Comscore Tracker

Meski Genting, Jangan Gunakan Lampu Hazard Saat 5 Momen Ini

#AutakAtik Sering disalahgunakan nih!

Setiap mobil pasti dilengkapi dengan lampu hazard yang berguna untuk memberikan tanda kepada pengemudi di sekitarnya agar waspada. Fitur ini sering disalahgunakan oleh pengemudinya. Padahal lampu hazard ini memiliki ketentuan tersendiri kapan waktu yang diperbolehkan untuk diaktifkan.

Saat ini banyak pengendara yang menyalakan lampu hazard meski sedang dalam kondisi tak mendesak. Berikut lima momen yang sebaiknya tak menyalakan lampu hazard!

1. Ketika konvoi

Meski Genting, Jangan Gunakan Lampu Hazard Saat 5 Momen Iniyoutube.com/Code3Paris

Peristiwa ini sering kita temukan pada iring-irigan pejabat maupun selebritis yang menggunakan lampu hazard. Meski sudah dikawal oleh pihak yang berwajib, tindakan ini sebaiknya tak dilakukan karena membuat pengemudi lainnya terganggu dengan sinar yang dipancarkan.

2. Saat hujan lebat

Meski Genting, Jangan Gunakan Lampu Hazard Saat 5 Momen Iniautotrader.com

Jarak pandang yang terbatas, terkadang membuat mayoritas pengemudi memilih jalan pintas dnegan menyalakan lampu hazard. Pancaran sinar yang berpadu dengan air hujan akan membuat pengemudi yang beada di belakang kendaraanmu akan terganggu pandangannya. Berbahaya bukan?

Baca Juga: Ini Lho Alasannya Kenapa Mobil Bergerak Lambat Setelah Lampu Merah!

3. Cuaca berkabut

Meski Genting, Jangan Gunakan Lampu Hazard Saat 5 Momen Inicisinsagency.com

Situasi ini biasanya dialami oleh pengemudi saat pagi buta. Meski kondisi di laur mobil tidak mendukung, tak perlu mengaktifkan lampu hazard. Kamu cukup menggunakan foglamp sehingga membuat pandangan lebih jernih.

4. Kecepatan penuh

Meski Genting, Jangan Gunakan Lampu Hazard Saat 5 Momen Initheverge.com

Kebiasaan pengemudi berkecepatan tinggi ialah mengandalkan lampu hazard. Terutama saat orang lain sedang menyeberang jalan. Tindakan menyalakan lampu hazard hanya akan membuat orang terganggu pengliahatannya.

5. Di terowongan

Meski Genting, Jangan Gunakan Lampu Hazard Saat 5 Momen Iniyoutube.com/ttammcnally

Beberapa jalan di ibukota memiliki akses terowongan, sehingga membuat kondisi sekitar terasa gelap. Kondisi ini membuat banyak pengendara yang menyalan lampu hazard meski hanya sementara. Kamu hanya peru menyalakan lampu utama agar pandangan di depan tidak bias.

Itu dia lima momen yang harus kamu hindari ketika memutuskan untuk menyalakan lampu hazard. Saling menghargai ketika berkendara akan membuat lalu lintas aman dan lancar.

Baca Juga: 7 Tipe Pengendara Motor Saat Terjebak Lampu Merah, Kamu Banget Deh

AKbar Photo Verified Writer AKbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya