Comscore Tracker

Mudik Pakai Motor? Ini 5 Tips Biar Perjalananmu Nyaman dan Aman

#MudikAsikIDNTimes Jangan sampai ada yang terlupa ya

Mudik menjadi hal wajib yang dilakukan para perantau. Layaknya ibadah, para perantau rasanya akan berdosa jika absen pulang kampung. Masalahnya, kita seringkali dihadapkan dengan kenyataan kehabisan tiket kereta atau bis.

Sedangkan, tiket pesawat mahal. Apalagi, tak semua wilayah memiliki bandar udara. Tak perlu sedih, kamu tetap bisa mudik dengan menggunakan sepeda motor. Tapi, kamu tetap harus mempertimbangkan beberapa hal supaya perjalananmu aman dan nyaman.

Tips berikut bisa kamu terapkan supaya mudikmu lancar, apa saja?

1. Cek keadaan motor secara keseluruhan

Mudik Pakai Motor? Ini 5 Tips Biar Perjalananmu Nyaman dan AmanThoughtCo

Sebelum membawanya keluar kota, kamu harus mengecek kondisi sepeda motor secara keseluruhan. Kamu juga harus memasukkannya ke bengkel untuk diservis. Pengecekan dimuai dari kebersihan mesin, penggantian oli, rantai, ban, rem, spion, dan komponen lainnya. Pastikan tak ada sedikit pun masalah pada sepeda motormu supaya mudik lancar dan aman.

2. Jangan membawa banyak barang

Mudik Pakai Motor? Ini 5 Tips Biar Perjalananmu Nyaman dan AmanUnsplash.com/Austin Distel

Alih-alih efisiensi, pengendara seringkali melupakan fungsi sepeda motor. Mereka membebaninya dengan banyak barang atau membonceng lebih dari satu orang. Ada pula yang membawa boncengan satu orang dewasa dan dua anak-anak.

Hal ini akan membahayakan pengendara itu sendiri dan orang lain lho. Sebaiknya kamu tetap membawa barang secukupnya, misalnya hanya 1-2 tas ransel. Apalagi kalau perjalananmu membutuhkan waktu lebih dari lima jam.

3. Pakai helm full face, meskipun berat

Mudik Pakai Motor? Ini 5 Tips Biar Perjalananmu Nyaman dan Amanpexels.com

Males pake helm full face karena berat? Itu alasan sebagian orang yang tidak memperhatikan keselamatan. Helm full face lebih aman dibanding helm biasa karena dapat melindungi bagian kepala kamu secara keseluruhan, terutama bagian dagu ketika terjatuh. Jadi, jangan abaikan keselamatan kepalamu ya.

4. Persiapkan seluruh elemen perlindungan tubuhmu

Mudik Pakai Motor? Ini 5 Tips Biar Perjalananmu Nyaman dan Amanwartawanita.com

Selama berpergian, jangan pernah lupakan jaket tebal untuk melindungi tubuhmu dari bahaya angin. Bila tidak, kamu bisa terserang masuk angin, hingga penyakit serius lainnya dalam jangka panjang. Kamu juga harus mempersiapkan jas hujan, sarung tangan, hingga masker. Perjalanan nyaman, mudik pun lancar. 

5. Persiapkan fisik dan jangan lupa berdoa

Mudik Pakai Motor? Ini 5 Tips Biar Perjalananmu Nyaman dan Amanpexels.com

Jika merasa fisik belum siap menempuh perjalanan jauh untuk mudik, lebih baik kamu urungkan niat. Jangan memaksakan diri untuk tetap mudik dengan kondisi kesehatan yang kurang fit. Hal ini akan membahayakan keselamatanmu.

Jika kondisi sudah bugar, kamu bisa mengawalinya dengan doa. Kamu juga diwajibkan beristirahat, minimal satu jam, di tengah perjalanan. Tujuannya untuk memulihkan kesegaran tubuhmu.

Sudah siap mudik, guys? Semoga perjalananmu aman dan lancar sampai tujuan ya!

uniQue Photo Community Writer uniQue

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Dewi Suci
  • Pinka Wima

Just For You