Comscore Tracker

Larangan Mudik Tak Membuat Penjualan Mobil Bekas Melorot

Kebijakan relaksasi PPnBM menjadi penolong

Jakarta, IDN Times - Larangan mudik ternyata tak membuat penjualan mobil bekas melorot. Kebijakan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diterapkan pemerintah mulai Maret lalu menjadi penolong. 

"Relaksasi membuat orang yang mulanya tidak mau beli, menjadi beli. Tingkat konsumsi menjadi naik. Sejauh ini, belum ada pembatalan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) gara-gara dilarang mudik," kata Chief Operating Officer (COO) Mobil88, Sutadi, seperti dikutip dari ANTARA.

1. PPnBM menjadi angin segar bagi industri otomotif

Larangan Mudik Tak Membuat Penjualan Mobil Bekas MelorotGoogle Maps

Sutadi menilai relaksasi PPnBM membuat pasar mobil kembali bergeliat, khususnya di segmen mobil bekas. Apalagi pemerintah juga mengaktifkan kebijakan pembelian dengan uang muka ringan dan bunga rendah.

"Mobil bekas adalah turunan dari mobil baru, sehingga ini berdampak positif ke kita. Adanya relaksasi ini sangat berdampak positif buat kita," kata Sutadi.

Baca Juga: Bursa Mobil Bekas Bergeliat, Mobil Tua Lebih Laris

2. Optimistis penjualan mobil bekas membaik

Larangan Mudik Tak Membuat Penjualan Mobil Bekas MelorotGoogle Maps

Sutadi optimistis penjualan mobil, khususnya mobil bekas, akan terus membaik seiring dengan terus bergulirnya kebijakan relaksasi PPnBM hingga November mendatang.

"Kalau secara normal, market belum kembali. Tapi tahun 2021 lebih baik dibandingkan 2020 di awal pandemi di bulan Maret. Perbandingannya cukup jauh," katanya.

3.

Larangan Mudik Tak Membuat Penjualan Mobil Bekas MelorotIlustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Lalu mobil beks apa yang paling laris? Sutadi mengatakan mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi yang terlaris. Sebab mobil jenis ini cocok untuk kondisi jalan di Indonesia.

"SUV yang secara medan bisa di dua kondisi. Seperti misalnya di Jakarta sering ada genangan, sehingga customer memilih kendaraan yang tinggi. SUV masih menjadi andalan di market kita," kata dia.

Mobil bekas lain yang diminati adalah Toyota Rush, Xenia, Avanza, Innova, hingga Daihatsu Terios diminati. Sementara di kelas SUV premium, Fortuner menjadi pilihan paling menarik.

Baca Juga: Suka Mobil Retro? 5 Mobil Bekas Ini Harganya Cuma Rp20 Jutaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya