Comscore Tracker

7 Oleh-oleh Asli Afrika Selatan yang Wajib Kamu Bawa ke Tanah Air

Teman dan kerabat dijamin suka

Bagi sebagian orang berwisata ke Afrika Selatan terdengar kurang "wah" jika dibandingkan dengan negara-negara lain di benua Eropa karena beberapa alasan, seperti cuaca yang sangat panas, banyak binatang liar, jumlah hotel yang sedikit dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pendapat tersebut tidak semuanya salah, juga tidak semuanya benar. Banyak binatang liar berkeliaran bukan berarti penduduk setempat juga memelihara singa dan harimau di dalam rumah, lho. Lagipula jumlah hotel di negara yang mendapat julukan "The Rainbow Country" atau negeri pelangi ini juga sudah cukup banyak dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Pokoknya jangan ragu lagi untuk menjelajahi semua tempat wisata di Afrika Selatan seperti Cape Town, Johannesburg, Taman Nasional Kruger, Durban dan lain-lain.

Eits, tapi setelah asyik berlibur jangan sampai kamu menyesal karena melupakan 7 oleh-oleh penting khas Afrika Selatan seperti berikut ini, ya. Oleh-oleh tersebut sangat unik dan tentu saja tidak akan pernah kamu temukan di tempat lainnya. 

1. Vuvuzela

7 Oleh-oleh Asli Afrika Selatan yang Wajib Kamu Bawa ke Tanah Airbleedcubbieblue.com

Vuvuzela cukup menarik untuk dibeli sebagai barang cendera mata. Vuvuzela merupakan alat musik khas Afrika Selatan yang berbentuk seperti tanduk dan terbuat dari bahan plastik. Vuvuzela tersedia dalam beragam warna yang cerah nan unik.

Cara memainkan alat musik ini sangat mudah. Kamu hanya tinggal meniupnya saja lalu akan terdengar suara yang sangat keras dan memekakkan telinga. Tidak sulit mencari Vuvuzela karena alat musik ini banyak tersedia di beberapa toko souvenir di Capetown dengan harga sekitar Rp40.000 per buah. 

2. Koeksister

7 Oleh-oleh Asli Afrika Selatan yang Wajib Kamu Bawa ke Tanah Airchipperandcheeky.com

Membawa oleh-oleh berupa makanan khas juga tidak ada salahnya lho, guys. Contohnya si koeksister. Makanan yang bentuknya terlihat mirip donat ini rasanya manis karena di dalamnya diberi cairan seperti madu. Koeksister dimasak dengan cara digoreng yang pastinya akan membuat bagian luarnya terasa sangat renyah. Sudah terbayang kan bagaimana kelezatannya?

Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp50.000 saja sudah bisa mendapatkan koeksister untuk dua orang. Worth it, deh. Kalau kamu berniat membeli koeksister dalam jumlah yang cukup banyak, datang saja ke Bibi's Kitchen di Wynberg. 

3. Biltong

7 Oleh-oleh Asli Afrika Selatan yang Wajib Kamu Bawa ke Tanah Air800biltong.myshopify.com

Biltong merupakan dendeng khasnya orang Afrika Selatan. Makanan ini tergolong unik karena cara membuatnya hanya dengan digantung dan dikeringkan di udara saja tanpa perlu dijemur ataupun diasap seperti pada umumnya.

Namun, butuh waktu sekitar 20 hari untuk membuatnya empuk dan siap dimakan. Biltong banyak dijual di toko The Butcher Man di daerah Capetown dengan harga mulai dari Rp50.000.

Baca Juga: Musisi Jazz Afrika Selatan Memainkan Gitar Saat Sedang Operasi Otak

4. Souvenir khas

7 Oleh-oleh Asli Afrika Selatan yang Wajib Kamu Bawa ke Tanah Airflickr.com

Souvenir merupakan barang umum yang selalu diborong sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke negara lain dan tentu saja souvenir-souvenir tersebut memiliki keunikan sendiri-sendiri. Seperti souvenir khas Afrika Selatan ini identik dengan binatang-binatang, bangunan terkenal di Afrika Selatan dan sebagainya. 

Bentuk dan desain souvenir pun dibuat bervariasi, mulai dari gantungan kunci, magnet, tas hingga sandal. Jika kamu berniat memborongnya, datanglah ke toko Cambanos di Myrand.

5. Melktert

7 Oleh-oleh Asli Afrika Selatan yang Wajib Kamu Bawa ke Tanah Airmymatzikama.com

Melktert jika di Indonesia memiliki persamaan dengan Tart Susu. Melkter pada dasarnya merupakan pastry manis yang terbuat dari susu dan telur lalu dicampur dengan tepung dan gula. Rasa melktert didominasi oleh rasa susu.

Harga yang harus kamu bayar untuk bisa membeli melktert adalah sekitar Rp150.000 dan kamu sudah bisa mendapatkan dua porsi. Melktert banyak tersedia di semua toko kue di Capetown.

Itu lah 5 oleh-oleh khas Afrika Selatan yang wajib kamu beli. Semuanya terlihat sangat unik, bukan? Sebaiknya mulai pikirkan apa yang ingin kamu beli mulai dari sekarang, deh. 

Baca Juga: Jadi Latar Film Black Phanter, Ini 7 Wisata Terbaik Afrika Selatan

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya