Comscore Tracker

Begini Cara Bikin SIM Online, Praktis Banget! 

Sekarang bisa memperpanjang SIM dari rumah

Jakarta, IDN TIMES - Membuat SIM kini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR. Aplikasi ini diluncurkan Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit pada Selasa (13/4/2021).

Harapannya, aplikasi ini dapat mempermudah setiap orang yang ingin membuat atau memperpanjang SIM kapan saja dan dimana saja mereka mau. Berikut langkah-langkah membuat SIM secara online.

1. Unduh aplikasi Korlantas Polri

Begini Cara Bikin SIM Online, Praktis Banget! digitalkorlantas.id/Aplikasi Digital Korlantas Polri

Pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi Digital Korlantas milik Polri lewat Google Playstore di ponsel Android kamu. Untuk sementara waktu, aplikasi ini belum hadir untuk pengguna iPhone.

Kemudian ikuti prosedur pembuatan secara step by step, mulai dari memasukkan nomor ponsel dan email, kode nomor OTP untuk verifikasi, dan NIK sesuai KTP kamu, yang akan diupload melalui face recognition. Setelah itu, aplikasi ini sudah siap digunakan.

Baca Juga: Cihui! Perpanjang SIM Sekarang Bisa dari Rumah

2. Perpanjangan SIM Online

Begini Cara Bikin SIM Online, Praktis Banget! digitalkorlantas.id/Aplikasi SINAR

Untuk memperpanjang masa berlaku SIM, kamu bisa masuk kembali ke aplikasi dan pilih ikon "SINAR". Kemudian, pilih opsi perpanjang SIM. Kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP, foto SIM, foto hasil tes kesehatan dan psikologi, serta tanda tangan.

3. Metode Pembayaran

Begini Cara Bikin SIM Online, Praktis Banget! digitalkorlantas.id/Aplikasi SINAR

Metode pembayarannya pun cukup mudah. Pertama, kamu diberi opsi metode pengiriman SIM, yaitu diambil sendiri, melalui surat kuasa, atau menggunakan jasa pengiriman. Untuk pembayarannya sendiri, kamu bisa menggunakan virtual account BRI. Setelah itu, SIM akan dicetak dan dikirim kepada pemohon. Setelah SIM sudah kamu terima, jangan lupa untuk segera konfirmasi untuk keperluan digitalisasi.

4. Buat SIM Online, apa perlu tes mengemudi?

Begini Cara Bikin SIM Online, Praktis Banget! Ilustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (Dok. ANTARA News)

Jika kamu ingin buat SIM online, kamu perlu surat rekomendasi dari dokter. Selain itu, kamu juga perlu tes psikologi terlebih dahulu, baru bisa mengajukan pembuatan atau perpanjangan SIM online.

Untuk ujian SIM, kamu akan melakukan ujian teori SIM melalui serangkaian soal lewat audio visual. Ini diharapkan dapat mengurangi tindak pelanggaran yang terjadi dalam layanan pembuatan SIM secara tatap muka.

Baca Juga: Cara Membuat SIM Internasional, Ternyata Gak Ribet

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya