Comscore Tracker

5 Fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Mobil 

Biar lebih aman

Jakarta, IDN TIMES - Apakah kamu ingin membeli mobil baru? Jika ya, maka kamu perlu memerhatikan banyak hal, seperti kondisi mobil, spesifikasi, dan tentu saja fitur keselamatan yang terdapat pada mobil tersebut.

Sebab sebuah mobil harus dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni. Tujuannya agar melindungi pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Untuk itu, yuk simak fitur-fitur keselamatan yang terdapat pada mobil berikut ini.

1. Airbag

5 Fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Mobil HeartApps

Fungsi dari kantung berisi udara menghindari benturan langsung dengan dashboard mobil jika terjadi kecelakaan. Fitur yang satu ini sangat penting bagi keselamatan nyawa seseorang.

Saat ini semua mobil sudah dilengkapi dengan airbag. Semakin banyak airbag yang disediakan, maka mobil tersebut semakin aman dikendarai. Contohnya Toyota Yaris terbaru yang menyediakan 7 airbag sekaligus.

Baca Juga: Perbaiki Airbag, Toyota Tarik 1,7 juta Kendaraan di Amerika Utara 

2. Sabuk pengaman

5 Fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Mobil theuaenews.com

Pasti kalian sudah mengerti fungsi dari sabuk pengaman atau yang biasa kita kenal sebagai seat belt, bukan? Selain airbag, sabuk pengaman adalah fitur yang vital untuk menahan tubuh kamu agar tidak terlempar saat terjadi kecelakaan.

Maka dari itu, kamu harus selalu menggunakan sabuk pengaman setiap berkendara, ya. Selain itu, sabuk pengaman terbaru sudah dilengkapi dengan pretensioner dan load limiter untuk menahan tubuh saat terjadi hentakan.

3. Anti-lock Braking System

5 Fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Mobil instagram.com/luxuryonroad

Fitur yang satu ini tidak kalah penting, karena akan membantu kita saat melakukan pengereman mendadak, sehingga kendali mobil akan lebih mudah. Hal itu karena mobil yang melaju dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak akan sulit dikendalikan. Jika mobil tidak dilengkapi dengan fitur ABS, maka kendali mobil saat melakukan pengereman mendadak akan sulit.

4. Electronic Stability Control (ESC)

5 Fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Mobil pixabay.com/JC_Li

Electronic Stability Control (ESC) adalah fitur keselamatan pada mobil yang akan mencegah pengemudi untuk kehilangan kontrol saat berkendara. Bila pengemudi kehilangan kontrol, ESC secara otomatis akan aktif untuk mengarahkan mobil kembali pada jalur (lane). Fitur ini terbukti telah mengurangi kecelakaan kendaraan hingga 50 persen. 

5. Blind Spot Monitoring

5 Fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Mobil lexus.com.bh

Blind Spot  Monitoring adalah fitur keamanan yang mendeteksi objek di sekitar mobil. Jika ada kendaraan yang mendekati salah satu blind spot, maka sistem peringatan akan menyala yang ditandai dengan kedipan lampu atau sistem peringatan suara.

BSM dapat membantu pengemudi untuk menjaga jarak pandang. Ini fitur yang penting, karena mobil memiliki titik buta dimana pengemudi tidak bisa melihat daerah atau spot tertentu menggunakan kaca spion.

Baca Juga: Suka Mobil Retro? 5 Mobil Bekas Ini Harganya Cuma Rp20 Jutaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya