Comscore Tracker

5 Penyebab Tenaga Mobil Hilang, Salah Satunya gara-gara BBM

Harus rajin-rajin servis ke bengkel biar gak kejadian

Jakarta, IDN Times - Mobil yang kurang bertenaga tentu saja bikini pengemudi jadi was-was, apa lagi kalau hal itu terjadi saat sedang dalam perjalanan jarak jauh. Mobil yang mendadak hilang tenaga bisa membahayakan pengemudi, penumpang dan juga pengguna jalan lain.

Karena enggak jarang sebuah kecelakaan terjadi karena kondisi mobil yang enggak prima, termasuk salah satunya mobil yang tiba-tiba hilang tenaga di tanjakan atau kondisi jalan lainnya. Setidaknya ada 5 penyebab tenaga mobil bisa hilang, yang dibagikan oleh Benny Fajarai selaku Co-Founder dari Lifepal.co.id.

Baca Juga: Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel, Simak Sebelum Beli Mobil Ya 

1. Overheat

5 Penyebab Tenaga Mobil Hilang, Salah Satunya gara-gara BBMsundevilauto.com

Yang pertama adalah overheat, di mana kondisi mobil yang terlalu panas atau adanya masalah pada sistem pendinginan mobil. Keadaan overheat ini bisa disebabkan oleh kondisi pengemudi yang terlalu lama menahan injakan pedal gas ketika berhenti di tanjakan untuk mempertahankan posisi mobilnya.

Akibatnya, mobil akan kehilangan tenaga dan pastinya bisa sampai menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas Dapat Garansi Mesin, Cuma di Sini Tempatnya

2. Oktan BBM yang terlalu rendah

5 Penyebab Tenaga Mobil Hilang, Salah Satunya gara-gara BBMIlustrasi mengisi BBM. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Seperti diketahui, setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sehingga harus menyesuaikan antara kompresi mesin dengan oktan bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan. Karena perhitungan oktan BBM ini akan mempengaruhi kinerja mobil.

Penggunaan BBM yang sesuai kompresi bisa memperkecil risiko hilangnya tenaga pada mobil secara tiba-tiba. Karena proses pembakaran pada mesin mobil akan sempurna.

3. Klep bocor

5 Penyebab Tenaga Mobil Hilang, Salah Satunya gara-gara BBMtiguanallspace.volkswagen.co.id

Kondisi klep atau katup dalam mesin mobil juga bisa menyebabkan tenaga mobil berkurang atau hilang. Penyetelan klep yang tidak dilakukan dengan baik, bisa menyebabkan fungsinya sebagai pintu masuk udara dan bensin serta pintu keluar gas dari knalpot tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Dengan kondisi klep yang bocor, maka akan mempengaruhi performa kendaraan sampai memungkinkan hilangnya tenaga mobil saat melewati tanjakan.

Baca Juga: Sri Mulyani: Harga BBM-Listrik Terpaksa Naik jika Subsidi Tak Disuntik

4. Filter BBM yang kotor

5 Penyebab Tenaga Mobil Hilang, Salah Satunya gara-gara BBMhyundaimobil.co.id

Kondisi filter bahan bakar yang kotor juga bisa menjadi penyebab hilangnya tenaga pada mobil. Filter bahan bakar yang kotor ini biasanya disebabkan oleh tumpukan partikel dan endapan yang ada pada tangki bensin.

Keadaan ini bisa menghambat aliran mesin, sehingga menyebabkan kondisi mobil enggak dapat bekerja secara optimal dan membuat mobil jadi kurang bertenaga.

5. Kerusakan pada tuas transmisi

5 Penyebab Tenaga Mobil Hilang, Salah Satunya gara-gara BBMtruedealercost.com

Tuas transmisi adalah salah satu komponen yang dapat mengatur laju kendaraan bermotor. Kondisi kendaraan maju, mundur, dan berhenti dioperasikan melalui tuas transmisi.

Kalau ada kerusakan pada area tuas transmisi, akan membuat kondisi mobil tidak dapat berubah secara otomatis. Kalau fungsi ini terganggu, maka bisa menjadi sumber penyebab mobil matic yang mendadak kehilangan tenaga.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya