Comscore Tracker

Penyebab Mika Lampu Mobil Kusam dan Menguning, Karena Hal Sepele

Bikin tampilan mobil jadi gak sedap dipandang

Jakarta, IDN Times - Mika lampu yang kusam atau menguning sudah pasti bikin tampilan mobil jadi gak enak dipandang, walaupun misalnya saat itu body lagi kinclong dan bersih. Memang, biasanya kondisi mika lampu mobil yang kusam atau menguning itu sering ditemui di mobil-mobil yang usianya cukup tua, di atas lima tahun.

Selain bikin tampilan mobil kurang oke, mika lampu yang kusam atau buram ini juga membuat penerangan jadi berkurang lho. Sehingga, cahaya yang dihasilkan ketika lampu depan menyala jadi kurang terang, kalau sudah begini tentu bisa membahayakan ketika mengemudi di malam hari.

1. Penyebab mika lampu cepat kusam atau menguning

Penyebab Mika Lampu Mobil Kusam dan Menguning, Karena Hal SepeleIlustrasi mika lampu mobil kusam dan menguning (chapmanautorepair.com)

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mika lampu mobil jadi cepat kusam atau menguning, yang pertama misalnya karena bercak jamur pada bagian mika. Bercak jamur ini muncul karena air hujan yang dibiarkan menempel di lampu depan, dan tidak segera dibersihkan.

Padahal kondisi lampu mobil yang menyala membuat mika lampu depan jadi cukup panas, sehingga air hujan akan lebih cepat mengering karena proses penguapan. Bisa juga karena bekas air hujan di mika lampu terjemur di bawah terik matahari.

Baca Juga: Mobil-mobil Ini Harga Bekasnya Terjun Bebas

2. Akibat penggunaan bohlam yang gak sesuai spek

Penyebab Mika Lampu Mobil Kusam dan Menguning, Karena Hal SepeleUnsplash/Angus Gray

Selain itu, mika lampu menjadi buram atau menguning karena bohlam lampu depan yang sudah diganti. Bisa jadi pemilik enggak mengetahui spek bohlam bawaan mobil, dan begitu bohlam putus langsung diganti dengan watt yang lebih besar dari standarnya.

Dengan begitu, otomatis bohlam yang punya daya lebih besar itu akan menghasilkan panas yang lebih, yang membuat mika lampu depan lama-lama menjadi kekuningan dan buram.

3. Sering parkir di bawah terik matahari

Penyebab Mika Lampu Mobil Kusam dan Menguning, Karena Hal SepeleUnsplash/Richard Goff

Keseringan memarkirkan mobil di bawah terik matahari juga bisa membuat mika lampu depan menjadi kusam. Bisa dibilang, sama efeknya kepada cat pada body mobil, yang kalau sering dijemur di bawah sinar UV langsung bisa membuat warnanya jadi cepat kusam.

Makanya, kalau memang harus parkir di tempat yang terpapar matahari, sebaiknya kamu menyiapkan cover mobil khusus outdoor untuk mencegah mika lampu dan cat body mobil menjadi kusam.

Baca Juga: Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Mobil Konvensional

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya