Comscore Tracker

Mengenal Mahindra Thar, SUV yang Diduga Plagiat Jeep 

Mobil offroad berkedok SUV!

Jeep sudah menjadi angan-angan para pria untuk memilikinya. Sayangnya harga tidak mau bersahabat sehingga terpaksa cari alternatif lain, deh. Biasanya orang bakal beralih ke Jimny karena bisa memberi sensasi offroad dengan harga lebih terjangkau.

Setelah tau mobil ini, kalian bakal menganggap mobil Jeep ataupun Jimny kemahalan. Mobil itu adalah Mahindra Thar, mobil dari India. Brand Mahindra kurang terkenal kalau di Indonesia tapi di India sangat terkenal.

Mahindra juga digadang-gadang bisa merebut pasar SUV Indonesia. Apa bisa ya? Supaya lebih tahu, simak spesifikasi mobil Mahindra Thar ini, yuk! 

1. Eksterior gagah 

Mengenal Mahindra Thar, SUV yang Diduga Plagiat Jeep Mahindra Thar (newsbeed.com)

Mobil ini termasuk jenis SUV yang kental dengan karakter offroad. Selain fungsi, desainnya juga menarik. Bicara soal desain, Mahindra sangat mirip dengan Jeep. Perbedaan paling menonjol terletak pada gril yang sedikit berbeda.

Dulunya sempat terjadi konflik antara Jeep dan Mahindra. Mahindra diduga mengambil hak cipta dari Jeep. Sampai-sampai Jeep melaporkan pada Federal Car of Australia.

Jeep berupaya supaya mobil produksi Mahindra tidak masuk ke Australia. Singkat cerita, kedua pihak bisa berdamai dan Mahindra Thar sekarang bisa dijual kembali.

2. Interior berlimpah fitur 

Mengenal Mahindra Thar, SUV yang Diduga Plagiat Jeep Mahindra Thar (youtube.com/NHIS)

Sebagai mobil offroad, Thar dilengkapi fitur yang spesial. Bisa dilihat dari panel instrumen yang menampilkan informasi untuk menunjang keperluan offroad. Semua material sudah dirancang anti air. Head unit dan power window juga dikemas seaman mungkin.

Thar sudah dilengkapi sistem EBS dan berhubung ini mobil offroad, jadi tidak heran jika mempunya approach angle 41,8 derajat dan departure angle 38,6 derajat. Hebatnya, Thar mampu berjalan meski terendam air hingga 650 mm sekalipun.

Dari segi konfigurasi kursi, Thar bisa dibilang lebih unggul karena menyediakan dua tipe jok belakang. Ada yang meghadap depan dan ada yang saling berhadapan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kebanyakan Cowok Menjadikan Jip Sebagai Dream Car

3. Dimensi 

Mengenal Mahindra Thar, SUV yang Diduga Plagiat Jeep Bodi Mahindra Thar (youtube.com/NHIS)

Layaknya Jeep, mobil ini juga berukuran besar. Dimensi dari mobil ini panjangnya 3985 mm, lebar 1820 mm, dan tinggi 844 mm. Ground clearance dari mobil ini sampai 226 mm. Sumbu roda belakang dilengkapi sistem mechanical locking differential.

4. Dapu pacu 

Mengenal Mahindra Thar, SUV yang Diduga Plagiat Jeep Gril Mahindra Thar (youtube.com/NHIS)

Thar hadir dalam dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel. Untuk mesin bensin berkapasitas 1997cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 150 HP dan torsi puncak 300 Nm.

Sementara tipe mesin diesel mengusung mesin 2184cc. Dengan kapasitas lebih besar, tentu tenaga juga lebih besar. Tenaga mencapai 130 HP dan torsi puncak 300 Nm. Kedua mesin sudah dipadukan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis. Khusus varian termahal dilengkapi torsi converter.

5. Harga jauh lebih murah 

Mengenal Mahindra Thar, SUV yang Diduga Plagiat Jeep Mahindra Thar (youtube.com/NHIS)

Harga Mahindra di tanah air berkisar Rp238 juta untuk tipe terendah. Tipe tertinggi bisa mencapai Rp252 juta. Sensasi yang didapat dari mobil ini akan berbeda dibanding mobil biasa. Yang mulanya hanya bisa dirasakan ketika naik Jeep kini bisa dirasakan di Mahindra Thar.

 

Dengan harga yang lebih terjangkau, mobil ini layak untuk dimiliki kamu yang suka offroad dan mengerti arti dari sebuah kegagahan. Layaknya Jeep namun murah meriah!

Baca Juga: Mobil-mobil KW Ini Desainnya Mirip Banget Aslinya

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya