Comscore Tracker

Berburu Hot Wheels Idaman, Model JDM Paling Banyak Dicari! 

Belum punya mobil aslinya, setidaknya hot wheels-nya dulu

Jakarta, IDN Times - Pengin punya mobil idaman tapi uangnya belum cukup. Gak perlu cemas gaes, sebab kamu bisa membeli hotwheels atau mobil mainannya dulu. Setidaknya kehadiran hotwheels mobil idaman bisa memicu motivasi untuk bekerja lebih keras dan menabung lebih rajin.

Dan jangan salah loh, dunia hotwheels itu seseru dunia otomotif yang sesungguhnya. Karena hampir semua jenis mobil ada hotwheels-nya. Bahkan ada hotwheels yang mirip banget sama aslinya, sehingga kalau difoto dengan lensa zoom sulit bedain hotwheels atau mobil asli. Iya, semirip itu!

Tapi, di antara begitu banyak hotwheels, ada beberapa yang menjadi incaran para pencinta hotwheels. Biasanya hotwheels menjadi incaran karena kelangkaannya.

"Kalau Hot Wheels itu dibilang sulit carinya dilihat dari seberapa banyak orang yang menyukai mobil itu," kata kolektor Hot Wheels sekaligus pemilik akun Instagram @hotwheelsgallery, Aditya Pratama, kepada IDN Times, Kamis (20/08/2020).

Kalau di Indonesia, kira-kira Hot Wheels model apa ya yang sulit dicari?

1. Mobil Jepang banyak diburu kolektor Hot Wheels tanah air

Berburu Hot Wheels Idaman, Model JDM Paling Banyak Dicari! flickr.com/Craig Tetlow

Aditya mengatakan kolektor Hot Wheels di Indonesia rata-rata mengincar mobil Japanese domestic market (JDM). Alhasil mobil Hot Wheels dengan kriteria ini pun menjadi salah satu yang sulit ditemukan lantaran pemburunya banyak.

“Rata-rata kalau orang yang koleksi Hot Wheels dia itu nyarinya mobil-mobil Jepang. Ya, mobil-mobil Jepang domestik gitu lah. Paling sulit itu mobil Datsun, Nissan. Mobil-mobil Jepang lah, ya,” jelasnya.

2. Kesenangan akan Hot Wheels mobil JDM sesuai dengan pasar otomotif Indonesia

Berburu Hot Wheels Idaman, Model JDM Paling Banyak Dicari! flickr.com/Leap Kye

Aditya melanjutkan, kecenderungan kolektor Hot Wheels di Indonesia untuk mengumpulkan mobil merek JDM tidak jauh dari kondisi pasar otomotif kita yang didominasi mobil pabrikan Jepang. 

“Kalau di Indonesia lebih banyak pencinta mobil Jepang karena kebanyakan di Indonesia kan mobil Jepang,” kata Aditya.

Kedekatan kolektor Hot Wheels di Indonesia dengan mobil domestik Jepang pun bisa dikatakan mengalahkan popularitas mobil sport di kalangan kolektor Hot Wheels tanah air.

“Mobil sport kan ya jarang lah di Indonesia. Ada juga yang suka sport cars tapi gak banyak kalau dibandingin mobil-mobil Jepang gitu,” ia melanjutkan.

3. Harganya variatif

Berburu Hot Wheels Idaman, Model JDM Paling Banyak Dicari! flickr.com/justjdm photography

Kendati banyak dicari, Aditya mengatakan Hot Wheels dengan model mobil brand Jepang dijual dengan harga standar. 

“Untuk model-model mobil Jepang harganya sama aja sih dari harga Hot Wheels reguler, 30 ribu rupiah standarnya,” ucap Adit.

Aditya menceritakan varian mobil JDM yang popularitasnya mengglobal, yaitu John Morton’s Brock Racing Enterprises (BRE) Datsun Bluebird 510. 

Mobil ini menjadi bintang di lini premium Hot Wheels Vintage Racing. Karenanya, untuk satu buah Hot Wheels Datsun ini bisa dibanderol Rp5 juta hingga Rp7 juta. 

Gimana gaes, tertarik mengoleksi hot wheels?

Baca Juga: Sempat Mencuri Perhatian, Begini Nasib Mobil-mobil Made in Indonesia  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya