Comscore Tracker

5 Tips Mengusir Embun pada Kaca Mobil

Embun bisa mengurangi visibilitas saat berkendara

Jakarta, IDN Times - Hujan bisa membuat visibitas berkendara menjadi sangat terbatas, karena itu sangat disarankan menurunkan kecepatan. Sebab hujan bisa menyebabkan kaca mobilmu berembun.

Embun bisa muncul di kaca mobil karena ada perbedaan suhu luar dengan suhu di dalam mobil. Biasanya masalah ini terjadi karena ada problem pada AC mobilmu. Kalau sudah begitu, embun akan sangat mengganggu visibitas.

Nah, berikut cara mengatasi embun pada kaca mobil yang kerap muncul saat berkendara di tengah hujan seperti dikutip dari Carsome.

1. Turunkan temperatur kabin

5 Tips Mengusir Embun pada Kaca MobilDaihatsu Indonesia

Embun pada kaca mobil terjadi karena suhu di luar lebih dingin dari suhu di dalam kabin. Bisa jadi hujan membuat suhu di luar menjadi begitu dingin. Karena itu kamu bisa menyiasatinya dengan menurunkan temperatur di dalam kabin mobil sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

Baca Juga: Begini Nasib Mobil-mobil Made in Indonesia  

2. Manfaatkan ditur defrost atau defogger

5 Tips Mengusir Embun pada Kaca MobilFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Tobi)

Banyak mobil kini telah dilengkapi fitur defrost atau defogger. Fitur ini berfungsi menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard. Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, kamu dapat menggunakan fitur defogger.

3. Aktifkan fitur sirkulasi

5 Tips Mengusir Embun pada Kaca MobilIDN Times/Dwi Agustiar

Cara lain meminimalisasi embun dengan menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan mengembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur.

Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun. Fungsi resirkulasi udara ini tidak perlu digunakan dalam jangka waktu yang lama, loh. Jika embun sudah menghilang, kamu bisa menonaktifkan fitur ini.

4. Aktifkan wiper

5 Tips Mengusir Embun pada Kaca MobilWiper Mobil (IDN Times/Dwi Agustiar)

Oya, embun pada kaca mobil tidak hanya terjadi karena suhu udara di luar lebih dingin, tetapi bisa berlaku sebaliknya. Udara di luar yang panas dan temperatur di dalam mobil yang dingin juga memungkinkan memuculkan embun.

So, untuk mengatasinya kamu bisa mengurangi temperatur AC. Kamu juga bisa menggunakan wiper untuk menyeka embun yang muncul pada kaca depan. Pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan, ya.

5. Buka jendela

5 Tips Mengusir Embun pada Kaca MobilPexels.com/Pixabay

Cara paling cepat dan gampang menghilangkan embun dengan membuka jendela mobil. Kamu dapat membuka jendela mobil sampai embun menghilang, lalu tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil dapat kembali terasa.

Nah, itulah lima tips mengusir embun dari kaca mobil yang bisa kamu coba. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Mencegah Kaca Mobil dari Jamur, Auto Kinclong

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya