spot yang menarik

Wisata Murah Meriah Waduk Jatiluhur, Ikuti 6 Tips Ini!Instagram.com/juhasib

Memasuki kawasan wisata waduk jatiluhur, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang indah. Pepohonan yang hijau dan hamparan rerumputan langsung menyambutmu. Sepoi-sepoi angin juga membuat betah berlama-lama di sini.

Di pinggir waduk terdapat banyak perahu yang dapat kamu sewa jika ingin mengelilingi waduk.

6. Kuliner di sekitar waduk

Wisata Murah Meriah Waduk Jatiluhur, Ikuti 6 Tips Ini!Instagram.com/sopbukanjanda

Tepat berseberangan dengan waduk, ada banyak sekali warung-warung yang menjajakan makanannya. Karena Purwakarta memiliki kuliner khas sate maranggi, tidak ada salahnya jika kamu mencicipinya di sini. Rata-rata harga makanan di sini sekitar Rp25.000 per porsinya.

Nah, itu dia tips wisata murah ke waduk Jatiluhur yang terletak di Purwakarta. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke sini?

Baca Juga: 10 Wisata Waduk Terindah di Indonesia yang Keren Abis, ke Sini Yuk!

Regina Amalia Photo Verified Writer Regina Amalia

@reginaamalia.ra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya