Comscore Tracker

Mobil Kamu Terasa Kurang Bertenaga? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya

Bukan hanya masalah mesin loh

Sebagai sarana transportasi sehari-hari, mobil harus selalu dalam performa terbaiknya. Namun, ada kalanya kita merasakan mobil yang kita kendarai kurang bertenaga. Tentu akan membuat perasaan tidak nyaman saat berkendara. Kamu harus mengetahui apa saja penyebab mobil menjadi kurang bertenaga.

Hal itu penting agar tidak muncul perasaan was-was atau khawatir dengan apa yang sebenarnya terjadi pada mobil kesayangan. Lalu, apa saja penyebab mobil menjadi kurang bertenaga? Simak dalam artikel berikut ini!

1. Saringan bahan bakar kotor

Mobil Kamu Terasa Kurang Bertenaga? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnyailustrasi saringan bahan bakar (www.drive2.ru)

Saringan bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan suplai bahan bakar ke dalam mesin terhambat. Sehingga kinerja mesin menjadi kurang optimal. Saringan bahan bakar yang telah kotor harus segera dibersihkan sebelum benar-benar tersumbat.

Jika tidak memungkinkan untuk dibersihkan, sebaiknya diganti agar suplai bahan bakar ke dalam mesin tidak terganggu. Pada beberapa model kendaraan, saringan bahan bakar yang kotor terlihat secara visual dan beberapa model dilengkapi dengan lampu peringatan di meter kombinasi, sehingga mudah untuk mendeteksinya.

2. Saringan udara kotor

Mobil Kamu Terasa Kurang Bertenaga? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnyailustrasi mengganti saringan udara (pexels.com/Mathias Reding)

Saringan udara berfungsi untuk menyaring udara yang terhisap masuk ke dalam mesin. Sehingga tidak ada benda asing yang ikut masuk ke dalam mesin. Namun, jika saringan dalam kondisi yang kotor, justru udara akan susah untuk terhisap masuk ke dalam mesin. 

Hal itu menyebabkan pembakaran dalam mesin menjadi kurang optimal dan tenaga yang dihasilkan pun berkurang. Segera bersihkan atau ganti saringan udara yang kotor.

Baca Juga: Deretan Mobil Cina yang Jiplak Mobil Lainnya, Mana yang Paling Mirip?

3. Rem macet

Mobil Kamu Terasa Kurang Bertenaga? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnyailustrasi pemeriksaan rem (pexels.com/Gustavo Fring)

Jika rem mengalami macet, mobil tidak akan dapat melaju dengan mulus karena tertahan oleh rem yang terus terkunci. Piringan rem yang terus menerus ditekan dan mobil yang terus dipaksa berjalan, dapat menyebabkan panas yang berlebihan pada komponen rem.

Semakin lama dapat menyebabkan percikan api akibat komponen yang terus bergesekan dengan kencang. Rem macet dapat disebabkan oleh piston rem yang berkarat atau penyetelan rem yang kurang cermat. Hal ini harus ditangani oleh mekanik profesional. 

4. Kopling selip

Mobil Kamu Terasa Kurang Bertenaga? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnyailustrasi kopling mobil (suzuki.co.id)

Kopling memiliki tugas untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi lalu ke roda-roda. Kanvas kopling yang sudah tipis tidak dapat menyalurkan tenaga dari mesin dengan baik. Hal ini ditandai dengan kecepatan mobil yang tidak bertambah secara signifikan saat kita menginjak pedal gas untuk berakselerasi.

Penggantian kanvas kopling memerlukan tindakan dari teknisi profesional dan membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama minimal 2 jam, tergantung pada jenis kendaraan.

5. Ban kempes

Mobil Kamu Terasa Kurang Bertenaga? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnyailustrasi ban mobil (pexels.com/Mike B)

Ban adalah penopang dari keseluruhan bodi mobil. Jika digunakan dalam kondisi kempes,  beban yang diterima oleh ban akan lebih berat sehingga mobil akan terasa kurang bertenaga walaupun pedal gas telah diinjak penuh. Tekanan pengisian ban harus sesuai dengan standar dari pabrik pembuat mobil, agar performa pengendaraan terbaik dapat dicapai. Standar pengisian angin ban umumnya dicantumkan di bodi mobil pada bagian samping kursi pengemudi. Selain itu, kamu juga bisa lihat di buku pedoman pemilik kendaraan. 

Itu dia penyebab mobil kurang bertenaga yang dapat kita amati langsung sebagai pengendara. Ternyata bukan hanya bersumber dari mesin, komponen yang lain pun dapat menyebabkan mobil menjadi kurang bertenaga. Sebagai pemilik kendaraan, kita harus lebih memperhatikan kondisi kendaraan yang selalu menjadi andalan dalam aktivitas sehari-hari. Akan lebih baik lagi jika kita rajin melakukan perawatan berkala di bengkel profesional yang terpercaya. 

Baca Juga: Kelebihan Mobil Listrik, Hemat Tapi Bertenaga!

Aziz Fabiyanto Photo Writer Aziz Fabiyanto

Newbie, ig: @azizfabiyanto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya