TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Mudah, Dijamin Ampuh!

Lakukan dengan hati-hati 

ilustrasi interior mobil (pexels.com/Hadi Slash)

Menjaga kebersihan plafon mobil sangatlah penting, sebab dapat memengaruhi tampilan dan kenyamanan. Kebersihan plafon juga dapat mencegah bau tak sedap, membantu pemeliharaan nilai kendaraan, hingga mencegah kerusakan.

Pemeliharaan kebersihan plafon juga dapat menjadi langkah pencegahan terhadap tumbuhnya jamur atau bakteri. Nah, bagiamana cara membersihkan plafon mobil yang tepat? Begini langkahnya. 

1. Menggunakan kain microfiber

ilustrasi kain microfiber (commons.wikimedia.org)

Langkah pertama cara membersihkan plafon mobil adalah dengan mempersiapkan kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan air. Pastikan kain tersebut tidak terlalu basah dan peraslah agar tidak ada air yang menetes.

Menggunakan kain yang terlalu basah dapat membuat plafon mobil menjadi lembap. Hal ini juga dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri yang bisa merusak dan menyebabkan bau pada mobil.

2. Usap pada bagian yang kotor

ilustrasi jok mobil (pexels.com/Mike Bird)

Setelah membasahi kain dengan air, kamu perlu mengusapkannya secara lembut pada bagian plafon yang kotor. Hal ini dilakukan agar bahan plafon tidak rusak atau sobek. 

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Filter AC Mobil dengan Mudah, Simak Yuk!

3. Gunakan cairan pembersih khusus

ilustrasi cairan pembersih (homecare24.id)

Jika ada noda membandel pada plafon mobil, kamu dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk menghilangkannya. Namun, jangan menggunakannya dengan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke plafon mobil, ya. Baiknya, tuangkan cairan pembersih pada kain yang telah dibasahi. Kemudian, usapkan kain pada area yang terdapat noda. Dengan cara ini, kamu dapat menghindari risiko cairan pembersih yang berlebihan dan melindungi bahan plafon agar tidak rusak. 

4. Bersihkan kotoran secara searah

ilustrasi interior mobil (unsplash.com/Philipp Katzenberger_)

Selain itu, saat membersihkan kotoran pada plafon mobil, disarankan untuk menggosok kain dengan lembut dan mengikuti arah serat plafon. Hal ini bertujuan untuk menjaga serat plafon tetap rapi dan mencegah kerusakan yang cepat. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya