Comscore Tracker

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!

Khas banget dan harganya pun terjangkau #IDNTimesTravel

Mahakam Ulu merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Timur dengan Ujoh Bilang sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten ini populer dengan beragam destinasi wisata alam yang indah dan aneka kuliner khas lezat yang menggugah selera.

Puas menjelajahi Mahakam Ulu jangan lupa juga membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, ya. Kira-kira ada apa saja rekomendasinya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Batu mulia

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!batu mulia (instagram.com/newgemshobby)

Mahakam Ulu merupakan pusat pengrajin batu mulia. Kamu bisa menemukan berbagai macam bentuk batu yang telah diubah menjadi aksesori, mulai dari kalung hingga cincin. 

Terdapat dua jenis batu mulia yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh. Yang pertama, batu mulia masak. Batu ini terbuat dari bahan campuran yang kemudian diukir hingga terlihat lebih cantik. Sementara yang kedua adalah batu alami yang berasal dari alam dengan keindahan yang memikat.

2. Sampe

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!sampe (instagram.com/wildsampe)

Sampe merupakan salah satu alat musik tradisional Mahakam Ulu yang dimainkan dengan cara dipetik seperti gitar. Bedanya alat musik ini memiliki gagang yang lebih pendek dan badan yang panjang. Senarnya terbuat dari serat pohon enau dan pada bagian ujungnya dihiasi dengan ukiran kepala burung enggang. Oleh-oleh ini akan bisa kamu temukan di daerah lain. 

3. Bingka kentang

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!bingka kentang (instagram.com/debbieyuliandewi)

Bukan hanya barang, kamu juga bisa beli makanan. Salah satunya bingka kentang. Seperti namanya, kue tradisional ini bahan dasarnya berasal dari kentang. Bentuknya menyerupai mahkota bunga. Bingka kentang memiliki tektur lembut dengan cita rasa gurih yang lezat.

4. Kue akar sampai

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!kue akar sampai (instagram.com/dunia.etam)

Termasuk ke dalam jenis kue kering, kue akar sampai berbentuk menyerupai akar kelapa. Kue asal Mahakam Ulu ini lebih khas karena terbuat dari kelapa yang khusus tumbuh hanya di area tersebut.

Kelapa khas Mahakam Ulu dikenal dengan rasanya yang lebih nikmat. Hal ini tentu memengaruhi cita rasa kue akar sampai. Kue itu jadi lebih manis dan gurih. 

Baca Juga: 6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

5. Onde-onde ubi ungu

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!onde-onde ubi ungu (Instagram.com/fdyaning)

Jika biasanya onde-onde terbuat dari tepung, di Mahakam Ulu, kue tradisional ini dibuat dari ubi ungu. Tak lupa pula dengan menggunakan wijen hitam atau dicampur dengan wijen putih. Cita rasanya lezat dan nikmat. Isian yang digunakan juga bermacam-macam, seperti keju, cokelat, kacang hijau, dan lain-lain.

6. Keripik ubi jalar

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!keripik ubi jalar (instagram.com/naesnacks)

Keripik ini terbuat dari ubi jalar yang khusus diperoleh dari hutan di Mahakam Ulu. Ubi tersebut selanjutnya diiris tipis, dibumbui, lalu digoreng hingga kering dan matang. Cita rasa asinnya dipadukan dengan aroma bawang yang gurih. Tak hanya lezat, keripik ubi juga kaya dengan kandungan gizi dan nutrisi.

7. Kerupuk amplang

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!kerupuk amplang (instagram.com/guniezzt)

Khas Kalimantan banget, kerupuk amplang umumnya terbuat dari ikan pipih yang dihaluskan dan dicampur adonan untuk kemudian digoreng kering. Cita rasanya jauh lebih gurih dan nikmat dibandingkan dengan kerupuk amplang yang terbuat dari ikan tenggiri.

8. Roti mantau

8 Oleh-oleh Khas Mahakam Ulu, Gak Afdal Kalau Gak Beli!Roti mantau (instagram.com/pakdedody)

Roti mantau dibuat dengan cara digoreng hingga kering. Teksturnya  sangat renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Cara menyantap roti mantau adalah dengan dicocol menggunakan saus lada hitam atau saus balado.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Mahakam Ulu yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki ya.

Baca Juga: 7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya