Comscore Tracker

Wallbox Mercedes EQ Dijual Secara Terpisah, Harganya Mulai Rp38 Juta

Sudah termasuk pemasangan di tempat konsumen

Jakarta, IDN Times - Kedua model Mercedes EQ yang baru dirilis kemarin oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) (8/12/2022), ditawarkan dengan harga off the road mulai dari Rp2.215 miliar untuk EQE 350+ Electric Art Line, Rp2.984 miliar untuk EQS 450+ Electric Art Line, dan Rp3.410 miliar untuk EQS 450+ AMG Line.

Ternyata, setiap pembelian Mercedes EQ belum termasuk Wallbox atau Wall Charger. Menurut penjelasan Aldo Andityra Rais selaku Department Manager Product & Pricing MB Cars & Vans PT MBID, konsumen bisa membeli Wallbox secara terpisah. "Jadi harga tersebut harga untuk kendaraan saja, Wallbox itu akan dijual terpisah. Wallbox harganya mulai Rp38-Rp50 juta," jelas Aldo di sela-sela peluncuran Mercedes EQ di Jakarta Pusat (8/12/2022).

1. Mercedes-Benz bekerjasama dengan PLN

Wallbox Mercedes EQ Dijual Secara Terpisah, Harganya Mulai Rp38 JutaIlustrasi Wallbox Mercedes EQ (IDN Times/Fadhliansyah)

Aldo juga menambahkan, kalau harga Wallbox tersebut sudah termasuk dengan jasa instalasinya. Ia juga menyebut kalau MBDI sudah bekerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk instalasinya Wallbox di tempat konsumen.

"Kami bekerjasama dengan PLN untuk instalasinya di tempat konsumen, baik di rumah, kantor, maupun apartemen. Ada pilihan pasang baru dengan meteran listrik terpisah, atau opsi yang kedua tambah daya," jelas Aldo.

Baca Juga: Mobil Listrik Mercedes-Benz Debut di Indonesia, Harga Mulai Rp2 M

2. Lama pengecasan baterai Mercedes EQS

Wallbox Mercedes EQ Dijual Secara Terpisah, Harganya Mulai Rp38 JutaMengecas mobil listrik Mercedes EQ (IDN Times/Fadhliansyah)

Salah satu model mobil listrik yang dijual, Mercedes EQS 450+, memiliki jarak tempuh 770 km dalam sekali pengecasan. Hal ini membuat EQS 450+ menjadi mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh di Indonesia.

Dengan baterai lithium-ion dengan 12 modul yang bisa menghasilkan daya 107,8 kWh, waktu pengecasan yang dibutuhkan kalau memakai sistem pengecasan AC 11 kW, butuh waktu kurang lebih 10 jam untuk mengisi daya baterai dari 10-100 persen.

Baca Juga: Gak Pakai Lama, Mengecas Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS Cuma 45 Menit

3. Mercedes EQ dapat garansi baterai

Wallbox Mercedes EQ Dijual Secara Terpisah, Harganya Mulai Rp38 JutaMercedes-Benz EQS 450+ AMG Line (IDN Times/Fadhliansyah)

Tapi jangan khawatir, kalau mengecas dengan menggunakan DC fast charging system waktu pengecasannya jadi terpangkas jauh, hanya butuh waktu 45 menit untuk mengisi daya baterai 10-80 persen.

Biar konsumen lebih tenang, Mercedes-Benz juga memberikan garansi untuk baterai Mercedes EQ selama 10 tahun atau 250 ribu km. Tentu saja tergantung mana duluan yang tercapai.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya