Comscore Tracker

Mau Beli Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini Dulu

Biar gak kecele setelah membeli

Jakarta, IDN Times - Membeli mobil bisa jadi momen paling menyenangkan. Tapi momen tersebut bisa berubah jadi mengerikan kalau mobil yang kamu beli ternyata gak sesuai ekspektasi atau kebutuhan.

Karena itu, sebelum berangkat ke dealer, pikirkan dulu mobil jenis apa yang benar-benar kamu butuhkan. Selain itu pastikan mobil incaranmu sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan.

Nah, berikut panduan singkat memilih mobil pertama buat kamu yang masih bingung.  

1. Harga mobil

Mau Beli Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini DuluUnsplash

Pertimbangan pertama saat membeli mobil adalah harga. Yup, ini faktor paling krusial. Sebab harga mobil akan menentukan besaran cicilan yang harus kamu bayar setiap bulan, jika kamu membeli secara kredit.

Karena itu pastikan harga mobil incaranmu tidak melebihi budget. Cara mengetahuinya gampang, yakni besaran cicilan tidak boleh lebih besar dari 30 persen gajimu. Misal gajimu Rp10 juta per bulan, maka cicilan yang aman sebesar Rp3 juta per bulan. Hitungan ini dengan asumsi kamu tidak memiliki cicilan lain, ya.

Oya, jangan lupa, selain cicilan, kamu juga harus menyiapkan uang muka. Besaran uang biasanya sekitar 10-30 persen dari harga mobil. 

So, pastikan budget-mu cukup sebelum membeli mobil incaran. Sebab, kalau sampai cicilan nunggak di tengah jalan, bisa-bisa mobilmu ditarik debt collector.   

Baca Juga: Mobil-mobil Imut Garapan Pabrikan Jepang 

2. Jenis mobil

Mau Beli Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini Dulumitsubishi-motors.co.id

Pertanyaan lain yang harus kamu jawab sebelum ke dealer adalah jenis mobil apa yang kamu butuhkan. Sebab mobil itu banyak jenisnya, seperti SUV, MPV, sedan, hatchback, hingga pikup.

Mobil SUV biasanya diciptakan untuk melibas berbagai varian jalan, karena itu harganya cukup mahal. Sementara mobil MPV didesain untuk keluarga, sehingga kabinnya lapang dan nyaman.

Adapun mobil hatchback diciptakan untuk mereka yang suka beraktivitas di dalam kota, sehingga mobil ini cukup gesit dan irit. Kelemahan hatchback ada pada kabinnya yang agak sempit.

Nah, tentukan dulu jenis mobil yang kamu butuhkan sebelum ke dealer, ya. Oya, jenis mobil juga akan menentukan harga mobil tersebut. 

3. Jaringan bengkel dan ketersediaan suku cadang

Mau Beli Mobil? Perhatikan 3 Hal Ini DuluDaihatsu berikan promo-promo menarik di GIIAS 2022 (dok Daihatsu)

Mobil baru, apapun mereknya, pasti disertai dengan garansi. Lama garansi biasanya sekitar tiga sampai lima tahun. Jadi kamu gak perlu khawatir jika ada bagian mobil yang rusak dalam periode tersebut.

Tapi kalau kamu berencana menggunakan mobil untuk jangka waktu yang lama, perhatikan ketersediaan suku cadang dan jaringan bengkel dari mobil tersebut. Sebab suku cadang dan bengkel yang langka pasti akan sangat merepotkan saat terjadi masalah pada mobil.

Efek lainnya harga mobil juga akan terjun bebas. Sebab siapa yang mau membeli mobil bekas yang suku cadang dan bengkel resminya terbatas? So, jangan pernah mengabaikan poin ini.

Paling aman membeli mobil dari merek-merek yang sudah mapan di negeri ini, seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, hingga Hyundai.

Baca Juga: Mobil-mobil Imut di Bawah Rp100 Juta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya