Comscore Tracker

Pabrikan Mobil Ramai-ramai Mengganti Logo, Ada Apa Ya?

GM mengganti logo yang telah eksis sejak 1964

Jakarta, IDN Times - Tahun telah berganti namun wabah virus corona masih menjadi momok yang sangat menakutkan. Tapi tak berarti kehidupan berhenti berputar.

Sejumlah pabrikan otomotif misalnya mulai bergeliat. Selain bakal meluncurkan produk-produk terbaru, banyak di antara mereka yang juga berbenah, termasuk membenahi logo yang selama ini jadi identitas.

Nah, berikut perusahaan-perusahaan otomotif yang mengganti logo mereka dan cerita menarik di balik pergantian logo tersebut. Apa saja, ya?

1. General Motors

Pabrikan Mobil Ramai-ramai Mengganti Logo, Ada Apa Ya?General Motors

Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors atau GM, mengganti logo mereka pada 11 Januari 2021. Ini pertama kalinya GM mengganti logo sejak 1964.

Pada logo sebelumnya, logo General Motors berupa huruf kapital 'GM'. Pada logo baru berubah menjadi 'gm' dengan garis berwarna biru di bawah huruf 'm'.

Kepala pemasaran GM, Deborah Wahl, mengatakan logo baru GM menandai dimulainya era baru kendaraan listrik.

"Kampanye baru kami dirancang untuk ini," kata Deborah seperti dikutip dari ANTARA, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Perang Dagang Industri Otomotif, General Motors PHK 14 ribu Karyawan

2. KIA

Pabrikan Mobil Ramai-ramai Mengganti Logo, Ada Apa Ya?KIA

Produsen mobil lain yang baru saja mengganti logo adalah KIA. Pabrikan asal Korea Selatan ini mengumumkan logo baru mereka pada pekan pertama 2021.

Pada logo baru, KIA menghilangkan bentuk elips yang selama ini mengelilingi tulisan 'KIA'. Sehingga logo baru hanya menyisakan huruf 'KIA'.

Selain itu KIA juga mengubah font logo mereka sehingga menjadi terlihat lebih mengalir dan dinamis.

"Logo baru kami mewakili keinginan kami untuk menginspirasi pelanggan saat kebutuhan mobilitas mereka terus berkembang," kata Presiden dan CEO KIA, Ho Sung Song, seperti dikutip dari ANTARA.

Peresmian logo baru tersebut ditandai dengan pertunjukkan kembang api di langit Incheon, Korea Selatan.

3. Nissan

Pabrikan Mobil Ramai-ramai Mengganti Logo, Ada Apa Ya?Nissan

Tak hanya pabrikan mobil asal Amerika dan Korea Selatan, pabrikan asal Jepang pun tidak mau ketinggalan mengganti logo.

Yup, Nissan mengganti logo mereka pada Rabu, 15 Juli 2020. Logo baru tersebut diluncurkan bersama dengan pengenalan mobil listrik Ariya.

“Inspirasi logo baru kami diambil dari terobosan dalam sains, teknologi, dan konektivitas," kata Senior Vice President of Global Design, Alfonso Albaisa, dalam siaran langsung peluncuran Nissan Ariya di channel YouTube Nissan.

Albaisa mengatakan tim desain khusus Nissan ini memerlukan waktu 2 tahun untuk menciptakan logo baru ini. Ia berharap logo baru Nissan mencerminkan semangat elektifikasi kendaraan.

Baca Juga: [WAWANCARA] Blak-blakan Petinggi Nissan, Kenapa Mereka Mengganti Logo?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya