Comscore Tracker

Tips Traveling Aman untuk Backpacker, Selalu Waspada!

Biar travelingmu berjalan lancar dan sesuai rencana

Traveling ala backpacker memang jadi salah satu terbaik untuk menikmati perjalanan. Selain lebih simple dan fleksibel, tentunya dengan cara backpacking ini biaya traveling jauh lebih murah. 

Meskipun lebih simpel, namun tetap saja traveling dengan cara backpacking seperti ini haruslah lebih ekstra waspada. Agar traveling ala backpacker tetap aman dan nyaman, berikut ini beberapa persiapan penting yang harus kamu lakukan sebelum backpacking! 

1. Selalu menulis daftar barang penting yang harus dibawa

Tips Traveling Aman untuk Backpacker, Selalu Waspada!Unsplash.com/@alicekat

List semua barang-barang dan keperluan yang harus kamu bawa, karena dengan begini kamu jadi tahu apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk kamu angkut ke dalam backpackmu. Bila backpack terlalu penuh, beban jadi terlalu berat dan bisa menimbulkan cedera. 

Selain itu, dengan selalu membuat daftar barang bawaan kamu jadi lebih aware. Sehingga kamu tidak akan ketinggalan barang-barang pentingmu. Cukup membuat daftar barang bawaan di notes kecilmu, ketika kamu berkemas cukup check list saja. 

2. Gunakan tas backpack yang kuat dan menunjang keamanan

Tips Traveling Aman untuk Backpacker, Selalu Waspada!Unsplash.com/@michaelbaronr

Pilih tas backpack yang jahitannya kuat. Tidak masalah rasanya jika kamu mengeluarkan uang sedikit lebih mahal untuk membeli backpack yang memiliki kualitas terbaik. Backpack dengan merek terkenal dan kualitas terbaik pastinya memiliki kenyamanan dan sistem keamanan yang memadai untuk traveler. Yang pasti backpack yang kamu miliki harus ada tempat-tempat aman dan rapi untuk penyimpanan barang maupun dokumen.

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Bikin Traveling Jadi Lebih Simpel, Wajib Install!

3. Simpanlah uang tunai di beberapa tempat berbeda

Tips Traveling Aman untuk Backpacker, Selalu Waspada!Unsplash.com/@belart84

Saat traveling jauh ke beberapa tempat, kamu harus pintar dalam menyimpan uang. Jangan pernah menyimpan uang tunai dalam jumlah banyak hanya dalam satu tempat saja. Pisahlah uang tunai yang kamu miliki dan simpan di beberapa tempat berbeda, seperti dompet, tas slingbag, saku di dalam ikat pinggang atau tempat penyimpanan rahasiamu.

Ini adalah cara untuk berjaga-jaga jika kamu kehilangan dompet atau dicopet maka uangmu tidak langsung ludes, namun kamu masih memiliki persediaan uang yang cukup. 

4. Tarik tunai dengan cara cardless di ATM

Tips Traveling Aman untuk Backpacker, Selalu Waspada!Unsplash.com/@johnyvino

Pada saat bepergian ada baiknya kamu jadi lebih berhati-hati saat mengambil uang tunai di ATM. Semakin maraknya kasus penipuan uang dan juga skimming ATM, di mana para pelaku kejahatan sering menempelkan alat scammer di dalam slot tempat memasukkan kartu ATM. Di situlah data-data pentingmu akan direkam sehingga para pelaku ini bisa menguras rekeningmu dalam sekejap. 

Namun untuk antisipasi yang lebih aman, lebih baik kamu menggunakan fitur cardless di ATM melalui BCA mobile. Jadi kamu tidak perlu menggunakan kartu ATM lagi untuk tarik tunai di ATM. 

Cara tarik tunai dengan cardless ini #DibikinSimpel aja. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

  • Buka fitur Cardless di aplikasi BCA mobile pada smartphone-mu
  • Pilih menu "Tarik Tunai", masukkan nominal uang tunai yang akan ditarik
  • Input pin m-BCA milikmu dan dapatkan 6 digit kode transaksi
  • Cari mesin ATM BCA terdekat, lalu pilih menu "Transaksi Tanpa Kartu"
  • Masukkan nomor HP BCA Mobile-mu & 6 digit kode transaksi
  • Ambil uang dari mesin ATM, selesai deh!

Tentu saja dengan menggunakan fitur Cardless ini kamu akan terhindar dari skimming, di mana modus pencurian uang ini seringkali terjadi di mesin ATM. Hanya dengan 6 digit kode transaksi yang hanya kamu dapatkan dari smartphone pribadimu kamu bisa tarik tunai. Karena itu kamu bisa mulai #JoinGenerasiSimpel dengan menggunakan fitur cardless BCA. #JoinGenerasiSimpelIDN dan BCA sekarang agar travelingmu semakin aman!

5. Simpan dokumen-dokumen penting dalam bentuk softcopy

Tips Traveling Aman untuk Backpacker, Selalu Waspada!Unsplash.com/@bady

Selalu copy data atau dokumen identitas pentingmu ke dalam softcopy dan simpan di cloud storage. Dokumen penting seperti KTP, paspor, buku nikah (jika sudah menikah), kartu mahasiswa/pelajar, atau tanda pengenal lainnya wajib untuk kamu simpan. Terlebih lagi jika kamu mengunjungi daerah-daerah yang sangat pelosok maupun ke luar negeri. 

File softcopy ini akan sangat penting jika kamu kehilangan kartu identitas seperti KTP, paspor atau kartu pelajar pada saat perjalanan. Sehingga jika ditanya oleh petugas atau pihak keamanan kamu masih bisa menunjukkan kartu identitasmu untuk sementara waktu. 

Baca Juga: Jadi Nasabah Cerdas, Yuk Hindari Modus Penipuan dengan 5 Cara Ini!

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya