Comscore Tracker

Benarkah Mobil Diesel Lebih Tahan Banjir? Yuk, Cek Faktanya di Sini

Karena mobil diesel itu ga menggunakan busi

Jakarta, IDN Times - Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir membuat banyak orang cemas. Sebab banjir bisa datang setiap saat. Selain itu genangan air juga menjadi cerita mengerikan lainnya, terutama bagi pemilik sedan.

Sebab ground clearance sedan biasanya rendah, sehingga bagian mesinnya sangat rentan terendam banjir. Tapi banjir bukan cuma mengancam mobil-mobil sedan saja, tapi juga semua mobil. 

Namun ada mobil yang konon lebih tahan banjir dibandingkan mobil lainnya, yakni mobil bermesin diesel. Apakah ini hanya mitos atau memang begitu faktanya? Yuk, cek di sini.

1. Gak ada businya

Benarkah Mobil Diesel Lebih Tahan Banjir? Yuk, Cek Faktanya di Siniamazon.com

Pada mobil diesel, sistem pembakarannya menggunakan glow plug. Berbeda dengan mobil bermesin bensin yang menggunakan busi, sistem pembakaran glow plug lebih tahan air.

Selain itu sistem kelistrikan pada mobil diesel konvensional jauh lebih sederhana dibandingkan mobil bensin, sehingga lebih aman saat menerjang genangan banjir. Dan karena kelistrikan yang sederhana, risiko terjadi arus pendek pada mobil diesel juga lebih kecil. 

Itu sebabnya mobil-mobil diesel sering dianggap lebih tahan banjir ketimbang mobil-mobil berbahan bakar bensin.  

Baca Juga: Bukan Cuma Lebih Tahan Banjir, Ini Keunggulan Lain Mobil Diesel

2. Sama seperti mobil bensin, mobil diesel akan mogok jika air masuk ruang mesin

Benarkah Mobil Diesel Lebih Tahan Banjir? Yuk, Cek Faktanya di SiniCommons.wikimedia.org

Namun jika air masuk ke ruang bakar melalui filter udara, maka mobil bermesin diesel pun akan mogok. Jadi istilah mobil diesel tahan banjir itu gak sepenuhnya tepat. So, pastikan tinggi air tidak melebihi filter udara bila ingin menerjang banjir, ya!

3. Kemudikan mobil dengan stabil saat menerjang banjir

Benarkah Mobil Diesel Lebih Tahan Banjir? Yuk, Cek Faktanya di SiniHujan deras pada awal Januari 2020 lalu sempat membuat banjir di beberapa wilayah ibu kota. (IDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda)

Kalau terpaksa harus menerjang banjir yang lumayan tinggi, kalian mesti mengemudikan mobil dengan pelan (kecepatan rendah dan pakai gigi 1 atau L di transmisi matik) dan tekan pedal gas secara konstan.

Tujuannya agar gelombang air tidak masuk ke dalam ruang mesin yang menyebabkan mogok. Tapi, lebih baik kalian cari jalan yang lebih aman ya gaes!

Baca Juga: Banjir Kok Pakai Matik, Ini 3 Pilihan Motor Trail Tanah Air!

Topic:

  • Dimas Fitra Dirgantara
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya