TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Penyebab Kenapa Mesin Mobil Mendadak Mati di Rel Kereta

Bahaya banget kalau sampai mati di tengah rel

Perlintasan kereta api di Kecamatan Talun kini dilengkapi relawan penjaga, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Jakarta, IDN Times - Sebuah truk kontainer mendadak mogok di perlintasan kereta api di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2023) malam. Akibatnya truk tersebut langsung dihajar kereta hingga ringsek.

Mesin mobil mendadak mati di perlintasan kereta bukan kali ini saja terjadi. Beberapa kasus serupa pernah terjadi sebelumnya. Lalu apa penyebab kenapa mesin mobil mendadak mati saat melintas di rel kereta?

1. Penjelasan LIPI soal mobil mendadak mogok di rel kereta api

Mengutip beberapa sumber, Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia) menyampaikan di rel kereta terdapat emisi elektromagnetik.

Artinya ada kabel penghantar arus listrik yang terpasang dan dikatakan kabel tersebut tidak kompatibel dengan mesin mobil. Apalagi jika kereta api akan melintas di jarak sekitar 600 meter, arus listrik tersebut kemudian menghantarkan medan magnet yang tinggi.

Baca Juga: Tips Aman Melewati Perlintasan Kereta Api Buat Biker

2. Bisa membuat ECU bermasalah

KA Brantas tabrak truk tronton yang mogok di perlintasan kereta api jembatan Madukoro Semarang, Selasa (18/7/2023). (Dok Polda Jateng)

Medan magnet tersebut yang membuat putaran mesin mobil tiba-tiba mati saat melintas di atas rel kereta api. Jadi, saat ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas.

Paparan emisi tersebut lah yang membuat sistem kelistrikan benda lain bisa mati, termasuk Electronic Control Unit (ECU) yang merupakan 'otak' sebuah mobil. Dengan begitu, mobil bisa langsung mogok secara mendadak.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya