Comscore Tracker

Ingat, 7 Benda Ini Jangan Sampai Masuk Koper Ketika Akan Travelling

Jangan sampai semua keperluanmu masuk dalam koper

Ada beberapa benda yang harusnya jangan sampai kamu masukkan ke dalam bagasi karena miliki risiko yang tidak diinginkan seperti rusak, hilang ataupun tercecer ketika dimasukkan ke dalam pesawat. Kamu pun jadi tidak tahu bagaimana keadaan barangmu.

Namun beberapa traveler kebanyakan lebih memilih menyimpan barang bawaan di dalam bagasi ketimbang kabin pesawat, alasannya agar mereka tidak mau repot dengan banyak bawaan.

Berikut ini 7 benda yang harus kamu hindari untuk disimpan di koper bagasi.

1. Paspor dan dokumen penting

Ingat, 7 Benda Ini Jangan Sampai Masuk Koper Ketika Akan TravellingPixabay.com/cytis

Paspor serta boarding pass adalah benda yang sangat penting. Paspor merupakan identitas seseorang ketika traveling ke luar negeri. Jika hilang bisa-bisa kamu dianggap imigran gelap oleh keamanan negara tujuan.

Sama seperti paspor, jika membawa dokumen penting lain, jangan letakkan di dalam bagasi. Karena saat kamu akan melakukan chek-in ulang pasti disuruh untuk menunjukkan kartu identitas. Simpan saja di dalam tas atau ransel.

2. Perhiasan

Ingat, 7 Benda Ini Jangan Sampai Masuk Koper Ketika Akan TravellingPixabay.com/kropekk_pl

Benda selanjutnya yang sebaiknya tidak di simpan dalam bagasi adalah perhiasan. Pihak maskapai tidak ada menjamin keamanan barang berharga dalam koper yang diletakkan di bagasi.

Menyimpan barang dalam bagasi bukan berarti semua barang-barangmu berada di tempat yang aman. Selalu saja ada peluang untuk orang jahil untuk mengambil barang kita.

3. Uang tunai maupun kartu kredit

Ingat, 7 Benda Ini Jangan Sampai Masuk Koper Ketika Akan TravellingPixabay.com/analogicus

Ini juga sangatlah penting, Kartu kredit dan uang tunai penting sekali untuk melakukan segala pembayaran keperluan selama perjalanan. Jika menyimpan di dalam bagasi, tentu kamu akan kesulitan apalagi uang yang kamu bawa hanya sedikit.

Lebih baik simpan semua uang tunai maupun kartu kredit di tas ataupun ransel untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pulau Sabu di NTT Wajib Masuk Bucket List Traveling-mu

4. Laptop dan gadget

Ingat, 7 Benda Ini Jangan Sampai Masuk Koper Ketika Akan TravellingPisabay.com/pexels

Laptop maupun gadget merupakan barang yang sangat sensitif. Tentu kamu tidak pernah tahu bagaimana cara petugas maskapai memasukkan koper atau benda lain ke dalam bagasi. Bisa diletakkan dengan pelan-pelan, bisa juga dilempar-lempar.

5. Obat-obatan dan vitamin

Ingat, 7 Benda Ini Jangan Sampai Masuk Koper Ketika Akan TravellingPixabay.com/ds_30

Kamu tidak pernah tahu apa yang nanti akan terjadi di dalam pesawat. Jika memiliki penyakit atau alergi tertentu, sebaiknya jangan menyimpan obat di dalam koper bagasi. Ini karena kamu tidak akan bisa mengambilnya jika tiba-tiba memerlukan obat saat dalam keadaan darurat.

6. Barang mudah pecah

Ingat, 7 Benda Ini Jangan Sampai Masuk Koper Ketika Akan TravellingPixabay.com/alexas_fotos

Sama seperti laptop dan barang elektronik, barang pecah belah sangatlah berisiko jika menyimpan barang pecah belah di dalam bagasi. Meski telah diberi stiker 'Fragile', ini tidak akan menjamin barangmu akan keluar dari bagasi dengan selamat. Jadi sebaiknya bawa saja dalam kotak khusus yang kecil untuk disimpan dalam kabin.

7. Negatif film

Ingat, 7 Benda Ini Jangan Sampai Masuk Koper Ketika Akan TravellingPixabay.com/skitterphoto

Yang punya hobi fotografi dan masih menggunakan negatif film, sebaiknya hindari menyimpan benda ini dalam bagasi. Negatif film bisa rusak bila melewati sinar X. Oleh karena itu, simpan saja dalam tas dan keluarkan ketika akan melalui pemeriksaan sinar X.

Itulah beberapa benda yang harusnya jangan kamu masukkan ke dalam koper saat akan travelling demi menjaga keamanan barang-barang kesayanganmu.

Baca Juga: 5 Jenis ‘Traveling’ Ini Tetap Physical Distancing Lho, Sudah Coba?

yunissa cesariyanti Photo Verified Writer yunissa cesariyanti

Pemula yang berusaha menjadikan Profesi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya