Comscore Tracker

Cerita Unik di Balik Logo Mercedes-Benz, Ikutan Kampanye COVID-19

Sempat ikut social distancing juga!

Jakarta, IDN Times - Membicarakan logo perusahaan berarti membicarakan mimpi dan ambisi penggagasnya. Salah satu yang menarik disimak adalah Mercedes-Benz, yang kini tampil sederhana dengan bintang Mercedes dan ring silver di sekitarnya.

Rupanya, perjalanan sang bintang berujung tiga itu berakar sejak sebelum Daimler dengan DMG dan Benz dengan Benz & Cie. Bersatu pada 1920-an membentuk salah satu produsen mobil tersohor di dunia.

Berikut cerita unik di balik si bintang Mercedes!

1. Bintang Mercedes dipilih dengan harapan suatu saat menyinari pabrik Daimler dengan kesuksesan

Cerita Unik di Balik Logo Mercedes-Benz, Ikutan Kampanye COVID-19daimler.com

Logo Mercedes yang berbentuk bintang dengan tiga poin, pertama kali digagas Paul dan Adolf Daimler, putra Gottlieb Daimler yang menggagas DMG, pada 1900.

Kedua Daimler bersaudara mengingat ayahnya menggunakan simbol bintang berujung tiga tersebut, untuk menandai rumah keluarga mereka. Daimler percaya bahwa bintang penanda rumah tersebut suatu saat akan menyinari pabriknya dengan kesuksesan.

Baca Juga: Mercedes-Benz GL Class, SUV Senyaman Sedan

2. Mercedes-Benz adopsi bintang silver setelah ikuti Grand Prix pertama

Cerita Unik di Balik Logo Mercedes-Benz, Ikutan Kampanye COVID-19daimler.com

Nama Mercedes-Benz resmi terpampang bersama dalam satu logo pada 1926. Nama Mercedes-Benz diposisikan dalam satu lingkaran yang sama dengan karangan bunga laurel.

Logo Mercedes-Benz ini merupakan perpaduan dari logo Benz dan DMG sebelum keduanya bersatu. 

DMG menyumbangkan bintang berujung tiga dan nama Mercedes sendiri yang terkenal. Sementara, Benz & Cie menyumbangkan karangan bunga laurel dari logo mereka sebelumnya. 

Mercedes merupakan nama anak perempuan salah satu pelanggan DMG di tahun 1901, Emil Jellinek. Jellinek menamai mobil-mobil pesanannya Mercedes. Perusahaan DMG kemudian mematenkan nama Mercedes pada 1902.

Warna biru yang menyertai perjalanan logo Mercedes-Benz sejak keduanya bersatu diubah kembali menjadi warna silver kala mengikuti kompetisi Grand Prix pertama di Nurburgring pada 1934.

Bintang Mercedes silver rupanya bertahan hingga saat ini.

3. Tiga ujung bintang yang menandakan motorisasi daratan, lautan, dan udara

Cerita Unik di Balik Logo Mercedes-Benz, Ikutan Kampanye COVID-19mumbrella.com

Saat ini, Mercedes-Benz beroperasi dengan membawa bintang Mercedes yang dikelilingi lingkaran dengan warna serupa, tapi berukuran lebih ramping. Logo Mercedes-Benz terlihat sederhana tapi tetap memancarkan kelas.

Pun lebih dari setengah abad berlalu, bintang Mercedes tetap membawa makna yang sama sebagaimana ketika digagas Daimler bersaudara. Mercedes-Benz beraspirasi untuk melakukan motorisasi tidak hanya di darat, tetapi juga di laut dan udara.

4. Ikut gerakan social distancing

Cerita Unik di Balik Logo Mercedes-Benz, Ikutan Kampanye COVID-19luxus-plus.com

Mercedes-Benz lewat logo mereka juga mengkampanyekan gerakan social distancing di tengah pandemik COVID-19. Mercedes-Benz memberikan jarak pada ketiga ujung bintang Mercedes dengan ring yang melingkarinya sebagai simbol menjaga jarak. Kampanye ini dilakukan pada penghujung bulan Maret 2020.

Baca Juga: Mercedes-Benz Virtual Expo 2020 Digelar, 3 Model Baru Curi Perhatian

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya