Comscore Tracker

Selain Menawar, Ini 6 Tips Jitu Berbelanja di Korea Selatan 

Untuk pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan hemat 

Satu hal yang tak boleh terlewatkan saat sedang liburan adalah berbelanja. Bisa dibilang, skill utama yang dibutuhkan untuk berbelanja adalah menawar. Namun, ada hal-hal lainnya yang tak kalah penting saat berbelanja selain menawar. 

Nah, kali ini ada info sejumlah tips berbelanja di Korea Selatan yang merupakan negara terfavorit untuk berbelanja karena harga barangnya yang relatif terjangkau dan sangat bervariasi. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk simak! 

1. Pilih lokasi yang tepat

Selain Menawar, Ini 6 Tips Jitu Berbelanja di Korea Selatan Straitstimes.com

Ada begitu banyak shopping street  di Korea Selatan, terutama di Seoul. Oleh karena itu, sesuaikan kebutuhan belanja kalian dengan shopping street yang ada. Contohnya, jika kalian ingin belanja produk skincare dan kosmetik, maka Myeongdong, Lotte, dan Ewha Woman’s University Shopping Street adalah pilihan yang tepat. 

Jika kalian ingin berbelanja baju dengan harga terjangkau, maka kalian dapat singgah di Namdaemun, Dongdaemun, serta Gangnam Terminal Underground Shopping Centre. Kalian juga dapat menemukan banyak pilihan kerajinan dan suvenir khas Korea di Samcheongdong dan Insadong. 

2. Berbelanja di waktu yang tepat

Selain Menawar, Ini 6 Tips Jitu Berbelanja di Korea Selatan Nowjakarta.co.id

Kalau gak nyaman berbelanja berdesakan, kalian bisa datang lebih awal sat toko baru buka. Rata-rata shopping street Korea buka pukul 10-11 pagi dan akan semakin ramai setelah pukul 12, terutama di akhir pekan. 

Namun, jika kalian merasa tak masalah dengan keramaian, kalian dapat berpartisipasi dalam Korea Grand Sale, festival pariwisata tahunan yang dikhususkan untuk wisatawan dan orang asing di Korea Selatan. Korea Grand Sale berlaku untuk tiket penerbangan, akomodasi, restoran, serta tempat wisata dan hiburan. 

Korea Grand Sale yang selanjutnya akan diadakan dari tanggal 17 Januari sampai 28 Februari 2020 di Seoul. 

3. Meminta bonus

Selain Menawar, Ini 6 Tips Jitu Berbelanja di Korea Selatan Creatrip.com

Meminta barang bonus saat berbelanja adalah hal yang umum dilakukan di shopping street Korea jika kalian berbelanja dalam jumlah yang cukup banyak. Misalnya, kalian dapat meminta bonus kaos jika kalian membeli banyak baju atau meminta bonus gantungan kunci jika kalian telah membeli 10 atau lebih gantungan kunci. 

Baca Juga: Kantong Belanja di H&M Singapura Tak Lagi Gratis, Segini Harganya

4. Melakukan tax refund

Selain Menawar, Ini 6 Tips Jitu Berbelanja di Korea Selatan Visitkorea.or.id

Di beberapa toko, kalian dapat melakukan klaim pajak dengan menunjukkan paspor atau nomor penerbangan kalian di kasir. Setelah itu, kalian akan diberikan struk belanja beserta slip untuk melakukan tax refund. Refund biasanya dapat dilakukan jika kalian berbelanja di atas 30 ribu KRW atau setara dengan Rp355 ribu. 

Slip tersebut lalu dapat kalian tunjukkan di departure floor di Bandara Internasional Incheon beserta paspor dan struk belanja. Pajak yang dikembalikan dapat kalian terima dalam bentuk tunai atau melalui kartu. Untuk barang dengan harga lebih dari 1 juta KRW (Rp11,8 juta), kalian wajib menunjukkannya di bea cukai. 

5. Jangan terlalu lama berada di satu toko

Selain Menawar, Ini 6 Tips Jitu Berbelanja di Korea Selatan Travelvui.com

Agar kalian memperoleh barang yang terbaik, hindari berlama-lama di satu toko. Kalian harus menjelajahi toko-toko di sepanjang shopping street agar kalian dapat membandingkan kualitas dan harga barang di sebuah toko dengan toko lainnya. Kalian juga harus mencoba untuk menjelajahi toko lain selain toko favorit kalian. 

6. Menyewa loker

Selain Menawar, Ini 6 Tips Jitu Berbelanja di Korea Selatan Bwamgosh.com

Di lokasi seperti Myeongdong, kalian dapat menemukan tempat penyewaan loker di stasiun subwaynya. Semakin pagi kalian tiba, maka semakin mudah pula kalian menemukan loker kosong. 

Oh ya, perlu kalian ketahui bahwa setiap kali kalian membuka loker ini, kalian harus membayar lagi untuk dapat menguncinya. Jadi, untuk menghemat biaya sewa, pastikan kalian sudah berbelanja dalam jumlah banyak sebelum menitipkannya. 

Buat kamu yang berkunjung ke Korea Selatan untuk menikmati wisata belanjanya, bisa terapkan tips-tips di atas ya.

Baca Juga: 7 Spot Wisata Belanja di Hong Kong, Murah Meriah!

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You