Comscore Tracker

Mobil Diesel Lebih Tahan Banjir? Cek Faktanya di Sini

Mobil diesel modern kini sama dengan mobil bensin

Jakarta, IDN Times - Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir membuat banyak orang cemas. Sebab banjir bisa setiap datang. Hujan juga bisa membuat jalanan tergenang air.

Akibatnya banyak kendaraan mogok saat melintasinya. Maklum saja, kebanyakan mobil memang tidak didesain untuk melibas banjir. Namun ada mobil yang lebih tahan banjir dibandingkan mobil lainnya, yakni mobil bermesin diesel.

Kenapa begitu? Berikut tiga penjelasan singkatnya.

1. Mesin diesel menggunakan sistem pembakaran glow plug

Mobil Diesel Lebih Tahan Banjir? Cek Faktanya di Siniamazon.com

Pada mobil diesel sistem pembakarannya menggunakan glow plug. Berbeda dengan mobil bermesin bensin yang menggunakan busi.

Hal ini memang lebih menguntungkan bila dalam kondisi banjir, karena busi rentan mati jika rendam air yang akhirnya menyebabkan mobil mogok.

Namun, dengan sistem pembakaran yang agak sedikit lama menyebabkan performa mobil diesel kurang optimal ketika mesin dingin.

Baca Juga: Bukan Cuma Lebih Tahan Banjir, Ini Keunggulan Lain Mobil Diesel

2. Sama seperti mobil bensin, mobil diesel akan mogok jika air masuk ruang mesin

Mobil Diesel Lebih Tahan Banjir? Cek Faktanya di SiniCommons.wikimedia.org

Walaupun unggul dalam hal menerjang banjir, mobil diesel tetap sama dengan mobil bensin pada umumnya. Jika air masuk ke ruang bakar melalui filter udara, turbo lalu ke intake injection pump, mesin tetap akan mati seperti mobil bensin.

Pastikan tinggi air tidak melebihi posisi komponen tersebut bila ingin menerjang banjir.

3. Kemudikan mobil dengan stabil saat menerjang banjir

Mobil Diesel Lebih Tahan Banjir? Cek Faktanya di SiniHujan deras pada awal Januari 2020 lalu sempat membuat banjir di beberapa wilayah ibu kota. (IDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda)

Selain itu, ada baiknya saat menerjang banjir kalian mesti mengemudikan mobil dengan pelan (kecepatan rendah dan pakai gigi 1 atau L di transmisi matik) dan konstan.

Hal ini bertujuan agak gelombang air tidak masuk ke dalam ruang mesin yang menyebabkan mogok. Tapi, lebih baik kalian cari jalan yang lebih aman ya gaes!

Baca Juga: Banjir Kok Pakai Matik, Ini 3 Pilihan Motor Trail Tanah Air!

Topic:

  • Dimas Fitra Dirgantara
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya