Comscore Tracker

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakarta

Kalian pernah naik yang mana saja?

Jakarta adalah Ibu kota dari negara kita, Indonesia. Setiap ibu kota di berbagai negara, akan meningkatkan kualitas dalam segi apapun tak terkecuali masalah transportasi umum. Tahun 2019, MRT (Mass Rapid Transit) salah satu transportasi umum yang selangkah lebih maju dari berbagai sarana tranportasi di Jakarta akan mulai beroperasi. Proses pembangunan MRT sendiri telah dimulai sejak tahun 2013. Transportasi baru yang akan dinikmati oleh warga ibu kota ini hadir karena menengok ke belakang alias membandingkan dengan transportasi yang sudah ada tetapi belum bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di Jakarta.

Berikut perkembangan transportasi umum di Jakarta dari delman hingga MRT yang perlu kita tahu.

1. Awal masa kolonial, delman adalah alat transportasi umum yang digunakan oleh masyarakat Indonesia termasuk Batavia. Moda angkutan ini belum menggunakan mesin, melainkan tenaga kuda.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakarta/twitter.com

2. Belanda mulai memperkenalkan trem, transportasi umum yang lebih maju daripada delman yang mirip kereta listrik dan melintas di jalan umum.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartahistoria.id

3. Antara tahun 1930-1989, becak masuk di Indonesia. Kendaraan beroda tiga dengan menggunakan sepeda ini, dahulu hanya dua roda dan satu pengemudi seperti di gambar.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartasenibudaya12.blogspot.co.id

http://houseofinfographics.com/infografis-sejarah-transportasi-umum-jakarta/

4. Tahun 1970, Bapak Ali Sadikin selaku Gubernur Jakarta pada masa itu mencanangkan helicak sebagai pengganti becak dengan menggunakan tenaga mesin.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartamaskomuter.wordpress.com

5. Blue Bird mulai memperkenalkan pelayanan transportasi umum berupa mobil dengan menggunakan argometer pada tahun 1972, yang kita kenal dengan nama taksi.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartakumparan.com

6. Antara tahun 1960-1970, oplet mulai beroperasi di Jakarta. Namanya diabadikan oleh sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan'.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartamalesbanget.com

7. Disebut bemo, kendaraan beroda tiga ini mulai terkenal pada 1962. Popularitasnya mulai redup sekitar tahun 1971 karena perusahaan produsen bemo gulung tikar karena bemo dianggap tidak ramah lingkungan.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartabreakingnews.co.id

8. Bajaj, kendaraan roda tiga yang berisik suaranya ini mulai populer pada tahun 1970. Kini bajaj mulai digantikan dengan bajaj berbahan bakar gas yang ramah lingkungan.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartaid.pinterest.com

9. Angkutan kota/mikrolet diperkenalkan di Jakarta pada tahun 1970 sebagai pengganti Bemo yang dapat menampung banyak penumpang. Dahulu mikrolet identik dengan bagian depan panjang dan berwarna biru.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartarover.com

10. Diperkenalkan pada tahun 1962, Metromini awalnya hanyalah bis yang akan digunakan untuk kebutuhan transportasi peserta Pesta Olahraga Nasional. Namun, hingga saat ini Metromini masih beroperasional dan menjadi transportasi alternatif karena banyak menjangkau banyak daerah di Jakarta.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartaid.wikipedia.org

11. Tahun 1985-1990, bus tingkat beroperasional di Jakarta dan dapat menampung hingga 200 penumpang. Sempat redup, bus tingkat diperkenalkan kembali pada tahun 2014 sebagai sarana bus wisata.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartaflickr.com

12. Diperkenalkan pada tahun 2004 dan masih beroperasional hingga saat ini, bus Transjakarta hadir untuk memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, dan terjangkau bagi warga Jakarta.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartatrahgroo.blogspot.co.id

13. Sejak 2014-2015, Indonesia dihebohkan dengan transportasi baru berbasis sistem aplikasi online yang menawarkan jasa ojek dan taki online. Sempat mengalami pro dan kontra, hadirnya transportasi online ini menjadi pilihan banyak warga Jakarta dengan tarif murah dan menghemat waktu.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartawww.teknosaurus.com

14. Tahun 2019, MRT (Mass Rapid Transit) akan hadir sebagai salah satu transportasi umum yang akan menjadi pilihan publik dan diperkirakan dapat mengurangi kemacetan di Jakarta.

Dari Delman Hingga MRT, Inilah Perkembangan Transportasi Umum di Jakartahumanikon.co.id

Nah, itu beberapa perkembangan tranportasi umum yang akan di Jakarta. Saat ini, kita sedang menantikan MRT yang bakal hadir sekitar awal bulan Maret 2019. Semoga transportasi yang bakal hadir di Jakarta, mampu mengurangi kemacetan di Ibukota ya!

TifaniTopan Photo Community Writer TifaniTopan

Book and Interior Design Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You