Comscore Tracker

Rifat Sungkar Berbagi Tips Merawat Karet-karet Mobil 

Karet mobil sama pentingnya dengan komponen lain

Jakarta, IDN Times - Kebanyakan pemilik mobil hanya memperhatikan mesin dan bodi, padahal adal hal yang lain gak kalah penting, yakni karet. Sebab banyak komponen mobil yang terbuat dari karet, mulai dari dashboard di bagian interior hingga ban di bagian eskterior.

Nah, berikut tips merawat karet-karet pada mobil dari Rifat Sungkar selaku duta merek Mitsubishi Indonesia.

1. Merawat ban

Rifat Sungkar Berbagi Tips Merawat Karet-karet Mobil Pexels.com/Leo Cardelli

Rifat mengatakan ban merupakan komponen penting pada kendaraan karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Keamanan, juga keamanan, berkendara sangat ditentukan oleh kualitas ban.

Karena itu Rifat menyarankan pemilik kendaraan memperhatikan batas waktu pakai ban dengan melihat angka informasi pada dinding ban. Sebab meski kondisi ban masih terlihat bagus, namun ada baiknya diganti apabila masa pakainya sudah habis.

"Perhatikan juga tekanan angin, jangan lupa spooring roda-rodanya," kata Rifat.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Turbo dari Rifat Sungkar

2. Memelihara wiper

Rifat Sungkar Berbagi Tips Merawat Karet-karet Mobil carfromjapan.com

Komponen karet juga terdapat pada wiper atau alat penyapu air pada kaca mobil. Peran wiper sangat vital di musim hujan. Sebab, kalau wiper tidak bekerja optimal, maka visibilitas pengemudi akan sangat terganggu saat berkendara di tengah hujan.

Rifat mengatakan ada dua jenis bahan pembuat wiper, yakni karet dan silikon. Menurutnya karet silikon berfungsi lebih baik saat hujan, sedangkan wiper karet lebih tahan terhadap panas.

3. Karet pintu mobil

Rifat Sungkar Berbagi Tips Merawat Karet-karet Mobil Setir flat bottom di Audi R8 yang memberi ruang lebih lega (carwow.co.uk)

Karet pintu mobil sering kali disepelkan. Padahal karet ini berfungsi mencegah air masuk ke ruang kabin. Selain itu karet pintu juga berperan sebagai peredam, membuat kabin lebih senyap.

"Di bagian kanan suka melengkung karena kesangkut sama badan, kita harus cek agar kekedapan kabinnya optimal," kata dia.

Rifat juga memberikan tips agar komponen karet tetap prima, seperti hindari panas berlebihan, bersihkan jika kotor, lakukan rotasi (pada ban) dan selalu jaga tekanan angin (pada ban).

"Musuh karet adalah panas. Semakin sering panas semakin gampang aus. Kotoran yang nempel, apalagi hujan akan membuat karet gampang getas," katanya.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Ban Serep Mobil Agar Tetap Prima

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya