Comscore Tracker

Daftar Mobil Hatchback yang Disuntik Mati

Nama besar Toyota pun bukan jaminan mobilnya bakal laku

Jakarta, IDN Times - Kalau ada mobil yang paling ideal untuk digunakan di perkotaan, mobil tersebut pastilah berjenis hatchback. Sebab mobil hatchback biasanya berukuran mungil sehingga lebih lincah saat harus bermanuver di kemacetan.

Tapi ternyata gak selamanya mobil hatchback itu laku. Sebab ternyata banyak juga pabrikan yang harus menyuntik mati hatchback mereka karena penjualannya terus menurun. 

Nah, berikut daftar mobil hatchback yang disuntik mati dalam beberapa tahun terakhir. 

1. Mitsubishi Mirage

Daftar Mobil Hatchback yang Disuntik Maticarlist.my

Mitsubishi Mirage pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2012. Enam tahun kemudian mobil mungil ini disuntik mati. Mirage sebenarnya cukup nyaman karena dibekali sistem suspensi yang empuk tanpa terlalu banyak mengorbankan kestabilan. Selain itu material interiornya juga gak bisa dibilang sempit.

Pada varian tertinggi, Mitsubishi Mirage bahkan dibekali fitur-fitur mumpuni seperti anti-lock breaking system, electric brake for distribution, serta airbag. Fitur-fitur tersebut menjadikan Mirage sebagai pilihan terbaik di kelasnya.

Apalagi mobil ini juga dibekali mesin tiga silinder 3A92 berkapasitas 1.2 liter MIVEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 77 PS pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini sangat irit dan tangguh.

Kini Mirage hanya bisa kamu temukan di showroom mobil bekas dengan harga mulai Rp70 jutaan.

2. Toyota Etios Valco

Daftar Mobil Hatchback yang Disuntik Mation24.com.ar

Mobil hatchback lainnya yang disuntik mati adalah Toyota Etios Valco. Mobil ini pertama kali meluncur pada 2013 di Indonesia dan disuntik mati pada 2017. Penjualan yang terus melorot menjadi alasan kenapa Toyota menyuntik mati mobil ini.

Selain itu Etios juga harus bersaing dengan saudaranya sendiri, yakni Yaris. Tentu saja sulit bersaing dengan Yaris yang telah memiliki nama besar di tanah air. Selain itu penjualan Yaris juga sangat stabil. Sehingga Toyota pun harus mematikan Etios.

Saat ini Etios Valco bekas dijual mulai Rp80 jutaaan.

3. Suzuki Swift

Daftar Mobil Hatchback yang Disuntik Matiauto-moto.com

Suzuki Swift sebenarnya bisa jadi alternatif buat kamu yang menyukai Mini Cooper tapi tak mampu membelinya. Sebab harga Suzuki Swift jauh lebih murah dari Mini Cooper tapi desainnya mirip-mirip.

Swift pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2007. Mobil ini sempat beberapa kali mendapatkan update sebelum akhirnya disuntik mati pada 2016. Suzuki mengambil keputsan pahit ini setelah melihat penjualan Swift yang tak kunjung menggembirakan.

Swift memang kalah bersaing dengan sejumlah rival utama, seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz. Apalagi belakangan muncul Mazda 2 dan Ford Fiesta. Kini generasi pertama Suzuki Swift bekas bisa kamu beli dengan harga mulai Rp80 jutaan.

4. Nissan March

Daftar Mobil Hatchback yang Disuntik Matinissan.co.id

Mobil hatchback atau city car yang disuntik mati lainnya adalah Nissan March. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2010. Namun penjualan mobil ini tak pernah benar-benar bagus sehingga Nissan kemudian menyetop produksi March pada 2018.

Desain yang aneh serta performa mesin yang biasa saja menjadi alasan kenapa mobil ini kalah bersaing di pasar hatchback tanah air yang sangat sengit. Kini Nissan March bekas bisa kamu beli dengan harga mulai Rp70-120 jutaan.

Baca Juga: Daftar Mobil Terlaris Mitsubishi Sepanjang Agustus 2021

5. Suzuki Splash

Daftar Mobil Hatchback yang Disuntik Matiencycarpedia.com

Mobil imut lainnya yang disuntik mati adalah Suzuki Splash. Mobil city car ini meluncur di Indonesia pada 2010 dan mengakhiri perjalanannya pada 2017. Sebagai gantinya Suzuki meluncurkan Ignis.   

Padahal populasi Suzuki Splash cukup banyak. Bodi mungil dan mesin yang tangguh dan irit menjadikan Splash sebagai city car pilihan. Tapi penjualannya terus menurun seiring mulai munculnya hatchback-hatchback yang lebih menggairahkan.

Kini kamu bisa membeli Suzuki Splash bekas dengan harga mulai Rp60 jutaan.

Baca Juga: 5 Mobil Terlaris Daihatsu Sepanjang Januari-Agustus 2021

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya