Comscore Tracker

Mitsubishi Eclipse Cross, Crossover Lincah Pencuri Perhatian!

Kabinnya nyaman, mesinnya gahar

Jakarta, IDN Times - Kalau kamu suka bertualang menjelajahi tempat-tempat eksotik di tanah air, maka kamu membutuhkan kendaraan jenis sport utility vehicle atau crossover.

Sebab dua jenis kendaraan tersebut sangat cocok buat 'disiksa' melewati berbagai varian jalan, mulai dari jalan mulus, becek, berbatu, hingga berlumpur.

Selain itu SUV atau crossover juga dibekali berbagai fitur keselamatan yang sangat membantu melewati rute-rute ekstrem, seperti tanjakan terjal atau turunan curam.

Sehingga, dengan SUV atau crossover, perjalanan yang sangat menantang pun bisa kamu hadapi dengan tenang dan aman.

Nah, salah satu crossover atau compact SUV yang saat ini lagi tren banget adalah Mitsubishi Eclipse Cross. Mobil ini diluncurkan di Indonesia pada Juli 2019.

Sudah agak lama memang, namun pesonanya masih menyihir. Sebab desain mobil ini eye cathcing banget!

IDN Times mencicipi mobil ini saat touring #AyoGasTerus Media Adventure 2020 Surabaya-Banyuwangi yang digelar PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) pada 2-4 Februari lalu.

Selain Eclipse Cross, pada touring tersebut IDN Times juga menjajal Mitsubishi Xpander Cross dan Mitsubishi Outlander PHEV --dua mobil terakhir kami bahas pada artikel berbeda.

Seperti apa sensasi naik mobil yang mendapat banyak penghargaan di Eropa ini?

1. Desain ciamik yang pasti bikin orang lain melirik

Mitsubishi Eclipse Cross, Crossover Lincah Pencuri Perhatian!IDN Times/Dwi Agustiar

Soal desain, rasanya gak perlu dibahas panjang lebar. Sebab hanya dengan melihat langsung atau menatap fotonya saja kamu pasti setuju kalau desain mobil ini keren banget.

Ada sentuhan modern, sporty, dinamis, sekaligus elegan pada mobil ini. Dimensinya yang gak terlalu besar (panjang 4.405 mm, lebar 1.805 mm, tinggi 1.685 mm) membuat mobil ini terlihat jauh lebih manis dari Mitsubishi Pajero Sport.

Selain itu pilihan warnanya juga menggiurkan, yakni Red Diamond, Silky White dan Amethyst Black. So, dengan desain yang ciamik banget, gak keliru kalau Mitsubishi lantas menyebut mobil ini 'Built to Impress'.

2. Kabin senyaman rumah sendiri

Mitsubishi Eclipse Cross, Crossover Lincah Pencuri Perhatian!Dok. IDN Times/Mitsubishi

Sekarang mari kita masuk ke kabin. Kesan mewah dan sporty langsung terasa begitu kami membuka pintu. Material jok dari kulit dengan jahitan berwarna oranye menjadikannya terlihat sporty.

Duduk di baris depan, terasa jok lumayan empuk. Penumpang di belakang bahkan dimanjakan dengan sembilan pengaturan jok yang bisa direbahkan hingga 200mm.

Eclipse Cross juga dibekali sunroof, membuat kabin terasa lebih lapang sekaligus lebih mewah. Selain itu fitur AC dual zone automatic climate controlnya membuat betah berlama-lama di kabin. Apalagi kekedapan mobil ini juga jempolan.  

3. Akselerasi spontan bikin Eclipse Cross jadi lincah

Mitsubishi Eclipse Cross, Crossover Lincah Pencuri Perhatian!Dok. IDN Times/Mitsubishi

IDN Times menjajal mobil ini dari Pasuruan menuju Jember dengan kondisi jalan bervariasi, dari tol hingga jalan perkotaan.

Sayang kami tidak bisa memacu mobil ini secara maksimal di tol menuju Lumajang-Probolinggo. Sebab, meski jalannya lurus, namun ada kamera pengintai di sepanjang tol.

Kecepatan maksimal yang diperbolehkan hanya 100 kpj. Agak menyebalkan memang, tapi demi keamanan, apa boleh buat? Sehingga, alih-alih mencari top speed, kami beralih ke akselerasi.

Dibekali mesin 1.500 cc turbocharged dengan sistem penggerak CVT 8 percepatan, akselerasi Eclipse Cross lumayan spontan. Kami bahkan tak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam untuk membuat mobil ini melesat.

Mobil ini juga cukup lincah di jalanan perkotaan. Dimensinya yang kompak dan akselerasi yang spontan menjadikan Eclipse Cross cukup enak diajak bermanuver di jalanan yang padat.

4. Eclipse Cross dibekali fitur keamanan melimpah

Mitsubishi Eclipse Cross, Crossover Lincah Pencuri Perhatian!Dok. IDN Times/Mitsubishi

Mitsubishi memberikan banyak sekali fitur keamanan di Eclipse Cross, seperti 7 SRS airbags, pengereman ABS, active stability control and traction control untuk memastikan laju mobil tetap stabil meski di jalan licin.

Selain itu juga ada sensor dan kamera depan belakang untuk mencegah benturan. Mobil ini juga dibekali blind spot warning yang akan memberi tahu jika ada kendaraan di sisi kiri atau kanan.

Dengan sederet fitur keamanan tersebut, kami bisa menyetir dengan lebih percaya diri. Penumpang pun bisa tidur dengan lebih pulas karena mereka tahu mereka terlindungi secara maksimal.

5. Sangat fun to drive

Mitsubishi Eclipse Cross, Crossover Lincah Pencuri Perhatian!Dok. IDN Times/Mitsubishi

Menurut kami, mobil ini sangat fun to drive. Sebab performa mesinnya cukup gahar. Kestabilannya juga layak diacungi jempol. Kami, misalnya, tidak merasakan gejala body roll yang berlebihan saat melibas tikungan dengan kecepatan lumayan tinggi.

Belum lagi fitur head up displays yang menyenangkan dan fitur adaptive cruise control yang sangat pintar. Mengaktifkan fitur ini akan membuat mobil secara otomatis menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Canggih, ya!

Sayangnya harga mobil ini gak murah. Mitsubishi membanderol Eclipse Cross dengan harga Rp480 jutaan. Tertarik?

Baca Juga: Test Drive Xpander Cross, Benarkah Setangguh dan Senyaman Iklannya?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya